Info Sehat

Serba-serbi Senam Otak: Manfaat dan Cara Tepat Melakukannya

December 24, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Otak terlibat dalam segala hal yang kita lakukan dan seperti bagian tubuh lainnya, otak juga perlu dirawat. Orang-orang dari segala usia dapat memperoleh manfaat dengan menerapkan beberapa senam otak sederhana ke dalam kehidupan sehari-harinya, lho.

Apa itu senam otak dan bagaimana cara menerapkannya? Yuk simak ulasan berikut ini!

Mengenal tentang senam otak 

Dilansir Healthline, penelitian telah menunjukkan bahwa ada banyak cara untuk mengasah ketajaman mental dan membantu otak tetap sehat, berapa pun usiamu. 

Melakukan latihan otak tertentu untuk membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fokus dapat membuat kegiatan sehari-hari lebih cepat dan mudah dilakukan, dan menjaga otak tetap berfungsi seiring bertambahnya usia.

Berikut ini beberapa senam otak yang dianjurkan:

1. Bermain teka-teki gambar

Mengerjakan teka-teki gambar adalah cara terbaik untuk memperkuat otak. Melakukan teka-teki gambar mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan merupakan faktor pelindung untuk penuaan kognitif. 

Dengan kata lain, saat menyusun teka-teki gambar, kamu harus melihat potongan-potongan yang berbeda dan mencari tahu di mana mereka cocok dengan gambar yang lebih besar. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menantang dan melatih otak.

2. Bermain kartu 

Kapan terakhir kali kamu bermain kartu? Melansir penjelasan dari laman Healthline, permainan kartu cepat dapat meningkatkan volume otak di beberapa wilayah otak. Studi yang sama juga menemukan bahwa permainan kartu dapat meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir.

3. Bermain kosakata 

Kosakata yang kaya bisa membuat kamu terdengar pintar. Tapi tahukah kamu bahwa mengubah pelajaran kosakata secara cepat menjadi permainan yang dapat merangsang otak?

Ketika seseorang bermain kosakata atau mengubah kosakata secara cepat, hal itu dapat melatih otak di bagian pemrosesan visual dan pendengaran. Untuk menguji teori ini, cobalah aktivitas peningkatan kognitif ini:

  • Bawalah buku catatan saat membaca
  • Tulis satu kata asing, lalu cari definisinya
  • Coba gunakan kata itu lima kali keesokan harinya

4. Menari

Mempelajari gerakan tarian baru dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan dan memori otak. Dengan kata lain, lakukan gerakan di lantai dansa dapat melatih otak dengan baik. Ingin mengujinya? Cobalah salah satu dari aktivitas tari berikut:

  • Ikuti kelas salsa, tap, hip-hop, atau tari kontemporer
  • Cobalah kelas latihan zumba atau jazz
  • Tonton video online dengan gerakan tarian menyenangkan yang selalu ingin kamu pelajari
  • Ajak pasangan dan belajar menari ballroom
  • Kumpulkan teman-teman dan lakukan tarian baris

5. Gunakan semua indra di tubuh  

Untuk melatih indra dan otak, cobalah melakukan aktivitas yang secara bersamaan melibatkan kelima indra. 

Kamu dapat mencoba membuat kue, mengunjungi pasar, atau mencoba restoran baru sambil fokus pada mencium, menyentuh, mencicipi, melihat, dan mendengar pada saat yang bersamaan.

6. Pelajari keterampilan baru

Mempelajari keterampilan baru tidak hanya menyenangkan dan menarik, tetapi juga dapat membantu memperkuat koneksi di otak. Tak hanya itu saja mempelajari keterampilan baru juga dapat membantu meningkatkan fungsi memori pada orang dewasa yang lebih tua.

7. Mendengarkan atau memainkan musik

Apakah kamu ingin melakukan cara mudah untuk meningkatkan kekuatan otak kreatif? Jawabannya adalah dengan mendengarkan atau memainkan musik. 

Mendengarkan lagu bahagia membantu menghasilkan solusi yang lebih inovatif dibandingkan dengan diam. Artinya, memutar musik yang menyenangkan dapat membantu meningkatkan pemikiran kreatif dan kekuatan otak.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Otak saat Seseorang Memutuskan Bunuh Diri?

8. Belajar bahasa baru

Belajar bahasa baru adalah membuktikan banyak manfaat kognitif dari kemampuan berbicara lebih dari satu bahasa.

Menurut banyak penelitian yang dilansir dari laman Healhtline, bilingualisme dapat berkontribusi pada memori yang lebih baik, peningkatan keterampilan visual-spasial, dan tingkat kreativitas yang lebih tinggi. 

Fasih dalam lebih dari satu bahasa juga dapat membantu kamu lebih mudah untuk melakukan tugas yang berbeda, dan menunda permulaan penurunan mental terkait usia.

Kabar baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk menuai hasil dari belajar bahasa baru. Kamu dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi mental lainnya dengan menjadi siswa bahasa baru kapan saja dalam hidup.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 10 Desember 2020. 13 Brain Exercises to Help Keep You Mentally Sharp
  2. Verywellmind.com (2020) diakses pada 10 Desember 2020. 5 Brain Exercises to Strengthen Your Mind
    register-docotr