Info Sehat

Gula Rendah Kalori, Pilihan Pemanis bagi Penderita Diabetes

May 20, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Didiagnosis diabetes bukan berarti tidak boleh mengonsumsi makanan manis sama sekali. Asal ada batasan jumlah, penderita diabetes juga tetap bisa menikmati makanan atau minuman manis dengan pilihan gula rendah kalori.

Gula rendah kalori dapat menjadi pengganti gula biasa karena yang menjadi masalah bagi penderita diabetes adalah jumlah kalori. Jika kalori berlebih maka dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah.

Penderita diabetes bisa memilih gula rendah kalori sebagai alternatif menikmati rasa manis. Lalu apa saja yang bisa menjadi pilihan gula rendah kalori?

Pilihan gula rendah kalori untuk diabetes

Stevia

Stevia adalah salah satu pemanis buatan rendah kalori yang terkenal. Stevia berasal dari ekstrak daun tumbuhan bernama Steva Rebaudiana. Sudah banyak merek pemanis buatan yang menggunakan bahan Stevia. Termasuk di Indonesia.

Terdapat senyawa manis di dalam daun Stevia, seperti stevioside dan rebaudioside A. Keduanya diklaim jauh lebih manis berkali lipat dari gula pada umumnya.

Meski lebih manis, Stevia hampir tidak mengandung kalori sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah. Sayangnya, harga Stevia lebih mahal di pasaran dari gula biasa. Apalagi bila sudah dikemas dan diberi merek dagang.

Selain itu, bagi beberapa orang, penggunaan Stevia sebagai pemanis menyisakan rasa pahit setelah mengonsumsinya. Beberapa produsen menambahkan bahan lain untuk memperbaiki rasa. Hal ini dianggap bisa mengurangi manfaat Stevia murni.

Tak cuma menyisakan pahit, beberapa orang yang telah mengonsumsi Stevia mengungkapkan mereka merasa mual, kembung dan sakit perut.

Saccharin

United States Food and Drug Administration (FDA) menyetujui Saccharin digunakan untuk bahan pemanis buatan yang tidak mengandung kalori. Meskipun disebutkan jika saccharin 200 hingga 700 kali lebih manis dari gula biasa.

Penggunaan Saccharin sebagai pemanis sudah dimulai sejak 1879. Dalam perkembangannya, Saccharin telah disetujui untuk digunakan sebagai campuran bahan makanan seperti untuk pemanis jus buah.

Saccharin saat ini juga telah diizinkan dipergunakan untuk teknologi tertentu.

Neotame

Neotame salah satu pemanis buatan rendah kalori yang diklaim lebih manis 7000 hingga 13000 lebih manis daripada gula biasa.

Penggunaan Neotame sebagai pemanis juga sudah disetujui oleh United States Food and Drug Administration (FDA) sejak 2002.

Neotame cocok digunakan sebagai campuran pembuatan masakan. Sebab, gula rendah kalori ini tahan panas. Maksudnya, akan tetap terasa manis meski telah dimasak dalam suhu tinggi.

Xylitol

Xylitol mengandung 2,4 kalori per gramnya. Meski begitu pemanis buatan ini diklaim tidak meningkatkan kadar gula darah.

Namun, Xylitol memiliki efek samping seperti gangguan pencernaan, kembung dan diare pada beberapa orang.

Di sisi lain, Xylitol juga memiliki manfaat lain seperti menjaga kesehatan gigi. Mengurangi risiko gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Namun, jika kamu memelihara anjing di rumah, kamu perlu tahu, Xylitol dapat beracun jika dikonsumsi oleh anjing. Karena itu simpan dari jangkauan hewan peliharaanmu.

Aspartame

Tidak seperti beberapa pemanis buatan yang mengklaim bebas kalori, pemanis yang satu ini masih berkalori meski terbilang rendah. Selain itu, rasanya lebih manis 200 kali lebih dari gula pada umumnya.

Penggunaanya sebagai pemanis buatan sudah dimulai sejak 1981 untuk penggunaan tertentu. Beberapa produk yang menggunakan bahan ini antara lain permen karet, kopi instan dan teh.

Seiring perkembangannya, Aspartame digunakan secara umum sebagai pemanis sejak 1996. Namun, karena tidak tahan panas, maka pemanis jenis ini biasanya tidak digunakan pada makanan yang perlu dimasak atau dipanggang.

Monk fruit

Monk fruit juga dikenal dengan nama Luo Han Guo. Penggunaan ekstraknya atau Siraitia grosvenorii Swingle fruit extract (SGFE) sebagai pemanis buatan karena buah ini 100 hingga 250 kali lebih manis dari gula biasa.

Namun, belum ada penelitian lebih lanjut tentang penggunaan buah ini. Belum ada penentuan atau pembatasan khusus seberapa banyak ekstrak buah ini bisa digunakan.

Sucralose

Penggunaan Sucralose sebagai pemanis sudah dimulai sejak 1998. Saat itu hanya diperbolehkan untuk 15 kategori makanan. Namun, setahun kemudian sudah diperbolehkan digunakan secara umum.

Penggunaannya pada makanan yang dipanggang memang diperbolehkan karena jenisnya yang tahan panas. Ia akan tetap manis meski melewati proses memasak dengan suhu tinggi.

Itu tadi beberapa pilihan gula rendah kalori yang bisa dipilih. Namun, pemilihan pemanis buatan ini juga perlu memerhatikan beberapa faktor.

Salah satunya harga jual yang sudah pasti lebih tinggi dibanding gula pada umumnya. Kamu harus pintar-pintar mencari merek dengan harga yang sesuai kantung, agar tetap bisa hidup sehat dengan gula pengganti.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com diakses 18 Mei 2020 What are the best sweeteners for people with diabetes? 
  2. Hsph.harvard.edu diakses 18 Mei 2020 Low-Calorie Sweeteners
  3. Verywellhealth.com diakses 18 Mei 2020 5 Best Sugar Substitutes for People with Diabetes 
    register-docotr