Info Sehat

Sederet Makanan dan Minuman yang Dapat Melemahkan Imunitas Tubuh

September 12, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mencoba menguatkan sistem imun tubuh dengan makanan sehat adalah hal yang mungkin dilakukan. Dengan meningkatkan imunitas, tubuh akan lebih kuat untuk mengatasi virus, bakteri atau hal-hal yang dapat membahayakan tubuh. 

Sementara di satu sisi ada makanan penguat imun, seperti yang mengandung vitamin C dan antioksidan, kamu juga harus tahu kalau ternyata ada sejumlah makanan yang bisa menurunkan imunitas tubuh. 

Jenis makanan dan minuman yang dapat melemahkan imunitas tubuh

Dilansir dari Piedmont.org, Dr. Samer Blackmon, MD menyarankan untuk tidak mengonsumsi jenis-jenis makanan dan minuman berikut ini secara berlebihan. Karena dapat membahayakan respons kekebalan tubuh. Makanan dan minuman tersebut yaitu:

1. Makanan tinggi gula

Lonjakan asupan gula dalam tubuh dapat menurunkan imunitas. Ini bisa berasal dari makanan tinggi gula dan juga minuman. 

Jika imunitas tubuh menurun, kamu akan lebih mudah sakit. Membuat infeksi lebih mungkin terjadi, termasuk yang disebabkan oleh virus, seperti COVID-19. 

2. Makanan olahan

Salah satu contohnya adalah makanan olahan dalam kaleng, seperti sup kalengan. Meski sup kalengan menyajikan protein dan serat, namun campuran kimia yang mungkin terdapat di dalamnya perlu dipertimbangkan. 

Selain bahan kimia yang digunakan, sup kalengan juga mungkin memiliki tingkat natrium yang tinggi. Ini dapat memengaruhi kondisi imunitas tubuhmu. 

3. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan akan diproses tubuh sebagai gula, ini akan memberikan efek yang sama seperti mengonsumsi makanan tinggi gula.

Di mana akan terjadi lonjakan gula dalam tubuh dan memengaruhi imunitas tubuh. Akan lebih baik menghindari karbohidrat buatan, dan tidak ada salahnya memilih karbohidrat lain, namun tetap menyehatkan seperti beras merah. 

4. Minuman bersoda

Minuman bersoda umumnya juga memiliki rasa manis tinggi. Sehingga minuman bersoda juga akan menyebabkan lonjakan hormon kortisol, hormon yang dilepaskan sebagai respons stress. Ini akan berpengaruh pada lemahnya imunitas tubuh. 

5. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol memiliki sejumlah pengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Singkatnya,  mengonsumsi alkohol dapat menggangggu imunitas tubuh.

Selain itu minuman beralkohol juga dapat memengaruhi hormon dan mengganggu siklus tidur seseorang. Jika siklus tidur terganggu, maka juga akan memengaruhi kekuatan sistem imun tubuh. 

Makanan lainnya yang mungkin menurunkan imunitas tubuh

Selain lima jenis yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa jenis lainnya yang juga bisa menurunkan imunitas tubuh, jika dikonsumsi dengan cara yang kurang tepat. 

Makanan atau minuman berkafein

Di satu sisi makanan atau minuman berkafein memiliki sejumlah manfaat, salah satunya membantu mencegah penurunan fungsi obat. Kafein juga dapat membantu meningkatkan kewaspadaan tubuh. 

Sayangnya, jika kafein dikonsumsi berlebihan dapat memengaruhi waktu tidur seseorang. Kamu dapat mengalami kurang tidur dan ini dapat membuat imunitas tubuh melemah. 

Kafein juga dapat meningkatkan hormon kortisol, yaitu hormon yang dilepaskan sebagai respons terhadap stres. Jika ini terjadi dapat memengaruhi suasana hati seseorang dan juga dapat menyebabkan terjadinya penurunan imunitas tubuh. 

Minyak olahan

Minyak olahan seperti minyak jagung, kanola, kedelai dan beberapa jenis minyak lainnya diketahui mengandung asam lemak tak jenuh ganda. Kandungan ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan asam lemak tubuh dan memicu peradangan.

Jika ini terjadi maka akan memengaruhi kondisi imunitas tubuh. Untuk menghindari efek tersebut, kamu bisa mengganti produk minyak olahan yang sudah disebutkan dengan extra virgin coconut oil atau minyak zaitun.

Apa yang dapat terjadi jika imunitas melemah?

Saat sesuatu menyebabkan imunitas melemah, tubuh akan rentan mengalami infeksi. Kemudian, infeksi akan berkembang menjadi kondisi yang lebih parah dan akan lebih sulit diobati dibanding dengan mereka yang memiliki imunitas tubuh yang kuat. 

Orang yang memiliki imunitas lemah, lebih rentan terkena infeksi seperti:

Karena itu sebaiknya kamu menjaga imunitas tubuh dengan menghindari makanan yang dapat melemahkan imunitas. Dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat. 

Makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan berwarna akan memberikan tubuh asupan vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh untuk melawan penyakit. 

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga bisa menjaga imunitas tubuh tetap kuat dengan beberapa hal berikut:

  • Tidur cukup
  • Menjaga kebersihan
  • Rajin berolahraga
  • Kelola stress
  • Lebih rileks dan coba untuk lebih banyak tertawa

Demikian penjelasan mengenai makanan yang dapat melemahkan imunitas tubuh dan apa yang bisa dilakukan untuk mencegah melemahnya imun. Jika memiliki pertanyaan lain tentang imunitas tubuh, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. 

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu di aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan membantu dengan layanan 24/7. Yuk berkonsultasi sekarang!

Reference
  1. Wemd diakses 11 September 2020 6 Immune System Busters & Boosters 
  2. Medical News Today diakses 11 September 2020 How to stay healthy with a weak immune system 
  3. Piedmont.org diakses 11 September 2020 Foods and drinks that compromise your immune system
  4. Thedailymeal diakses 11 September 2020 Learn Which Foods Weaken the Immune System
    register-docotr