Info Sehat

Supaya Aman, Ikuti 4 Tips Mandi saat Badan Berkeringat Usai Berolahraga

November 5, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Bagi seorang pecinta olahraga, hal pertama yang ingin dilakukan setelah selesai melakukan sesi latihan adalah melepas baju dan bergegas mandi.

Tidak hanya membuat badan terasa rileks, kebiasaan ini juga dipercaya dapat mengurangi risiko ruam dan jerawat akibat bakteri di tubuh yang berkeringat.

Namun apakah hal ini aman untuk dilakukan? Atau kamu perlu melakukan langkah tertentu sebelum mandi dalam kondisi tubuh yang basah oleh keringat?

Baca juga: Jangan Lupa Terapkan 4 Tips Ini Agar Terhindar dari Cedera Olahraga

Mandi saat bekeringat sehabis olahraga, bolehkah?

Dilansir dari Healthline, saat kamu berolahraga hingga berkeringat, otot akan terasa sakit, dan jantung berdegup lebih kencang dari biasanya.

Kondisi ini menjadi salah satu alasan mengapa mandi saat berkeringat seusai olahraga baik untuk dilakukan. Mengapa demikian?

Pertama, aktivitas ini tentu dapat menghilangkan keringat dari tubuh dan membuat kamu kembali bersih. Kedua, semburan air yang menenangkan saat mengenai otot di badan, adalah pijatan yang bisa mencegah asam laktat terjebak di otot yang sakit.

Jadi dapat dikatakan bahwa kegiatan ini terbilang aman untuk dilakukan, bahkan memiliki beberapa dampak positif bagi kesehatan.

Manfaat mandi saat berkeringat setelah melakukan olahraga

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh apabila membiasakan mandi dalam keadaan tubuh berkeringat setelah berolahraga.

Membersihkan kulit kamu dari bakteri

Berolahraga terutama dalam kondisi ruangan tertutup seperti gym, sangat mungkin membuat tubuh menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Untuk mencegah terjadinya berbagai infeksi, kamu perlu segera mandi seusai berolahraga.

Dengan mandi, keringat akan hilang bersama dengan sel kulit mati yang dapat menjadi inang untuk bermacam-macam bakteri yang berbahaya.

Membantu mencegah pori-pori tersumbat

Saat kamu berolahraga, pori-pori kulit akan terbuka dan mengeluarkan keringat dari kelenjar keringat.

Pori-pori tersebut memiliki kemungkinan besar untuk tersumbat oleh sel-sel kulit mati, atau sisa keringat jika tidak segera dibersihkan saat mandi.

Hal selanjutnya yang dapat terjadi adalah muncul jerawat yang disebut “jerawat keringat”, dan juga komedo.

Meningkatkan sistem kekebalan

Rutin membilas diri sesegera mungkin dengan air dingin saat berkeringat, juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cepat.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 300 orang menunjukkan, bahwa mandi setiap hari yang dimulai dengan air hangat dan diakhiri dengan semburan air dingin dapat mengurangi frekuensi sakit yang dialami seseorang secara umum.

Baca juga: Yum… Intip 7 Makanan untuk Meningkatkan Kinerja Otak Orang Dewasa

Tips mandi saat tubuh berkeringat

Meski bermanfaat bagi tubuh, namun tetap saja ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mandi dalam kondisi tubuh yang berkeringat.

Lakukan pendinginan dulu

Apabila kamu melakukan sesi latihan olahraga berintensitas tinggi, usahakan untuk beralih ke bentuk latihan yang lebih pelan selama 5 sampai 10 menit sebelum membilas diri.

Selain menjadi bagian dari pendinginan, cara ini juga akan membantu menurunkan detak jantung kamu menjadi lebih stabil.

Setelah detak jantung mulai turun, mulailah meregangkan otot untuk membantu membersihkan asam laktat dan mencegah nyeri akibat olahraga.

Adapun beberapa jenis pendinginan yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah berjalan kaki, peregangan, dan sejenisnya.

Mulai dengan air hangat

Mulailah membersihkan diri di kamar mandi dengan menggunakan air bersuhu suam-suam kuku. Sehingga tubuh tidak akan kaget dengan perubahan suhu.

Saat suhu tubuh mulai turun, baru kamu boleh mulai memakai air dingin untuk mandi.

Pakai sabun antibakteri

Gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan keringat dan kuman agar tubuh lebih bersih secara optimal.

Pakai air dingin di saat terakhir

Turunkan suhu air sampai sedingin yang bisa kamu tahan di 90 detik terakhir kamu mandi. Pastikan agar kucuran air benar-benar mencapai kelompok otot utama di tubuh kamu.

Ini penting karena semburan air dingin sangat bagus untuk menyegarkan kembali otot-otot yang lelah.

Keringkan sepenuhnya dengan handuk bersih sebelum mengenakan pakaian sehabis berolahraga.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr