Info Sehat

Sariawan di Lidah Bikin Tidak Nyaman, Bagaimana Cara Mengatasinya?

November 21, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Sariawan adalah kondisi yang umum terjadi. Tak hanya dapat muncul di bibir atau pipi bagian dalam saja, tetapi sariawan juga bisa terjadi di lidah. Ketika ini terjadi dapat membuatmu tidak nyaman, lho. Lalu, apa penyebab sebenarnya sariawan di lidah? Bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Hati-hati Gejala Kanker Mulut

Apa itu sariawan?

Sariawan adalah luka kecil yang dapat berkembang di mulut (termasuk lidah) atau di gusi. Sariawan bukanlah kondisi yang menular, akan tetapi sariawan dapat menimbulkan rasa sakit, yang mana membuat penderitanya kesulitan makan ataupun berbicara.

Biasanya sariawan dapat hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu satu atau dua minggu. Meskipun demikian, bukan berarti kondisi ini dapat disepelekan. Pada beberapa kasus, sariawan yang tak kunjung sembuh dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Apa penyebab sariawan di lidah?

Sariawan biasanya ditandai dengan luka berbentuk oval dengan tepi berwarna merah. Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini. Berikut adalah penyebab sariawan di lidah yang perlu kamu tahu:

1. Sensitivitas terhadap makanan

Penyebab pertama dari kondisi ini adalah sensitivitas terhadap makanan atau alergi makanan.

Beberapa makanan yang dapat menjadi pemicu penyebab sariawan di antaranya adalah makanan asam, seperti stroberi, jeruk, atau bahkan nanas. Tak hanya itu, cokelat dan kopi juga bisa menjadi pemicu lainnya.

2. Tak sengaja menggigit lidah

Ketika sedang mengunyah makanan, kamu mungkin saja pernah tidak sengaja menggigit lidah. Di samping rasa sakit yang dapat ditimbulkan, ketidaksengajaan ini juga bisa menjadi penyebab lain sariawan di lidah.

3. Benturan ringan pada mulut

Benturan ringan akibat perawatan gigi, membersihkan lidah terlalu keras, atau bahkan menyikat gigi yang terlalu keras juga bisa menyebabkan sariawan di lidah.

Perlu kamu ketahui bahwa menggertakkan gigi juga dapat menyebabkan nyeri di tepi luar lidah. Trauma pada lidah yang menyebabkan sariawan dapat terasa sakit dan membuatmu tidak nyaman.

4. Mengonsumsi makanan yang terlalu asam dan panas

Tahukah kamu bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terlalu asam dan panas juga bisa menyebabkan sariawan di lidah?

Ya, mengonsumsi makanan yang terlalu panas dan asam berlebihan dapat menyebabkan sariawan atau bahkan memperburuk kondisinya.

Maka dari itu, jika kamu sedang mengalami sariawan, sebaiknya hindarilah mengonsumsi makanan yang terlalu panas dan asam ya, karena ini bisa membuat lidah atau rongga mulut terbakar dan melepuh. 

5. Kekurangan nutrisi penting

Kekurangan nutrisi tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh juga berkontribusi sebagai penyebab lidah mengalami sariawan, seperti vitamin B12, zinc, folat, serta zat besi.

Bagaimana cara mengatasi sariawan di lidah?

Sariawan yang terjadi pada lidah memang dapat membuat tidak nyaman. Namun, tak perlu khawatir karena kamu bisa mengatasi sariawan di lidah dengan cara di bawah ini:

1. Mengoleskan madu

Madu terkenal karena kemampuan antibakteri serta anti-inflamasi yang dimilikinya. Untuk mengobati sariawan dengan menggunakan madu caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan madu pada area sariawan sebanyak 4 kali sehari.

Perlu kamu ketahui bahwa madu yang tidak dipasteurisasi memiliki khasiat penyembuhan yang lebih baik, contohnya madu manuka.

2. Kompres es

Cara mudah lainnya untuk mengatasi sariawan adalah dengan mengompres area sariawan dengan es batu yang dibalut dengan kain atau waslap.

3. Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satupengobatan rumahan untuk mengatasi sariawan di lidah.

Untuk melakukannya pun caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu melarutkan satu sendok teh garam di dalam ½ cangkir air hangat. Kemudian berkumurlah menggunakan larutan tersebut selama 15 hingga 30 detik, lalu buang air yang telah digunakan untuk berkumur.

4. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan topikal baik yang diresepkan ataupun yang dijual di pasaran juga dapat membantu untuk mengatasi sariawan. Beberapa produk tersebut biasanya memiliki bahan aktif seperti:

  • Benzocaine
  • Fluocinonide
  • Hidrogen peroksida

Sebelum menggunakan obat-obatan untuk mengatasi sariawan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, ya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai sariawan di lidah. Jika sariawan teka kunjung sembuh serta dapat menganggu aktivitasmu, sebaiknya segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 10 November 2020. What’s Causing My Sore Tongue? 

Healthline (2019). Diakses pada 10 November 2020. What Causes Mouth Ulcers and How to Treat Them 

Healthline (2019). Diakses pada 10 November 2020. 16 Ways to Get Rid of Canker Sores

Mayo Clinic (2018). Diakses pada 10 November 2020. Canker sore 

NHS (2018). Diakses pada 10 November 2020. Mouth ulcers 

    register-docotr