Info Sehat

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat di Masa Pandemi COVID-19

December 5, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Surat keterangan sehat sangat diperlukan, terutama selama masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Ya, surat ini biasanya dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan tertentu termasuk jika ingin bepergian ke luar negeri.

Saat ingin mendapatkan surat ini, ada beberapa langkah yang perlu diikuti. Nah, untuk mengetahui cara membuat surat keterangan sehat, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Kasus Terus Meningkat, Ketahui Cara Penyebaran Virus Corona yang Mungkin Tidak Disadari!

Cara membuat surat keterangan sehat

Digunakan sebagai pelengkap dokumen, surat keterangan sehat biasanya didapatkan dari rumah sakit atau puskesmas. Surat ini umumnya hanya berlaku satu hingga dua minggu sejak masa terbit.

Beberapa prosedur yang perlu diketahui untuk membuat surat keterangan sehat, antara lain sebagai berikut:

Prosedur di puskesmas

Prosedur membuat surat ini di puskesmas sangat mudah dan cepat. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah datang ke puskesmas terdekat pada pukul 07.30 pagi dan usahakan sebelum pukul 12.00 siang.

Syarat yang mungkin diperlukan ketika membuat surat ini adalah kartu tanda penduduk atau KTP, kartu identitas lain, maupun foto 3×4. Ketika mengunjungi puskesmas, tanyakan pada petugas mengenai prosedur untuk mengurus surat keterangan sehat.

Biasanya, kamu perlu mendapatkan nomor antrean terlebih dahulu sebelum menyerahkan identitas atau dokumen lain yang diperlukan. Setelah nomor antrean dipanggil, kamu bisa memberikan dokumen beserta identitas dan melakukan pembayaran.

Ketika melakukan pemeriksaan, dokter mungkin akan memberikan pertanyaan seputar riwayat kesehatan. Beberapa pemeriksaan yang perlu dijalani, dapat berupa tes kesehatan mata, tekanan darah, tinggi, berat badan, dan kesehatan telinga. 

Setelah itu, surat tersebut akan diisi dan ditandatangani oleh dokter yang memeriksa. Jika semua prosedur tersebut sudah dilakukan, maka kamu akan mendapat surat keterangan sehat dari puskesmas. 

Prosedur di rumah sakit

Selain dari puskesmas, surat ini bisa juga didapatkan di rumah sakit. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah datang rumah sakit terdekat atau RSUD karena biasanya biaya akan lebih murah.

Setelah itu, datanglah ke bagian customer service untuk mendaftar sebagai pasien. Apabila sudah pernah mendaftar sebagai pasien sebelumnya, kamu cukup memberikan nama dan tanggal lahir untuk diverifikasikan.

Penyedia layanan kesehatan kemudian akan memanggil nama dan dilanjut dengan menanyakan kondisi kesehatan secara umum dengan dokter. Jika sudah dinyatakan sehat, surat bisa didapatkan lengkap dengan tanda tangan dokter yang memeriksa.

Surat keterangan sehat di masa pandemi COVID-19

Selama masa pandemi ini, surat ini sangat dibutuhkan untuk mencegah penularan lebih banyak. Beberapa maskapai penerbangan memberikan persyaratan untuk memiliki surat ini ketika datang atau ingin pergi ke luar negeri.

Namun, perlu diketahui bahwa sekarang sedang marak perdagangan surat atau bisa didapatkan secara ilegal. Dikutip dari CNN Indonesia, terungkap bahwa surat tersebut dijual dengan harga Rp250.000.

Jika kamu benar-benar harus melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan, salah satunya membuat surat keterangan. Beberapa hal yang perlu dilakukan rapid test dan tes swab. 

Tak hanya itu, pengujian dengan Polymerase chain reaction atau PCR dilakukan untuk mendeteksi sindrom pernapasan akut yang parah. Untuk mengumpulkan sampel tes, penyedia layanan kesehatan mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti:

  • Usap hidung atau belakang tenggorokan.
  • Pengambilan cairan dari saluran pernapasan bagian bawah.
  • Sampel air liur atau feses.

Dokter mungkin juga akan meminta kamu untuk melakukan CT Scan dada untuk membantu mendiagnosis COVID-19. Pemeriksaan ini bisa membantu mendapatkan gambaran lebih jelas tentang bagaimana dan dimana virus telah menyebar.

Baca juga: Daftar Obat Sesak Napas yang Bisa Dibeli di Apotek hingga Cara Alami

Informasi kesehatan lainnya bisa ditanyakan pada dokter di Good Doctor. Konsultasikan juga secara online hanya di Grabhealth Apps, atau klik link ini ya!

Reference
  1. Healthline (2020), diakses 23 November 2020. What to Know About COVID-19 Diagnosis
  2. CNN Indonesia (2020), diakses 23 November 2020. Polri Antisipasi Kasus Surat Bebas Covid-19 Palsu Terulang
  3. Sehat Negeriku (2020), diakses 23 November 2020. Pemerintah Indonesia Mensyaratkan Surat Keterangan Sehat Bebas Covid-19 bagi Pendatang dari 4 Negara ini
  4. Detik.com (2020), diakses 23 November 2020. Cara Membuat Surat Keterangan Sehat di Rumah Sakit dan Puskesmas
  5. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2020), diakses 23 November 2020. Pemerintah Indonesia Mensyaratkan Surat Keterangan Sehat Bebas Covid-19 bagi Pendatang dari 4 Negara ini
    register-docotr