Info Sehat

Mengenal Operasi LASIK: Prosedur, Persiapan dan Biaya

June 11, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Operasi LASIK merupakan salah satu cara untuk mengatasi gangguan penglihatan kamu. Kondisi seperti rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermetropi) dan mata silinder (astigmatisme).

LASIK sendiri merupakan akronim dari laser assisted in-situ keratomileusis. Sesuai namanya, operasi ini menggunakan laser untuk membentuk ulang kornea mata untuk memperbaiki penglihatan kamu.

Kornea memegang hampir seluruh kekuatan pembiasan pada mata, di mana sumber kekuatan mata yang lain datang dari lensa kristal ini. Dengan merubah kornea, maka status pembiasan mata kamu pun berubah, inilah prinsip dasar dari operasi LASIK.

Sejarah LASIK

LASIK muncul dari pengmbangan berbagai teknik bedah refraktif. Awal mula teknik ini dimulai pada tahun 1950-an, ketika microkeratome atau pisau metal mekanik yang digunakan untuk membuka kornea ditemukan.

Penemuan teknologi kedua untuk LASIK muncul pada tahun 1980 ketika laser ultraviolet yang dapat menggores suatu jaringan secara tepat tanpa merusak jaringan lain di sekitarnya ditemukan.

Nah, untuk lebih mengetahui tentang operasi LASIK, simak informasinya berikut ini:

Persiapan operasi LASIK

Sebelum operasi dijalankan, kamu akan berkonsultasi dengan dokter bedah mata dan ditanyakan mengenai riwayat medis, sebelum kemudian kamu akan melewati serangkaian pemeriksaan.

Pemeriksaan yang akan kamu jalani di antaranya adalah mengukur ketebalan kornea kamu, refraksi dan tekanan mata. Kornea mata kamu akan dipetakan serta pupil mata akan dilebarkan.

Jika kamu menggunakan lensa kontak, sebaiknya jangan dipakai dulu selama 3 hari sebelum pemeriksaan dilakukan, dan 3 minggu untuk lensa kontak RGP. Bawa juga kacamata yang biasa kamu pakai untuk bahan evaluasi.

Sebelum operasi dilakukan, ada baiknya kamu melakukan hal berikut ini:

  • Makan makanan ringan.
  • Bawa semua obat-obatan yang diresepkan.
  • Jangan menggunakan makeup mata.
  • Jangan menggunakan aksesori tebal, khususnya di bagian rambut yang dapat mengganggu posisi kepala.

Prosedur operasi LASIK

Prinsip kerja operasi LASIK. Foto: https://d1l9wtg77iuzz5.cloudfront.net/

Prosedur LASIK terdiri dari dua bagian, membentuk kelopak kornea dengan menggunakan bahan presisi, dan membentuk kembali kornea dengan laser excimer.

Laser excimer ini adalah bagian penting, karena akan digunakan untuk membentuk ulang kornea kamu dengan menghilangkan jaringan di lapisan tengah kornea. 

Adapun instrumen yang digunakan untuk membentuk kelopak kornea adalah microkeratome dan laser femtosecond.

Untuk mengobati rabun jauh, bagian tengah kornea akan digepengkan untuk mengurangi kemampuan pembiasan kornea. Untuk rabun dekat, kornea akan dipertajam untuk meningkatkan kemampuan pembiasannya.

Sedangkan untuk mata silinder, lekukan kornea yang berjarak 90 derajat dari porosnya akan dibuat sama dan seimbang.

Tahapan operasi

Ada beberapa tahapan dari operasi lasik yang perlu kamu tahu. Berikut penjelasannya.

  • Sebelum prosedur dimulai, kamu akan diberikan obat tetes untuk membuat mata kamu mati rasa.
  • Saat kamu berbaring di tempat tidur, kelopak mata kamu akan dibuka dengan hati-hati dan instrumen pembuat kelopak kornea akan disiapkan di posisinya.
  • Kamu akan diminta untuk berfokus pada cahaya khusus yang ditembakan ke mata kamu, beberapa detik kemudian kelopak kornea akan dibuka dan memperlihatkan lapisan tengah dari kornea.
  • Selanjutnya kornea akan dibentuk ulang menggunakan laser excimer.
  • Posisi kelopak kornea setelah itu akan atur ke posisi semula.

Salah satu keuntungan dari operasi LASIK adalah kemampuan penyembuhannya yang sangat cepat. Dalam waktu satu jam setelah operasi, kelopak kornea akan mulai sembuh.

Pasca operasi

Walaupun kamu mungkin tidak merasakannya, mata kamu akan kering. Dokter akan memberikan resep obat tetes mata untuk mencegah infeksi dan inflamasi, tetes mata juga akan membuat mata kamu tetap lembap.

Karena kecepatan penyembuhan operasi LASIK, beberapa orang merasakan adanya perbaikan dalam penglihatan dalam beberapa hari. Dan ini juga yang bisa kamu rasakan dengan cepat.

Kamu harus melindungi mata saat tidur, gunakan kacamata atau pelindung mata lainnya untuk melindungi mata dari gesekan yang tidak diinginkan.

Mata kamu tetap akan berubah setelah melakukan operasi LASIK seiring usia. Lebih dari 10 persen orang yang melakukan operasi LASIK membutuhkan operasi kedua untuk mengembalikan efeknya.

Biaya operasi LASIK

Dirangkum dari berbagai sumber, ini kisaran biaya operasi LASIK yang harus kamu ketahui dengan syarat dan ketentuan tertangtung layanan penyedia, yakni :

  • SILC LASIK Center, Jakarta: Mulai dari Rp 8 juta per mata.
  • Ciputra SMG Eye Clinic, Jakarta: Mulai dari Rp 14 juta per mata.
  • KMN Eyecare: Mulai dari Rp 14 juta per mata.
  • Jakarta Eye Center: Mulai dari Rp 12 juta per mata.
  • Rumah Sakit Mata Bandung Eye Center: Mulai dari Rp 14 juta.

Melihat harga dari operasi LASIK yang tidak sedikit, maka ada baiknya kamu mulai memperhatikan kesehatan mata kamu. Untuk itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami di Good Doctor.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd.com (2020) diakses 09 Juni 2020. https://www.webmd.com/eye-health/lasik-laser-eye-surgery#1
  2. Mayoclinic.org (2019) diakses 09 Juni 2020. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/lasik-eye-surgery/about/pac-20384774
  3. Allaboutvision.com (2019) diakses 09 Juni 2020. https://www.allaboutvision.com/visionsurgery/lasik.htm
  4. Lasikmd.com diakses 09 Juni 2020. https://www.lasikmd.com/what-to-expect/day-surgery/the-procedure-itself
  5. Ciputrasmgeyeclinic.com diakses 09 Juni 2020. https://ciputrasmgeyeclinic.com/en/lasik-eye-surgery-price-in-2020-information-comparisons-and-costs/
  6. Silclasikcenter.net diakses 09 Juni 2020. https://silclasikcenter.net/?gclid=CjwKCAjw5vz2BRAtEiwAbcVILwDdMv-kfoITx7FpYTu7fRdiav4xyCX2ZTsyHj-L2MSFyYhSb7LxbhoCbZMQAvD_BwE
  7. Harga.web.id (2020) diakses 09 Juni 2020. https://harga.web.id/info-biaya-lasik-mata-di-sejumlah-klinik-mata-rumah-sakit-yang-ada-di-indonesia.info
  8. Yankes.kemkes.go.id (2019) diakses 09 Juni 2020. http://yankes.kemkes.go.id/read-inginterbebasdarikacamataataulensakontak–6671.html
    register-docotr