Info Sehat

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

April 28, 2020 | Ajeng Annastasia | dr Iqbal Adi Anugra
feature image

Sakit perut sebelah kanan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya peradangan, distensi atau peregangan organ, kurangnya pasokan darah ke organ tertentu, dan lain-lain.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Gejala sakit perut

Perhatikan posisi sakit perut untuk menentukan penyakit. (Foto: Shutterstock.com)

Sakit perut dapat terjadi di bagian atas, bawah, tengah, kanan, maupun kiri perut. Beda lokasi sakit perut, beda pula penyebabnya.

Secara umum, orang yang mengalami sakit perut akan merasakan kram di bagian perut, mulas, hingga rasa sakit tajam yang menusuk.

Rasa nyeri atau sakit tersebut dapat timbul secara perlahan dan menguat, tiba-tiba dan menetap atau mereda, hingga berpindah-pindah dari satu lokasi perut ke lokasi lainnya.

Baca juga: Kena Gigitan Anjing Gila, Lakukan Ini untuk Penanganan Pertama!

Penyebab sakit perut sebelah kanan

Periksa ke dokter untuk memastikan gejala sakit perut. Foto: Shutterstock.com

1. Batu empedu

Gallstones atau penyakit batu empedu bisa menimbulkan keluhan berupa rasa sakit tiba-tiba yang terasa menjalar hingga ke dada, punggung bagian atas, dan bahu.

Penyakit batu empedu sebetulnya lebih sering tidak menimbulkan gejala apapun. Akan tetapi, jika batu tersebut menyumbat bagian ujung empedu, maka inilah yang akan memicu rasa sakit yang tiba-tiba.

Rasa sakit ini terutama pada bagian perut sebelah kanan dan dapat berlangsung selama hitungan jam.

2. Batu ginjal

Kidney stone atau penyakit batu ginjal juga dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian perut. Umumnya, rasa nyeri ini timbul secara mendadak di sisi kanan perut dan dapat menjalar hingga ke bagian pangkal paha.

Selain itu, penyakit batu ginjal juga bisa menimbulkan berbagai gejala lain seperti mual, muntah, dan kram.

3. Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi virus hepatitis, perlemakan hati, hingga terlalu banyak konsumsi alkohol. 

Hepatitis dapat menimbulkan sejumlah gejala, yang meliputi perasaan lemas, mual, muntah, hingga menurunnya selera makan. 

4. Kehamilan ektopik

Kondisi ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tidak menempel dan berkembang di dalam rahim seperti pada umumnya, melainkan menempel di tempat lain, biasanya tuba fallopi.

Apabila kondisi ini terjadi, maka akan timbul rasa nyeri atau sakit di bagian bawah perut sebelah kanan atau kiri, tergantung dari lokasi dimana letak menempelnya sel telur tersebut.

5. Kolesistitis

Kolesistitis adalah peradangan yang terjadi pada kantong empedu. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala demam, mual, muntah yang bisa menyebar sampai ke bagian bahu sebelah kanan.

6. Apendisitis

Apendisitis atau radang usus buntu adalah suatu kondisi yang terjadi ketika terdapat penyumbatan pada usus buntu lantaran infeksi, sehingga menimbulkan bengkak yang perlu diatasi secepatnya. 

Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa rasa sakit di bagian perut sebelah kanan bawah, demam, kembung, mual, muntah, hingga sembelit.

Jika kamu mengalami beberapa tanda seperti disebutkan di atas, jangan tunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya! Hindari sembarangan minum obat tanpa indikasi yang jelas.

Baca juga: Agar Tak Mudah Stres, Kenali Tips-tips Mengatasi Mood Saat PMS Datang

Reference

Healthline. What’s Causing Pain in My Lower Right Abdomen?. https://www.healthline.com/health/pain-in-lower-right-abdomen
Medical News Today. What is this pain in my lower right abdomen?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320858

    register-docotr