Info Sehat

Bikin Kamu Terlelap, Intip 4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

June 3, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Beraktivitas seharian memang bikin badan lelah. Makanya begitu pulang, wajar jika kamu ingin segera sampai ke rumah dan merebahkan diri di tempat tidur. Tak jarang saking ingin cepatnya beristirahat, kamu tak peduli lagi posisi tidur yang baik untuk kesehatan.

Alhasil bukannya merasa enakan di pagi hari, yang ada malah tubuh terasa semakin capai. Apa yang salah, ya? Bisa jadi kamu tidak beristirahat dalam posisi tidur yang baik. Ini sangat mungkin membuat tubuh terasa semakin pegal meski sudah tidur semalaman.

Untuk menghindari kejadian seperti ini, kamu bisa membaca ulasan mengenai posisi tidur yang baik berikut ini.

Bagaimana posisi tidur memengaruhi kesehatan?

Setiap orang pasti punya pilihan posisi tidur masing-masing. Ada yang senang menyamping, tengkurap, bahkan terlentang. Ternyata semua itu bisa berpengaruh pada kesehatan, lho.

Bayangkan saja, waktu 5-8 jam sehari yang kita pakai untuk tidur, dihabiskan dengan tanpa banyak bergerak. Oleh karena itu, posisi tubuh ketika tidur tak hanya berdampak pada kualitas istirahat, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk lebih jelasnya, coba cek ulasan beberapa posisi tidur yang baik di bawah ini, yuk.

Posisi tidur yang baik untuk kesehatan

Ada banyak posisi tidur yang bermanfaat bagi kesehatan. Agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kamu, coba baca lebih rincinya di bawah ini:

Posisi janin

Bukan nyaman, posisi tidur ini juga disebut National Sleep Foundation punya banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari membuat tidur semakin lelap, mengurangi sakit pinggang pada masa kehamilan, sampai mengurangi frekuensi dengkuran.

Sayangnya, posisi tidur yang baik ini juga punya kekurangan. Salah satunya adalah mempersulit paru-paru untuk bernapas dalam-dalam ketika tidur. Jadi jika kamu ingin mencoba tidur dalam posisi ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, pastikan kamu memakai pakaian yang longgar, dan hindari posisi tidur ini apabila kamu pernah mengalami keluhan pada tulang seperti sendi yang kaku. Soalnya bisa-bisa badan malah menjadi nyeri di pagi hari.

Posisi tengkurap

Tidur dengan menempelkan perut ke kasur juga dianggap sebagai salah satu posisi tidur yang baik bagi kesehatan. Salah satu alasannya karena posisi ini diklaim bisa membuat penderita sindrom sleep apnea merasa lebih nyaman saat tidur.

Meski begitu tidur tengkurap juga tidak boleh dilakukan terlalu sering, karena sangat berisiko untuk kesehatan leher dan punggung. Posisi ini juga bisa menyebabkan tegang pada otot dan sendi yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan.

Akan tetapi jika kamu adalah penderita sleep apnea dan disarankan tidur dalam posisi ini, kamu dapat menaruh bantal di bawah perut untuk mengurangi risiko-risiko tersebut.

Tidur menyamping

Meski sebelumnya banyak diremehkan, ternyata posisi ini juga tak kalah baik untuk kesehatan, terutama jika kamu tidur menyamping ke kanan. Dilansir dari healthline.com, posisi tidur ini dapat mengurangi frekuensi mendengkur, bagus untuk pencernaan, bahkan bisa mengurangi risiko penyakit maag.

Tapi sama halnya seperti posisi tengkurap, tidur meyamping juga punya beberapa kelemahan. Beberapa di antaranya adalah menyebabkan bahu terasa kaku, keriput, dan memicu terjadinya sesak pada salah satu bagian rahang.

Untuk menyiasatinya kamu bisa menaruh bantal di antara betis untuk membantu meluruskan pinggang, dan mengurangi nyeri pada punggung bagian bawah.

Terlentang

Jika kamu mendambakan kulit segar saat bangun di pagi hari, posisi tidur ini akan membantu kamu mewujudkannya. Ini disebabkan tidur terlentang dapat menjaga kulit dari efek gravitasi selama badan tertidur.

Selain itu, ada banyak penelitian yang menjabarkan manfaat kesehatan lainnya dari posisi tidur ini. Misalnya, yang dilansir dari Cleveland Clinic, yang menyebutkan bahwa tidur dalam posisi terlentang dapat membantu meluruskan tulang belakang.

Ini terbilang efektif mengurangi risiko terjadinya tekanan yang tidak diperlukan pada sendi-sendi punggung.

Akan tetapi posisi tidur ini juga tetap memiliki kelemahan. Misalnya tidak pas diterapkan oleh penderita sleep apnea atau seseorang dengan keluhan sakit punggung karena menyulitkan pernapasan dan menimbulkan rasa nyeri pada punggung.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

How Your Sleep Position Affects Your Health, Your Dreams And Your Personality https://thesleepdoctor.com/2018/10/09/how-your-sleep-position-affects-your-health-your-dreams-and-your-personality/ diakses pada 1 Juni 2020

Best Sleeping Positions for a Good Night’s Sleep https://www.healthline.com/health/best-sleeping-position#on-your-side diakses pada 1 Juni 2020

 

    register-docotr