Info Sehat

Ini Pertolongan Pertama Ketika Kamu Terkena Sengatan Lebah

October 27, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pengobatan sengatan lebah atau tawon tergantung pada tingkat keparahannya. Biasanya, mayoritas masalah yang memerlukan perhatian lebih serius berasal dari reaksi alergi terhadap sengatan.

Dalam kebanyakan kasus, komplikasi dari reaksi tersebut akan merespons dengan baik terhadap pengobatan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana pertolongan pertama terhadap sengatan lebah yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Sering Konsumsi Gula saat Stres? Waspada Dampaknya dan Makanan Pengganti yang Tepat!

Bagaimana pertolongan pertama terhadap sengatan lebah?

Dilansir dari Healthline, seseorang yang terkena serangan lebah mungkin akan mengalami nyeri tajam, bengkak, kemerahan, dan gatal di area sengatan. Jika kamu alergi terhadap lebah atau disengat beberapa kali, maka bisa menyebabkan masalah serius bahkan mengancam jiwa.

Perlu diketahui, saat lebah madu menyengat biasanya sengat akan dilepaskan di kulit sehingga akhirnya membunuh lebah itu sendiri. Sementara itu, tawon dan spesies lain tidak kehilangan sengatnya sehingga memungkinkan memberikan sengatan lebih dari sekali.

Kebanyakan pertolongan sengatan lebah untuk seseorang yang tidak alergi bisa dilakukan dengan mudah. Namun, jika kamu memiliki alergi maka harus segera melakukan pertolongan pertama terhadap sengatan lebah, berupa:

  • Segera singkirkan sengatan. Beberapa ahli menyarankan untuk mengorek sengatan dengan kartu kredit.
  • Letakkan es pada area sengatan. Oleskan es pada area sengatan selama 20 menit sekali setiap jam. Letakkan kain di antara es dan kulit agar kulit tidak membeku.
  • Konsumsi obat. Antihistamin seperti diphenhydramine atau loratadine akan membantu mengatasi gatal dan bengkak.
  • Pakai obat nyeri. Minum acetaminophen atau ibuprofen dapat membantu menghilangkan rasa sakit akibat sengatan lebah.
  • Oleskan krim. Ketika tersengat lebah, cuci area dengan sabun dan air. Oleskan juga krim hidrokortison untuk membantu meredakan kemerahan, gatal, dan bengkak.

Pada beberapa kasus sengatan serangga, biasanya tidak memerlukan perawatan medis tambahan. Namun, jika gejala bertambah serius atau mengalami reaksi parah maka segera dapatkan bantuan medis untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Pengobatan rumahan terhadap sengatan lebah

Sebagian besar pengobatan rumahan untuk gejala sengatan lebih hanya diberikan secara turun temurun. Nah, beberapa cara mengobati sengatan lebah atau serangga lainnya secara mandiri di rumah yakni sebagai berikut:

Madu

Madu diketahui dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis luka, nyeri, hingga gatal-gatal. Untuk mengobati sengatan lebah dengan madu, kamu bisa mengoleskan sedikit ke area yang terkena. Setelah itu, tutup dengan perban longgar dan biarkan hingga satu jam.

Soda kue

Pasta yang terbuat dari soda kue dan air dapat membantu menetralkan racun lebah, seperti mengurangi rasa sakit, gatal, dan bengkak. Oleskan pasta soda kue pada area yang terkena sengatan lebah, tutup dengan perban, dan biarkan setidaknya 15 menit.

Cuka sari apel

Beberapa orang percaya jika cuka sari apel dapat membantu menetralkan racun akibat sengatan lebah. Caranya cukup rendam bagian yang terkena sengatan dalam baskom berisi larutan cuka sari apel setidaknya selama 15 menit.

Selain itu, kamu juga bisa merendam perban atau kain di dalam cuka lalu oleskan area yang terkena sengatan.

Lidah buaya

Tanaman herbal satu ini dikenal dapat menenangkan kulit dan menghilangkan rasa sakit. Jika kamu memiliki tanaman lidah buaya, potong daunnya dan peras gel langsung ke area yang terkena sengatan.

Krim calendula

Krim ini merupakan antiseptik yang digunakan untuk menyembuhkan luka ringan dan meredakan iritasi kulit. Oleskan krim langsung pada bagian yang tersengat dan tutup dengan perban.

Minyak esensial lavender

Minyak jenis ini memiliki kemampuan anti inflamasi sehingga dapat membantu meredakan pembengkakan.

Caranya cukup mudah yakni dengan mengencerkan minyak dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Bubuhkan beberapa tetes campuran ini ke bagian yang tersengat.

Tea Tree Oil

Antiseptik alami ini dapat meredakan nyeri sehingga sangat cocok dijadikan obat untuk kulit yang terkena sengatan lebah. Campurkan dengan minyak pembawa dan oleskan beberapa tetes ke area yang terkena sengatan.

Baca juga: Cara Menggunakan Sarung Tangan saat Belanja Agar Cegah Penularan Virus Corona

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline (2020), diakses 26 Oktober 2020. Home Remedies for Bee Stings: What Works?
  2. Webmd (2020), diakses 26 Oktober 2020. Treatment of Bee and Wasp Stings
    register-docotr