Info Sehat

8 Tips Pengobatan Alami untuk Mengatasi Flu

December 14, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Curah hujan di beberapa daerah di Indonesia mulai meningkat. Pada musim hujan, tubuh kita akan lebih rentan terserang berbagai penyakit termasuk flu.

Sebagai langkah cepat, pasti banyak dari kita yang langsung mencari obat ke apotek untuk meringankan gejalanya. Tapi tak sedikit pula yang lebih memilih mencari pengobatan yang lebih alami atau tradisional

Berikut pengobatan alami atau tradisional untuk mengatasi flu yang bisa kamu lakukan di rumah!

1. Kumur air garam

Campuran air hangat dan garam bisa kamu gunakan untuk berkumur. Selain dapat meredakan sakit tenggorokan, kumur air garam juga dapat membantu membersihkan lendir.

Berikut cara meredakan flu dengan berkumur air garam:

  • Campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 8 ons air hangat
  • Masukkan air garam ke bagian belakang tenggorokan dan lalu kumur atau gargle selama sekitar 10 hingga 30 detik untuk membilas mulut dan tenggorokan.
  • Buang air kumur tadi, lalu gunakan air campuran garam yang masih baru untuk mengulangi proses di atas sebanyak 2 sampai 4 kali.

Tapi jangan sampai campuran air garam ini tertelan ya. Selain itu jangan gunakan metode ini pada anak-anak jika mereka belum bisa berkumur dengan baik.

2. Bilas hidung dengan air garam

Selain digunakan untuk berkumur, kamu juga bisa menggunakan campuran air hangat dan garam untuk membilas hidung. Membilas hidung dengan air garam membantu mengatasi hidung tersumbat, sekaligus menghilangkan partikel virus dan bakteri dari hidung. 

Berikut cara melakukannya:

  • Campurkan 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh soda kue dalam 250 ml air hangat.
  • Gunakan spuit atau alat irigasi hidung untuk menyemprotkan air ke hidung.
  • Tutup satu lubang hidung dengan memberikan tekanan jari ringan sambil menyemprotkan campuran garam ke lubang hidung lainnya.
  • Biarkan mengering.

Ulangi dua hingga tiga kali, lalu lakukan pada lubang hidung lainnya.

3. Menghirup uap air panas

Flu kerap kali membuat kita kesulitan bernapas karena hidung tersumbat. Nah untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan pengobatan tradisional dengan menghirup uap.

Menghirup uap dari sepanci air hangat dapat membantu menenangkan hidung, sinus, tenggorokan, dan paru-paru. Uap ini dapat membantu mengencerkan lendir yang tersumbat.

Udara hangat yang lembap juga bisa meredakan pembengkakan di hidung dan paru-paru. Menghirup uap dapat membantu meredakan batuk kering, iritasi hidung, dan sesak dada.

Caranya cukup siapkan baskom berisi air hangat, lalu dekatkan wajah ke baskom untuk menghirup uapnya. Kamu bisa menambah beberapa tetes minyak esensial ke dalamnya.

4. Gunakan salep di bawah hidung

Mengoleskan sedikit salep mentol di bawah hidung bisa membantu membuka saluran pernapasan dan memulihkan kulit yang teriritasi di pangkal hidung.

Mentol, eukaliptus, dan kamper semuanya memiliki bahan antirasa ringan yang dapat membantu meredakan nyeri akibat hidung yang digosok. Namun, oleskan di bagian luar saja ya, di bawah hidung, bukan di dalam lubang hidung.

5. Menggunakan essential oil

Beberapa jenis minyak esensial dapat membantu melindungi kamu dari virus dan bakteri tertentu. Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak pohon teh membantu melawan virus flu dengan cara memperlambat atau menghentikan laju penggandaan virus. 

Menurut penelitian tersebut, minyak pohon teh bekerja paling baik bila digunakan dalam dua jam setelah infeksi. Ini menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu memblokir virus flu agar tidak berkembang biak.

Kamu bisa menambahkan beberapa tetes essential oil dari pohon teh ke sabun tangan cair saat mencuci tangan atau mencampurkannya ke lotion yang kamu gunakan. 

6. Kompres panas atau dingin

Kamu bisa menggunakan kompres panas maupun dingin pada sinus yang tersumbat. Kamu dapat membeli hot pack  atau cold pack yang dapat digunakan kembali di toko obat atau membuatnya sendiri. 

Jika ingin membuat kompres hangat sendiri di rumah, kamu bisa memanfaatkan waslap basah lalu panaskan selama 55 detik dalam microwave, atau merendamnya ke baskom air hangat.

Untuk kompres dingin kamu bisa menggunakan sekantong kecil kacang polong beku atau menggunakan es batu yang dibungkus dengan handuk lembut.

Sebelum menempelkannya ke area hidung, pastikan kamu sudah uji suhunya terlebih dahulu untuk memastikan suhunya tidak terlalu panas atau dingin.

7. Konsumsi makanan yang mampu tangkal infeksi

Apa yang kita konsumsi juga bisa membantu mempercepat proses pemulihan flu yang kamu alami. Berikut beberapa makanan yang baik untuk dimakan saat kamu sedang melawan flu:

  • Pisang dan nasi untuk meredakan sakit perut dan mengurangi diare
  • Makanan yang mengandung vitamin C seperti paprika
  • Blueberry mengurangi diare dan kaya akan aspirin alami, yang dapat menurunkan demam dan membantu meredakan nyeri
  • Wortel yang mengandung betakaroten
  • Cabai bisa atasi sinus, dan membantu memecah lendir di paru-paru
  • Cranberry dapat membantu mencegah bakteri menempel pada sel yang melapisi kandung kemih dan saluran kemih
  • Mustard atau lobak dapat membantu memecah lendir di saluran pernapasan
  • Bawang mengandung fitokimia yang diklaim dapat membantu tubuh membersihkan bronkitis dan infeksi lainnya
  • Teh hitam dan hijau mengandung katekin, fitokimia yang diklaim memiliki efek antibiotik dan antidiare alami

8. Tingkatkan asupan zinc

Melansir National Center for Complementary and Integrative Health, sebuah uji klinis pada 2015 menemukan bahwa konsumsi suplemen zinc oral membantu mengurangi lamanya pilek ketika diminum dalam waktu 24 jam setelah gejala dimulai.

Zinc penting bagi tubuh untuk membuat DNA guna mendorong pertumbuhan dan perbaikan jaringan serta memastikan sistem kekebalan bekerja dengan baik.

Untuk memastikan kamu mendapatkan asupan zinc yang cukup, kamu bisa konsumsi beberapa jenis makanan dengan kandungan zinc tinggi. Seperti tiram, daging sapi, yogurt, keju, kacang-kacangan, biji-bijian, dan brokoli.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 11 Desember 2020. 10 Natural Remedies for Flu Symptoms

WebMD. Diakses pada 11 Desember 2020. 12 Natural Treatment Tips for Colds and Flu

WebMD. Diakses pada 12 Desember 2020. Zinc

National Center for Complementary and Integrative Health. Diakses pada 13 Desember 2020. 5 Tips: Natural Products for the Flu and Colds: What Does the Science Say?

The Healthy. Diakses pada 13 Desember 2020. 13 Foods That Are High in Zinc to Help You Fight Your Next Cold

 

 

    register-docotr