Info Sehat

Daftar Tanaman Obat Diabetes yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

August 6, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Tanaman obat diabetes bisa digunakan sebagai alternatif penyembuhan penyakit, lho! Perlu diketahui, ketika tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin maka masalah kesehatan terkait diabetes yang akan memburuk seiring berjalannya waktu.

Untuk itu, pengobatan konvensional biasanya akan dilakukan untuk meringankan gejala dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, yuk, simak beberapa tanaman obat diabetes yang bisa digunakan.

Baca juga: Efek Samping Kunyit, Bisa Sebabkan Masalah Pencernaan Hingga Infertilitas!

Apa saja tanaman obat diabetes yang biasa digunakan?

Dilansir dari Medical News Today, diabetes merupakan kondisi kesehatan yang akan memengaruhi kadar gula darah dan insulin di dalam tubuh.

Karena itu, perawatan termasuk perubahan gaya hidup dan menggunakan obat herbal perlu dilakukan. Nah, berikut beberapa tanaman obat diabetes yang bisa digunakan.

Lidah buaya

Lidah buaya termasuk salah satu tanaman obat diabetes yang biasa digunakan untuk memperlambat perkembangan diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa lidah buaya dapat membantu melindungi dan memperbaiki sel beta di pankreas yang biasa memproduksi insulin.

Lidah buaya bisa dikonsumsi dengan menambahkannya ke dalam makanan atau minuman. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengonsumsi kapsul yang mengandung lidah buaya sebagai suplemen.

Bicarakan juga dengan dokter mengenai jus lidah buaya yang diketahui menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

Kayu manis

Kayu manis merupakan rempah harum yang berasal dari kulit pohon dimana juga menjadi bahan populer dalam makanan. Rasa manis tanpa tambahan gula ini seringkali dimanfaatkan sebagai tanaman obat diabetes tipe 2. 

Sebuah tinjauan tahun 2010 menemukan bukti dari penelitian yang melibatkan manusia bahwa kayu manis dapat meningkatkan glukosa, sensitivitas insulin, dan antioksidan tekanan darah.

Dalam ulasan lain yang diterbitkan pada 2013 menyimpulkan bahwa kayu manis bisa menyebabkan penurunan kadar glukosa dan kolesterol jahat.

Perlu diketahui juga, manfaat kayu manis akan didapatkan tergantung pada jenis, jumlah atau dosis, dan tanggapan individu yang menggunakannya. Untuk itu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan keamanan dan efektivitas kayu manis sebagai terapi.

Jahe

Tanaman obat diabetes lainnya yang bisa digunakan adalah jahe. Tanaman jahe ini termasuk ramuan yang telah banyak digunakan orang selama ribuan tahun dalam sistem pengobatan tradisional.

Biasanya, orang sering menggunakan jahe untuk membantu mengobati masalah pencernaan dan peradangan.

Namun, dalam sebuah riset tahun 2015 menemukan bahwa jahe bisa juga membantu mengobati diabetes. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa jahe mampu menurunkan kadar gula darah.

Karena itu, diketahui pula jika jahe dapat mengurangi resistensi insulin dalam tubuh untuk diabetes tipe 2.

Fenugreek

Fenugreek merupakan benih yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Biji ini mengandung serat dan bahan kimia yang mampu memperlambat pencernaan karbohidrat dan gula.

Karena itu, fenugreek diketahui bisa membantu menunda atau mencegah timbulnya diabetes tipe 2.

Penelitian tahun 2015 menyimpulkan bahwa benih fenugreek dapat membantu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh yang menyebabkan penurunan gula darah.

Benih ini  bisa dikonsumsi dengan cara ditambahkan air hangat, menggilingnya menjadi bubuk, atau gunakan sebagai suplemen.

Silymarin

Sejak zaman kuno, telah banyak orang yang menggunakan silymarin untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk organ hati.

Silymarin merupakan ekstrak yang berasal dari milk thistle dan termasuk senyawa dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan inilah yang membuatnya menjadi ramuan berharga bagi penderita diabetes.

Saat ini, masih diperlukan studi lebih lanjut mengenai ramuan atau ekstrak perawatan diabetes dengan menggunakan silymarin. Namun, tampaknya tidak ada laporan efek samping yang signifikan dari beberapa orang yang menggunakan suplemen dengan kandungan silymarin.

Untuk itu, ada baiknya untuk berbicara dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan suplemen apapun. Konsultasikan juga bersama dokter untuk mengetahui penanganan lebih lanjut jika gejala diabetes semakin parah.

Baca juga: Sering Lemas? Ini Daftar Makanan Penambah Hemoglobin dalam Darah

Kurkumin dan ginseng

Kurkumin merupakan senyawa yang biasa ditemukan dalam bumbu kunyit dan terbukti meningkatkan kontrol gula darah serta membantu mencegah timbulnya penyakit diabetes. Selain kurkumin, tanaman obat diabetes lainnya yang bisa digunakan adalah ginseng.

Ginseng sendiri telah digunakan sebagai obat tradisional selama ribuan tahun dan terbukti bisa membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Ekstrak dari buah ginseng mampu menormalkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Perlu diingat, bahwa tanaman herbal di atas haruslah diolah secara higienis sebelum dikonsumsi. Tanaman ini tidak untuk menggantikan pengobatan ketika anda telah terdiagnosa diabetes. Konsultasikan ke dokter anda terlebih dahulu, sebelum mencoba tanaman obat ini.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 3 Agustus 2020. Treating Diabetes with Herbal Medicine?
  2. Medical News Today (2019), diakses 3 Agustus 2020. Seven herbs and supplements for type 2 diabetes
    register-docotr