Info Sehat

Sering Sakit Pinggang Sebelah Kiri? Kenali Berbagai Penyebabnya, Yuk!

May 12, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Rasa sakit pada pinggang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Termasuk sakit pinggang sebelah kiri.

Rasa sakit bisa berasal dari sendi, otot, ligamen, tendon atau jaringan yang mengelilingi sendi pinggul.

Nyeri pinggang sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh bagian tubuh lain di sekitar pinggang. Atau bisa juga disebabkan masalah pada organ yang letaknya di area pinggang kiri.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan tentang beberapa penyebab terjadinya sakit pinggang sebelah kiri.

Sakit pinggang sebelah kiri karena masalah organ

Sakit pinggang, baik sebelah kanan atau kiri mungkin saja disebabkan masalah organ. Berikut beberapa masalah organ yang bisa menyebabkan sakit di pinggang sebelah kiri.

Infeksi ginjal

Infeksi ini seringkali berawal dari infeksi saluran kemih yang menyebar. Infeksi ini bisa terjadi tiba-tiba.

Seseorang yang mengalaminya akan merasakan sakit dan jika tidak segera diobati bisa mengancam jiwa. Istilah medis untuk kondisi ini adalah pielonefritis.

Batu ginjal

Batu ginjal terjadi karena kelebihan mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam urine. Bentuknya padat seperti kerikil.

Seseorang yang mengalami batu ginjal akan merasakan sakit saat batu bergerak di saluran urine. Nyeri hebat mungkin dirasakan di salah satu sisi pinggang dari orang yang mengalaminya.

Pankreatitis

Ini merupakan peradangan yang terjadi pada pankreas. Pankreas berada di perut, di dekat usus kecil. Berfungsi melepaskan enzim, agar tubuh dapat mencerna makanan dan juga agar tubuh dapat mengelola glukosa.

Masalah pada pankreas ini bisa sembuh dengan cepat, namun bergantung pada kondisi pasien. Dalam kondisi tertentu jika tidak mendapat perawatan dengan baik, sakitnya akan menjadi akut atau kronis.

Ulcerative colitis

Merupakan penyakit radang usus kronis yang terjadi di sepanjang lapisan usus besar hingga ke dubur.

Kondisi ini memengaruhi sebagian atau seluruh usus besar. Seseorang yang mengalami ini akan merasakan sakit pada perut yang menjalar hingga pinggang. Kondisi ini juga akan membuat seseorang mengalami diare.

Sakit pinggang sebelah kiri karena masalah tulang belakang

Beberapa masalah tulang belakang yang biasanya menyebabkan sakit pada pinggang sebelah kiri antara lain:

Hernia Nucleus Pulposus

Yaitu cedera yang terjadi pada bantalan dan jaringan ikat di antara tulang belakang. Ini menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Jika kondisinya parah, seseorang yang mengalaminya akan merasakan sakit di salah satu sisi bagian tubuh, tergantung saraf yang terkena.

Dalam kasus parah, mungkin diperlukan pembedahan untuk memperbaiki cedera tersebut.

Osteoartritis

Apa itu osteoartritis tulang belakang? Merupakan penyakit yang disebabkan oleh kerusakan tulang rawan.

Kondisi memengaruhi fungsi sendi normal dan dapat terjadi di beberapa bagian sendi seperti tangan, lutut, pinggul, dan tulang belakang.

Sakroiliitis

Merupakan adanya kesalahan fungsi sendi sakroiliaka, yang menyebabkan rasa sakit di bagian bawah tulang belakang bagian bawah. Atau sakit di salah satu sisi pinggang.

Pasien dengan masalah ini umumnya merasakan sakit punggung di bagian bawah, namun rasa sakit juga bisa terasa hingga ke bokong atau terkadang bisa terasa hingga kaki.

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri lainnya

Beberapa yang paling umum menjadi penyebab sakit pinggang bagian kiri adalah masalah otot. Ini terjadi karena otot digunakan terlalu berlebihan.

Selain itu ligamen terkilir atau sobek juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang. Ligamen terkilir atau sobek dapat menyebabkan peradangan. Peradangan inilah yang menimbulkan sakit.

Penyebab lainnya mungkin saja karena adanya kelainan ginekologis seperti endometriosis dan fibroid.

Endometriosis adalah kondisi jaringan rahim tumbuh di luar rahim, sering terjadi di ovarium dan saluran tuba.

Jika jaringan tumbuh di ovarium kanan atau tuba fallopi, dapat menyebabkan nyeri yang menjalar dari bagian depan ke bagian samping tubuh dan juga ke bagian belakang.

Sementara fibroid merupakan adanya pertumbuhan yang tidak normal di bagian rahim wanita. Pertumbuhannya bisa jinak, namun terkadang bisa menyebabkan sakit perut yang parah.

Fibroid biasanya dikenal dengan nama leiomioma, mioma, mioma uterus dan fibroma.

Cara meredakan sakit di pinggang bagian kiri

Jika sakit pinggang sebelah kiri dirasa masih belum terlalu parah, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengurangi rasa sakitnya:

  • Beristirahat

Kurangi kegiatan fisik yang terlalu berat. Hindari juga membungkuk, karena akan memberi tekanan pada daerah pinggang

  • Perhatikan posisi duduk dan tidur

Hindari berbaring dengan beban hanya di satu sisi tubuh. Selain itu jangan duduk terlalu lama

  • Minum obat pereda sakit

Kamu bisa minum obat pereda rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen, acetaminophen dan naproxen. Obat-obat tersebut dapat membantu meringankan rasa sakit.

  • Kompres bagian yang sakit

Gunakan es batu yang dilapisi handuk untuk mengompres pinggang yang sakit. Ini dapat meredakan rasa sakit

  • Mandi air hangat

Satu cara lagi yang bisa dilakukan yaitu mandi air hangat. Air hangat akan membantu otot kamu siap melakukan peregangan atau latihan yang bisa mengurangi rasa sakit.

Jika cara-cara tersebut tak juga mengurangi sakit, atau sakit semakin parah sebaiknya langsung konsultasikan kondisimu kepada dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com diakses 11 Mei 2020 Lower Left Back Pain
  2. Mayoclinic.org diakses 11 Mei 2020 Hip Pain 
  3. Spine-health.com diakses 11 Mei 2020 Lower Left Back Pain from Internal Organs
    register-docotr