Info Sehat

Power Nap, Tidur Siang Singkat Penuh Manfaat

August 30, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Tahukah kamu? Kalau beberapa perusahaan besar dunia seperti Nike, dan NASAmengizinkan karyawannya untuk power nap. Metode ini dipercaya punya beragam manfaat bagi tubuh. Terutama jika kamu sering mengalami kurang tidur.

Beberapa penelitian juga telah mengatakan bahwa power nap dapat mengatasi masalah dari kurang tidur di malam hari.

Apa itu power nap 

Power nap adalah sebuah istilah untuk tidur siang dalam waktu singkat, biasanya berdurasi 15 sampai 30 menit.

Tidur singkat yang kita lakukan memberikan dampak baik bagi tubuh. Ini juga menjadi cara terbaik untuk mengembalikan energi. 

Manfaat power nap

Walau power nap berlangsung singkat, tapi ternyata metode satu ini punya berbagai manfaat yang baik untuk tubuh kita lho.

Berikut ini manfaat yang akan kamu rasakan setelah melakukan power nap:

1. Meningkatkan produktivitas dan kewaspadaan

Kurang tidur dapat memengaruhi kinerja kita saat bekerja, dan juga masalah kesehatan dan keselamatan kerja. Jika kamu kurang tidur pada malam hari, cobalah untuk melakukan power nap.

Profesor kedokteran paru dan tidur dari University of Southern California, Raj Dasgupta MD mengatakan tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan, kinerja kerja, dan kemampuan belajar. 

Tidur siang sangat baik untuk otak dan tubuh, hal ini sudah dibuktikan oleh NASA. Studi dilakukan pada satu pilot yang diizinkan untuk tidur siang selama 25 menit setiap hari.

Hasilnya tidur siang yang singkat tersebut membuat pilot menghasilkan kinerja dan kewaspadaan yang lebih baik.

2. Meningkatkan memori dan pembelajaran

Power nap juga dipercaya dapat meningkatkan kemampuan memori dan kapasitas otak dalam belajar.  

Para peneliti telah menemukan bahwa, berapapun usia kamu, tidur siang selama 6 hingga 10 menit dapat meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan kemampuan belajar.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Tekanan darah tinggi erat kaitannya dengan masalah kesehatan jantung. Ternyata, tidur siang dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan jantung. 

Berdasarkan sebuah penelitian oleh ahli jantung Dr. Manolis Kallistrato, menemukan bahwa seseorang yang tidur tengah hari mengalami penurunan tekanan darah dan lebih sedikit mengalami kerusakan akibat tekanan darah tinggi di arteri dan jantung. 

4. Mencegah kerusakan sel

Kurang tidur juga dapat menyebabkan kerusakan sel. Para peneliti telah menemukan bahwa kurang tidur sebenarnya merusak sel dan sangat merugikan sel di hati, paru-paru, dan usus kecil.

Ini menunjukkan peningkatan kerusakan DNA sebesar 247 persen di hati, 145 persen di usus dan 166 persen di paru-paru. Kerusakan sel jenis ini meningkatkan risiko penyakit. Untuk mengatasi kerusakan sel dari kurang tidur, power nap bisa menjadi solusinya.

5. Meredakan stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian menemukan power nap bahkan dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, tidur siang dapat membalikkan dampak hormonal dari tidur yang buruk di malam hari. 

6. Menjaga mood

Tidur siang singkat meningkatkan tingkat energi dan membantu kamu mengatasi perubahan mood di sore hari. Selain itu juga power nap juga dapat mengurangi rasa lelah dan mudah tersinggung karena kita kurang tidur pada malam hari sebelumnya.

Apa perbedaan tidur siang biasa dan power nap

Apakah kamu bertanya-tanya terkaiat perbedaan dari tidur siang biasa dan power nap? Sebenarnya, antara tidur siang biasa dan power nap tidaklah berbeda, power nap sendiri bisa dikatakan salah satu metode tidur siang.

Yang membedakan hanyalah dari segi waktu yang singkat. Durasi tidur siang biasa mungkin bisa berlangsung sampai 90 menit, pada tahap tidur siang biasa, kamu juga memasuki semua siklus tidur hingga lelap.  

Sementara power nap paling lama adalah 30 menit dan dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk di tengah aktivitas.

Tips power nap efektif

Jika kamu berencana untuk memulai power nap saat jam istirahat, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Set alarm

Sebelum tidur, agar kamu tidak tidur lebih dalam dan pulas, cobalah set alarm. Atur menjadi 20 menit. 

2. Atur waktu dengan tepat

Waktu terbaik untuk power nap adalah 1 atau 2 jam setelah waktu makan. Hal ini karena kadar gula darah dan energi yang menurun.

3. Kembali ke rutinitas

 Power nap tidak akan membuat kamu merasa pusing ketika bangun. Setelah 20 menit berlalu, kamu bisa kembali beraktivitas dengan lebih segar.

Walau punya manfaat yang baik, tapi perlu kamu ingat bahwa power nap bukanlah pengganti jam tidur ideal di malam hari. Oleh karena itu, pastikan kamu memenuhi jam tidurmu.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 28 Agustus 2020. Power Naps: Your Guide to Getting More Shut-Eye

Healthline (2019). Diakses pada 28 Agustus 2020. Everything You Need to Know About the Benefits of Napping

Yurielkam (n.d). Diakses pada 28 Agustus 2020. 7 Big Time Benefits of Power Naps (And How to Do It)

Sleep (n.d). Diakses pada 28 Agustus 2020. What is a Power Nap?

Verywell Health (2020). Diakses pada 28 Agustus 2020. The Health Benefits of Power Naps

Verlo (2017). Diakses pada 28 Agustus 2020. A Nap is Not Just a Nap: Different Types of Napping

    register-docotr