Info Sehat

Terapkan Posisi Tidur Berikut Ini Agar Asam Lambung Tidak Naik Ke Tenggorokan

September 22, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Posisi tidur memainkan peranan penting saat maag kambuh di malam hari. Karena kalau salah posisi, kamu berpeluang menghabiskan malam dengan menahan rasa sakit dan tidak mendapat cukup istirahat.

Dilansir Everydayhealth, penyakit maag, heartburn hingga GERD merupakan penyebab sulit tidur yang sering ditemui. Setidaknya satu di antara empat orang yang mengalami masalah pada saat tidur melaporkan masalah pencernaan ini di malam hari.

Jika tidak diatasi, kamu akan kesulitan tidur atau bahkan tidur tidak cukup. Dan beberapa penyakit yang lebih parah dapat terjadi akibat kamu kurang tidur, lho.

Pengaruh posisi tidur untuk kesehatan

Sama seperti saat kamu melakukan yoga ataupun mengangkat beban, posisi yang baik akan menghasilkan hasil maksimal dari setiap latihan tersebut. Begitupun dengan tidur, kalau kamu tidur dengan posisi yang tepat, kesehatan kamu pun akan terpengaruh.

Posisi tidur sangat berperan penting untuk kesehatan, mulai dari otak hingga usus semuanya dipengaruhi oleh posisi tidur. Mungkin kamu tidur cukup 7-8 jam, tapi jika saat bangun kamu tidak terlalu bertenaga, berarti ada masalah dengan posisi tidur kamu.

Saat malam hari, masalah pencernaan seperti maag, heartburn serta GERD menjadi semakin mengganggu, apalagi saat kamu berbaring. Jika di siang hari kamu mendapat bantuan dari gravitasi menahan gas dan asam untuk tidak naik ke kerongkongan, tidak demikian di malam hari.

Untuk itu, pastikan posisi tidur kamu tepat saat penyakit maag atau penyakit lambung lainnya kambuh di malam hari.

Posisi tidur yang tepat saat maag

Beberapa penelitian menyatakan posisi tidur yang tepat saat terkena maag atau GERD adalah ke sebelah kiri. Hal ini karena di posisi ini perut akan berada di bawah esofagus sehingga tidak membuat asam dari lambung naik.

Posisi ini akan membuat gravitasi membantu kamu secara alami menarik lagi asam lambung yang sempat lolos ke esofagus. Pada posisi tidur ini, gejala sakit maag dan GERD akan lebih terasa ringan.

Hal ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Stanford University School of Medicine

Penelitian yang dilakukan pada 2006 itu menyebut jika posisi tidur di sebelah kiri dapat membantu perut dan posisi cairan di lambung tetap lebih rendah dibanding esofagus.

Posisi tidur yang salah saat maag

Dilansir sleepscore.com, posisi tidur lain di samping menghadap kiri sangat tidak disarankan saat kamu sedang maag. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Posisi tidur telentang

Posisi tidur berbaring atau telentang tidak disarankan saat kamu sedang GERD atau sakit maag. Karena di posisi ini asam lambung dapat secara bebas lari ke esofagus dan berdiam di situ.

Di posisi tidur ini, gejala dari sakit maag dan GERD dapat berlangsung lebih lama karena asam lambung itu tidak bergerak ke mana-mana. Oleh karena itu, hindari posisi tidur telentang saat kamu sedang sakit maag atau GERD.

Posisi tidur menghadap kanan

Kebalikan dari menghadap kiri, saat maag atau GERD kamu tidak disarankan untuk menghadap kanan saat sedang tidur. Karena asam lambung akan mudah untuk naik ke esofagus yang berada di bawah perut saat kamu tidur dalam posisi ini.

Selain itu, cairan asam lambung akan lebih kental saat kamu tidur di posisi ini. Sehingga kamu juga bisa batuk dan merasa tersedak saat cairan dari lambung kembali naik ke esofagus.

Di posisi ini, gravitasi juga menjadi musuh utama kamu, karena cairan asam lambung akan tetap tinggal lebih lama di esofagus.

Tips agar maag tidak mengganggu tidur

Selain memerhatikan posisi tidur, beberapa langkah berikut ini bisa kamu terapkan supaya maag dan heartburn tidak mengganggu saat kamu sedang tidur:

  • Kurangi berat badan
  • Telentang boleh, asalkan posisi atas tubuh dibuat sedikit lebih tinggi
  • Gunakan pakaian yang longgar
  • Hindari makanan yang dapat meningkatkan sakit maag sebelum tidur
  • Kurangi asupan makanan di malam hari
  • Jangan makan dengan terburu-buru
  • Duduk tegak setelah makan
  • Jangan langsung berolahraga setelah makan
  • Berhenti merokok

Demikianlah tips tidur saat kamu sedang maag atau penyakit yang berkaitan dengan lambung lainnya. Memastikan tidur berkualitas saat sakit juga berpengaruh bagi penyembuhan penyakit itu sendiri.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Sleepscore.com (2020) diakses 21 September 2020. How to Sleep With Acid Reflux
  2. Healthline.com (2018) diakses 21 September 2020. How These 3 Sleep Positions Affect Your Gut Health
  3. Jamanetwork.com (2006) diakses 21 September 2020. Are Lifestyle Measures Effective in Patients With Gastroesophageal Reflux Disease?
  4. Everydayhelath.com (2011) diakses 21 September 2020. Is GERD Keeping You Up at Night?
  5. Webmd.com (2010) diakses 21 September 2020. Nighttime Heartburn: 12 Sleep Tips
    register-docotr