Info Sehat

Operasi Ambeien: Prosedur, Risiko, Perawatannya

December 31, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Pada umumnya jika seseorang mengalami ambeien memang akan sembuh dengan sendirinya. Namun, ternyata operasi ambeien tetap perlu dilakukan, apabila gangguan ambein bertambah parah dan menyebabkan pendarahan hebat.

Apa itu ambeien? 

Dilansir dari Healthline, ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di bagian dalam, yang berarti berada di dalam rektum. Atau bisa juga eksternal, yang berarti berada di luar rektum.

Kebanyakan serangan wasir berhenti sakit dalam dua minggu tanpa pengobatan. Makan makanan tinggi serat dan minum 8 hingga 10 gelas air per hari biasanya dapat membantu kamu mengelola gejala dengan mendorong buang air besar lebih lembut dan lebih teratur.

Kamu mungkin juga perlu menggunakan pelunak feses untuk mengurangi mengejan saat buang air besar, karena mengejan membuat wasir semakin parah. Dokter mungkin juga akan merekomendasikan salep topikal yang dijual bebas untuk mengurangi rasa gatal, nyeri, atau bengkak sesekali.

Komplikasi ambeien

Terkadang, ambeien dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Ambeien eksternal dapat menyebabkan pembekuan darah yang menyakitkan. Jika ini terjadi, penyakit ini disebut ambeien trombosis.

Kemudian ambeien internal bisa turun, yang berarti turun melalui rektum dan menonjol dari anus. Ambeien eksternal atau prolaps dapat menjadi iritasi atau infeksi dan mungkin memerlukan pembedahan.

American Society of Colon and Rectal Surgeons yang dilansir dari laman Healthline, memperkirakan bahwa kurang dari 10 persen kasus ambeien memerlukan pembedahan atau operasi.

Persiapan operasi ambeien

Sebelum menjalani operasi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan salah satunya dengan berhenti mengonsumsi beberapa jenis obat seperti:

  • Aspirin
  • Ibuprofen
  • Naproxen
  • Anti-koagulan seperti warfarin, apixaban, rivaroxaban, atau clopidogrel bisulfate beberapa hari sebelum operasi ambeien dilakukan.

Selain itu dokter juga mungkin akan menyarankan untuk puasa 6-12 jam sebelum operasi ambeien.

Jenis operasi ambeien 

Operasi dengan anestesi adalah jenis pembedahan yang perlu dilakukan di rumah sakit. Berikut ini beberapa jenis operasinya seperti dilansir dari laman Healthline

Hemoroidektomi

Hemoroidektomi digunakan untuk ambeien eksternal berukuran besar dan ambeien internal yang mengalami prolaps atau menyebabkan masalah dan tidak merespons penanganan non-bedah.

Prosedur ini biasanya dilakukan di rumah sakit. Kamu dan ahli bedah, besama akan memutuskan anestesi terbaik untuk digunakan selama operasi. Pilihannya meliputi:

  • anestesi umum, yang membuat kamu tertidur lelap selama operasi.
  • anestesi regional, yang melibatkan pengobatan membuat tubuh mati rasa dari pinggang ke bawah yang diberikan melalui suntikan ke punggung. 
  • Anestesi lokal, yang hanya mematikan anus dan rektum. 

Kamu mungkin juga diberi obat penenang untuk membantu agar tetap rileks selama prosedur jika menerima anestesi lokal atau regional.

Setelah anestesi diterapkan, ahli bedah akan memotong ambeien yang besar. Saat operasi selesai, kamu akan dibawa ke ruang pemulihan untuk observasi singkat.

Setelah tim medis yakin bahwa tanda-tanda vital stabil, kamu dapat kembali ke rumah. Nyeri dan infeksi adalah risiko paling umum yang terkait dengan jenis operasi ini.

Hemoroidopeksi

Hemoroidopeksi kadang-kadang disebut sebagai stapel. Biasanya ditangani sebagai operasi pada hari yang sama di rumah sakit, dan memerlukan anestesi umum, regional, atau lokal.

Stapel digunakan untuk mengobati ambeien prolaps. Stapel bedah memperbaiki ambeien yang prolaps kembali ke tempatnya di dalam rektum dan memotong suplai darah sehingga jaringan akan menyusut dan diserap kembali.

Pemulihan stapel membutuhkan waktu lebih sedikit dan tidak terlalu menyakitkan dibandingkan pemulihan dari hemoroidektomi.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Sederet Obat yang Ampuh untuk Mengatasi Ambeien

Perawatan setelah operasi 

Kamu bisa mengalami nyeri rektal dan anal setelah menjalani operasi ambeien. Dokter mungkin akan meresepkan obat penghilang rasa sakit untuk meredakan ketidaknyamanan. Kamu dapat membantu pemulihan sendiri dengan:

  • Makan makanan berserat tinggi. 
  • Tetap terhidrasi dengan minum 8 hingga 10 gelas air per hari. 
  • Menggunakan pelunak feses sehingga kamu tidak perlu mengejan saat buang air besar.
  • Hindari aktivitas apa pun yang melibatkan mengangkat atau menarik berat.

Beberapa orang menemukan bahwa mandi sitz membantu meringankan ketidaknyamanan pasca operasi. Mandi sitz melibatkan merendam area anus dalam beberapa inci air garam hangat beberapa kali sehari.

Meskipun waktu pemulihan individu bervariasi, banyak orang dapat berharap untuk membuat pemulihan penuh dalam waktu sekitar 10 hingga 14 hari.

Efek samping setelah operasi

Komplikasi jarang terjadi, tetapi harap cari bantuan medis jika kamu mengalami demam, tidak dapat buang air kecil, nyeri saat buang air kecil, atau pusing setelah operasi dilakukan.

Saat kamu berkonsultasi dengan dokter, mereka mungkin akan merekomendasikan:

  • Perubahan pola makan, seperti makan makanan tinggi serat dan tetap terhidrasi. 
  • Membuat perubahan gaya hidup, seperti menurunkan berat badan. 
  • Mengadopsi program olahraga teratur. 
  • Penyesuaian ini akan mengurangi kemungkinan ambeien berulang.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 15 Desember 2020. Hemorrhoid Surgery
  2. Webmd.com (2020) diakses pada 15 Desember 2020. Hemorrhoid Surgery
  3. Medicalnewstoday.com (2019) diakses pada 15 Desember 2020. What to know about hemorrhoid surgery 
    register-docotr