Info Sehat

Bikin Tidak Percaya Diri, Operasi Kantung Mata Berbahaya Tidak Sih?

April 30, 2020 | Santi Andriani | dr. Fahri Trisnaryan Pratama
feature image

Kantung mata yang semakin melorot bikin tidak percaya diri. Berbagai cara pun diterapkan untuk mencoba menghilangkan atau minimal  menyamarkannya. Upaya menghilangkan dengan operasi kantung mata apakah berbahaya?

Kantung mata merupakan bagian mata yang terbentuk dikarenakan pertambahan usia, kelelahan, stres, ataupun kurang tidur. Untuk kondisi awal, kantung mata bisa diatasi dengan cara mengompres bagian bawah mata atau memperbaiki jam tidur. 

Namun dalam keadaan yang sudah sangat parah dan mengganggu, kamu bisa mendatangi dokter untuk melakukan operasi menghilangkan kantung mata. 

Baca Juga: Jangan Takut Lesu, Ini Tips Diet yang Aman saat Puasa

Apa saja persiapan operasi kantung mata ?

operasi kantung mata
Kantung mata yang semakin parah bisa diambil tindakan operasi. Foto: https://www.shutterstock.com

Apabila kantung mata kamu telah memasuki tahap yang parah dan kamu berkeinginan untuk melakukan operasi kantung mata, hal-hal berbahaya mungkin saja terjadi seperti komplikasi atau infeksi pasca operasi.

Namun kamu bisa kembali mempertimbangkannya dengan mengetahui segala tahap dan persiapan dari operasi kantung mata, yaitu :

  1. Mencari dokter yang tepat untuk melakukan operasi, sebaiknya membuat beberapa pertimbangan sehingga bisa mendapat saran terbaik sebelum melakukan operasi.
  2. Menyiapkan biaya operasi. Biaya operasi kantung mata saat ini berkisar antara 12-25 juta.
  3. Melakukan konsultasi berjangka sebelum operasi dilaksanakan, untuk melihat pada kondisi dimana tubuh kamu terutama pada bagian mata siap melakukan operasi.
  4. Berhenti merokok.
  5. Proses operasi berlangsung selama 90 menit dengan bius lokal, dokter akan melakukan sayatan dan pengambilan bagian kulit bawah mata yang berlebih, kemudian akan dilakukan penjahitan ulang pada bagian tersebut. Butuh waktu 1 minggu untuk melepas perban dan jahitan.
  6. Perawatan pasca operasi dilakukan selama kurang lebih 1 bulan, dan kamu harus kembali melakukan kontrol ke dokter untuk bisa melihat bagaimana hasil dari operasi tersebut.

Operasi ini sangat dianjurkan apabila sudah sangat mengganggu pandangan. Namun jika masih bisa tertangani akan lebih mudah jika perawatannya menggunakan metode konvensional pengompresan. 

Beberapa rumah sakit juga menyediakan teknologi laser untuk mengurangi kantung mata dengan resiko yang lebih rendah dan masa penyembuhan yang lebih cepat.

Apa saja dampak tindakan operasi kantung mata ?

operasi kantung mata
Dampak tindakan operasi. Foto: https://pixabay.com

Perlu diperhatikan dampak dari operasi ini ada yang bisa ditangani secara cepat dan ada pula yang memerlukan waktu. Dampak yang mungkin saja terjadi adalah :

  • Pendarahan

Pendarahan ini dapat disebabkan tidak tertutupnya luka pasca operasi dengan baik.

  • Pembengkakan

Pembengkakan ini terjadi karena adanya bagian mata yang meradang, ini merupakan hal wajar yang terjadi ketika melakukan operasi, kamu bisa mengompresnya dengan kompresan dingin dan tidur dengan bantal tinggi juga bisa membantu mengurangi pembengkakan.

  • Mata mudah Lelah

Mata akan terasa mudah lelah pasca operasi untuk beberapa waktu. Kamu harus banyak beristirahat dan menghindari membaca buku atau melihat layar handphone terlalu sering selama masa penyembuhan.

  • Sensitif terhadap cahaya

Hal ini juga mungkin terjadi pasca melakukan operasi. Hindari keluar rumah pada siang hari yang terik, gunakan kacamata UV atau payung sebagai pelindung mata jika kamu diharuskan keluar rumah pada siang hari.

Apa saja yang harus dilakukan pasca operasi ?

operasi kantung mata
Menjaga pola tidur dan kelola stres dengan baik untuk penyembuhan pasca operasi. Sumber Foto : https://ridikul.hu/

Pada umumnya perawatan pasca operasi ini akan memakan waktu 10 hari. Namun bisa lebih cepat jika kamu tidak mengalami infeksi dan selalu menjaga kondisi mata sesuai anjuran dari dokter.

Setelah melewati masa krisis perawatan, kamu bisa langsung beraktivitas. Jangan lupa selalu memelihara kesehatan mata dengan makan makanan yang bergizi serta selalu menjaga kebersihan di sekitar area mata agar terhindar dari bakteri berbahaya. 

Menjaga pola tidur dan mengontrol tingkat stress juga akan sangat membantu akmu untuk tidak lagi menambah kantung mata.

Reference

Brian S. Boxer Wachler, M. (2019). Eyelid Surgery. WebMD, 1.

Milind N Naik, S. G. (2009). Blepharoplasty: An Overview. NCBI, 1.

Staf, M. C. (2018). Bags Under Eyes. Mayo Clinic, 1.

    register-docotr