Info Sehat

Perubahan pada Warna Lidah, Yuk Ketahui Penyebab dan Penanganannya!

November 12, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Normalnya seseorang memiliki lidah berwarna merah muda terang atau gelap dengan lapisan putih tipis. Lidah yang sehat biasanya memiliki banyak papila di bagian atas dan samping. Papila merupakan benjolan kecil berdaging yang memberikan tekstur kasar pada bagian atas lidah.

Namun, beberapa orang bisa mengalami perubahan pada warna lidah yang cukup terlihat. Perubahan warna lidah biasa menandakan adanya masalah kesehatan yang mendasari, seperti infeksi.

Nah, untuk mengetahui penyebab perubahan warna lidah yuk simak penjelasan berikut!

Baca juga: Hidung Anak Iritasi saat Flu? Ini Kiat Mengatasinya Moms

Fakta mengenai perubahan pada warna lidah

Banyak masalah yang bisa memengaruhi kesehatan lidah, yakni rasa sakit, luka, dan pembengkakan. Masalah-masalah ini seringkali tidak serius, namun terkadang mungkin terjadi karena kondisi mendasar yang memerlukan perawatan medis. 

Masalah lidah bisa dicegah dengan mempraktikkan kebersihan mulut, namun jika sudah berubah warna maka membutuhkan beberapa pengobatan untuk meringankan gejala.

Dilansir Medical News Today, warna lidah dapat dibedakan berdasarkan penyebabnya, yakni sebagai berikut:

Hitam

Lidah yang berwarna hitam biasanya menandakan penumpukan keratin, yaitu protein di kulit, rambut, dan kuku. Menurut Genetic and Rare Diseases Information Center (GARD), penumpukan keratin ini akan mengakibatkan lidah berubah warna menjadi hitam dan berbulu.

Penumpukan dapat terjadi akibat kebersihan mulut yang buruk, konsumsi obat-obatan tertentu, penggunaan tembakau, terapi radiasi, dan minum cairan berwarna. Dalam kasus yang jarang terjadi, lidah hitam disebabkan oleh kondisi kesehatan lebih serius, seperti diabetes atau HIV.

Putih

Jika lidah memucat dan timbul bercak putih, maka kemungkinan disebabkan oleh infeksi jamur seperti sariawan. Sariawan mulut bisa menyakitkan dan menyebabkan bercak tebal, putih, atau merah yang terbentuk di lidah.

Penyebab lain yang mungkin adalah leukoplakia yang mengakibatkan bercak putih atau plak terbentuk di lidah dimana terjadi akibat kebiasaan merokok. Seseorang yang memiliki lidah putih bisa mengalami kesulitan menelan atau makan.

Ungu

Lidah bisa berubah menjadi ungu karena sirkulasi darah yang buruk atau berkaitan dengan kondisi jantung.

Lidah ungu juga bisa menjadi tanda penyakit Kawasaki yang merupakan kondisi langka di mana menyebabkan radang pembuluh darah.

Abu-abu

Menurut National Organization for Rare Disorders, lidah abu-abu merupakan kondisi yang disebut geographic tongue. Garis-garis putih kemudian berkembang di antara bintik-bintik sehingga membuat lidah tampak seperti peta. 

Eksim juga dapat menyebabkan perubahan warna lidah menjadi abu-abu. Sebuah studi tahun 2017 yang melibatkan 200 orang dengan eksim menemukan bahwa 43,5 persen persen memiliki lidah abu-abu atau pucat. 

Kuning

Lidah yang menguning biasanya diakibatkan oleh pertumbuhan bakteri. Kebersihan mulut yang buruk dan kering bisa menyebabkan pertumbuhan berlebih bakteri di lidah.

Selain itu, lidah akan menguning sebelum menjadi hitam dan berbulu. Hal ini terjadi ketika papila membesar dan menjebak bakteri di permukaan lidah.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi kesehatan yang lebih serius juga bisa menyebabkan lidah menguning. Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa lidah kuning bisa menjadi tanda penyakit diabetes atau bahkan penyakit kuning. 

Bagaimana pengobatan terhadap perubahan warna lidah?

The American Dental Association merekomendasikan tips menjaga kesehatan mulut.

Beberapa cara menjaga kesehatan mulut adalah menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta yang mengandung fluoride, makan makanan sehat yang rendah gula, dan membersihkan lidah secara teratur.

Untuk membantu meringankan gejala, obat sariawan bisa digunakan agar luka dalam mulut bisa sembuh dengan cepat. Jika kamu menderita sariawan atau luka yang terjadi karena cedera mulut, ada beberapa hal yang perlu dihindari yakni:

  • Hindari mengonsumsi makanan pedas dan panas
  • Usahakan untuk hanya minum air dingin konsumsi makanan lunak
  • Membilas mulut dengan air garam hangat

Jika luka tidak kunjung membaik dan perubahan warna pada lidah, segera hubungi dokter ahli. Dokter biasanya akan merekomendasikan pengobatan lebih lanjut untuk mengatasi masalah perubahan lidah dengan mencari tahu penyebab yang mendasari.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Solusi Penanganan Terbaiknya

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 11 November 2020. Tongue Problems
  2. Medical News Today (2020), diakses 11 November 2020. What do different tongue colors mean?
    register-docotr