Info Sehat

Akibat Nyeri Pinggang Bisa Hilang Pekerjaan, Kenali Penyebab dan Penanganannya

April 29, 2020 | Santi Andriani
feature image

Nyeri punggung sangat umum terjadi di masyarakat. Ada beberapa orang beranggapan nyeri punggung bisa ditangani dengan pengobatan alternatif seperti pijat. Adapula yang beranggapan harus menggunakan obat dokter. Apa penyebab nyeri pinggang?

Beberapa beranggapan nyeri punggung merupakan hal sepele yang tidak perlu dijadikan perhatian dan cenderung meremehkan. Tetapi tahukah kamu bahwa nyeri punggung bisa jadi tanda awal penyakit yang serius jika tidak ditangani secara serius. Penyakit itu adalah syaraf kejepit ( Low Back Pain ).

Baca Juga: Cegah Sakit, Ini Vitamin yang Dibutuhkan Saat Puasa

Jangan sepelekan, nyeri punggung merupakan gangguan kesehatan serius

penyebab nyeri pinggang
Nyeri pinggang bisa jadi gangguan kesehatan yang serius. Foto: https://www.shutterstock.com

Low back pain merupakan masalah kesehatan yang serius saat ini, menurut studi yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Tergolong dalam 10 besar penyakit beban global dunia (Global Burden Disease) penyakit ini merupakan masalah utama yang terjadi di seluruh dunia penyebab gangguan aktivitas dan pembengkakan biaya perawatan kesehatan.

Dampaknya yang besar terhadap aspek sosial ekonomi yaitu dapat menghilangkan pekerjaan seseorang hingga meningkatnya pengangguran, jatuhnya produktivitas suatu negara serta aspek sosial yang terjadi jika terjadinya banyak pengangguran. 

Penyebab nyeri pinggang yang bisa menimbulkan penyakit syaraf kejepit

penyebab nyeri pinggang
Nyeri pinggang bisa sebabkan penyakit syaraf kejepit. Foto:https://www.shutterstock.com

Berikut akan kita bahas apa sajakah penyebab sampai terjadinya nyeri punggung sehingga kamu bisa mulai memperbaikinya dan tidak sampai menimbulkan gangguan syaraf kejepit.

  1. Posisi duduk yang keliru saat berkerja di kantor 
  2. Posisi berdiri yang terlalu miring kesamping kanan atau kiri
  3. Posisi tubuh saat mengangkat barang terlalu condong ke depan sehingga titik tumpuan berat badan menyebabkan tulang belakang dan otot menjadi terlalu tegang
  4.  Berkendara dalam waktu yang lama dan posisi yang salah 
  5. Gerakan yang mendadak dan kurang tepat dilakukan berulang-ulang akan menyebabkan otot punggung bekerja terlalu maksimal dan tegang. Seperti olahraga tanpa pemanasan dan dilakukan terlalu berlebihan.

Kompres air dingin bisa jadi penanganan nyeri pinggang secara alami

Beberapa hal yang dapat dilakukan jika kamu menderita nyeri punggung adalah: 

Minum obat anti nyeri

Hal ini merupakan langkah yang umum dilakukan. Masyarakat awam cukup membeli obat anti nyeri yang beredar di pasaran. Namun perlu juga diperhatikan jangan membeli obat sembarangan tanpa diketahui jelas apakah dijamin BPOM, serta ikuti petunjuk pemakaian obat dengan tepat.

Tetap tenang dan jangan panik

Tetap tenang dan bersikap positif saat dilanda nyeri pinggang. Foto: https://www.shutterstock.com

Salah satu faktor yang memperberat rasa nyeri seseorang adalah karena rasa takut / panik / stress. Jadi saat nyeri pinggang menimpa tetaplah tenang dan jangan panik, selalu berfikir positif dan posisikan tubuh kamu senyaman mungkin.

Untuk mengurangi nyeri, cobalah menghentikan sementara aktivitas kamu yang dirasakan terlalu berat dan membuat nyeri pinggang.

Kompres dengan air dingin

Melakukan kompres air dingin pada otot yang tegang terbukti dapat mengurangi rasa nyeri. Air dingin dapat membantu proses tubuh dalam menghilangkan peradangan akibat otot yang terlalu tegang.

Menggunakan obat topikal

Mengoleskan obat topikal atau nama awamnya obat oles pada area otot yang tegang adalah hal yang tepat. Obat oles seperti balsam terbukti mampu memberikan efek relaksasi pada otot sehingga rasa nyeri bisa berkurang.

Memperbaiki pola hidup untuk mencegah penyebab nyeri pinggang

Penyebab sakit pinggang kebanyakan adalah pola hidup yang salah. Hal ini jika dibiarkan akan membuat nyeri pinggang makin lama makin memburuk, bahkan bisa memicu terjadinya syaraf kejepit.

Tentunya berdampak sangat merugikan dan bahkan bisa membuat seseorang mengalami kelumpuhan dan berakibat pula pada kehilangan perkerjaan.

Baca Juga: Catat! Ini Pilihan Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Kamu Coba

Rutin berolahraga bantu menangkal penyebab nyeri pinggang

penyebab nyeri pinggang
Rajin berolahraga untuk mencegah nyeri pinggang. Foto: https://www.shutterstock.com

Olahraga merupakan hal yang mudah diucapkan namun sulit untuk diterapkan secara rutin. Faktor malas, tidak ada waktu, terlalu sibuk merupakan alasan klasik yang selalu diucapkan seseorang jika dirinya dikritisi untuk melakukan olahraga secara teratur. 

Padahal olahraga teratur dapat meningkatkan vitalitas, membuat otot lebih kuat dan lentur sehingga tidak mudah tegang dan terluka sehingga seseorang dengan frekuensi olahraga teratur dapat mengurangi resiko terjadinya nyeri otot khususnya nyeri pinggang. 

Lakukan olahraga minimal 10 menit tiap harinya dan lakukan pemanasan sebelum memulai olahraga dan setelah olahraga lakukanlah pendinginan sehingga otot tidak mudah tegang / kram, sehingga resiko nyeri otot pinggang bisa terhindarkan.

Reference

Low Back Pain. https://www.who.int/medicines/areas/priority_medicines/Ch6_24LBP.pdf. Accessed 22/10/19.

What you should know about low back pain.https://www.healthline.com/health/low-back-pain-acute. Accessed 22/10/19.

Low Back Strain. https://www.webmd.com/back-pain/guide/low-back-strain#1. Accessed 22/10/19.

    register-docotr