Info Sehat

7 Penyebab Kanker Mulut yang Sering Diabaikan, Apa Saja?

November 7, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kanker mulut adalah salah satu jenis kanker yang harus diwaspadai. Pada 2018, setidaknya ada lima ribu kasus baru dari oral cancer di Indonesia. Sangat penting untuk mengetahui berbagai penyebab kanker mulut, agar kamu bisa meminimalkan risiko terjadinya kondisi tersebut.

Apa saja hal-hal yang dapat memicu timbulnya kanker mulut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Hati-hati Gejala Kanker Mulut

Sekilas tentang kanker mulut

Lokasi kanker mulut. Sumber foto: www.mosaicdentistrytx.com

Kanker mulut atau oral cancer adalah jenis kanker yang terjadi di area mana saja di dalam mulut. Dilansir dari Mayo Clinic, kanker ini dapat berkembang di bagian bibir, gusi, lidah, lapisan dalam pipi, langit-langit mulut, dasar mulut (di bawah lidah), dan rongga yang mendekati tenggorokan.

Gejala paling umum dari kanker mulut meliputi:

  • Muncul bercak, biasanya merah, merah muda, dan putih
  • Perdarahan dan nyeri di mulut
  • Mati rasa
  • Sariawan tak kunjung sembuh
  • Benjolan atau penebalan pada gusi
  • Gigi tanggal tanpa alasan yang jelas
  • Pembengkakan di rahang
  • Muncul rasa sakit di tenggorokan seperti ada yang tersangkut
  • Suara parau atau serak
  • Sulit mengunyah atau menelan
  • Sulit untuk menggerakkan lidah dan rahang

Memiliki gejala-gejala di atas bukan berarti seseorang secara otomatis menderita kanker mulut. Namun, ada baiknya tetap memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Beragam penyebab kanker mulut

Oral cancer terjadi ketika sel-sel di bibir atau mulut mengalami perubahan (mutasi) DNA. Sel abnormal akan membelah dan menggandakan diri ketika sel sehat mati.

Seiring waktu berjalan, sel abnormal tersebut akan membentuk tumor, yang lama-kelamaan bisa berubah dan menyebar menjadi kanker.

Kanker mulut paling sering berawal pada sel tipis bernama skuamosa yang melapisi bibir dan bagian dalamnya. Belum jelas apa yang menyebabkan sel tersebut bermutasi hingga menyebabkan kanker. Hanya saja, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi tersebut, yaitu:

1. Kebiasaan merokok

Dilansir dari Cancer Center, sekitar 80 persen pasien kanker mulut adalah perokok berat. Beberapa senyawa kimia yang terkandung pada rokok dipercaya bisa meningkatkan risiko mutasi genetik dari sel abnormal.

Risiko itu akan meningkat tajam ketika durasi dan frekuensi penggunaan rokok terlalu tinggi.

2. Kebiasaan menyirih

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih melakukan kebiasaan menyirih atau mengunyah daun sirih. Padahal, hal ini bisa menjadi penyebab kanker mulut, lho.

Mengutip dari NHS UK, biji dari buah pinang yang sering digunakan untuk menyirih memiliki efek karsinogenik, dapat memicu kanker.

3. Penularan HPV

Salah satu penyebab kanker mulut yang paling umum adalah Human papillomavirus atau HPV. Virus ini menyerang kulit dan selaput lendir yang biasanya terdapat pada mulut, tenggorokan, anus, dan vagina.

Kamu bisa tertular HPV lewat hubungan seksual dari orang yang telah terinfeksi, terutama seks oral.

Baca juga: Benarkah Oral Seks Bisa Picu Kanker Kerongkongan? Ini Fakta Lengkapnya!

4. Kebersihan mulut

Mulut yang jarang dibersihkan dapat meningkatkan risiko penyebaran sel kanker. Kuman dan bakteri yang tidak dibersihkan bisa menumpuk, lalu menyebabkan luka, lesi, atau bisul. Kondisi ini dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya kanker.

5. Diet yang keliru

Program diet tertentu ternyata bisa menjadi penyebab kanker mulut, lho. Dilansir dari Cancer Research UK, pembatasan konsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan risiko terjadinya oral cancer. Ini karena tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral.

6. Imunitas lemah

Sistem imun yang lemah dapat menjadi penyebab kanker mulut. Sebab, tubuh akan sulit memerangi zat asing seperti radikal bebas yang sangat berpotensi mengganggu sel-sel sehat. Tak hanya itu, obat-obatan yang bekerja menekan sistem kekebalan juga dapat memicu kondisi tersebut.

Baca juga: Beragam Vitamin untuk Perkuat Sistem Imun Tubuh Lawan Virus Corona

7. Konsumsi alkohol

Jika kamu adalah pencinta minuman beralkohol, ada baiknya segera batasi konsumsinya. Dilansir dari American Cancer Society, alkohol dapat menyebabkan iritasi, terutama di mulut dan tenggorokan.

Sel yang dirusak oleh alkohol bisa memperbaiki dirinya sendiri, namun menyebabkan perubahan pada DNA hingga kemungkinan berkembang menjadi kanker.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kanker mulut dan beragam faktor yang dapat meningkatkan risikonya. Membatasi dan menghindari hal-hal di atas bisa meminimalkan potensi terkena penyakit tersebut. Tetap jaga kesehatan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Mayo Clinic, diakses 26 Oktober 2020, Mouth cancer.
  2. Medical News Today, diakses 26 Oktober 2020, What you should know about mouth cancer.
  3. Cancer Center, diakses 26 Oktober 2020, Risk factors for oral cancer.
  4. Cancer Research UK, diakses 26 Oktober 2020, Risks and causes.
  5. NHS UK, diakses 26 Oktober 2020, Mouth cancer Causes.
  6. American Cancer Society, diakses 26 Oktober 2020, Alcohol Use and Cancer.
  7. Globacon, diakses 26 Oktober 2020, Indonesia Factsheet.

    register-docotr