Info Sehat

Sering Susah Tidur? Coba 5 Obat Tidur Alami Ini

October 28, 2020 | Fitri Chaeroni
feature image

Jika kamu kerap mengalami insomnia atau kesulitan tidur, ada beberapa perawatan obat alami yang bisa kamu gunakan. Obat tidur alami dapat mendorong relaksasi, meredakan kecemasan, dan membantu seseorang cepat tidur.

Obat tidur alami umumnya dianggap lebih aman daripada obat bebas (OTC) dan obat resep. Ini karena obat alami cenderung memiliki lebih sedikit efek samping. Berikut beberapa jenis obat tidur alami yang bisa kamu coba.

1. Suplemen melatonin

Melatonin adalah hormon yang diproduksi di kelenjar pineal di tengah otak. Hormon ini mengatur ritme sirkadian tubuh, alias ritme harian seperti siklus tidur dan bangun.

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi suplemen melatonin dapat membantu kualitas tidur. Pekerja shift yang mengonsumsi 3 miligram melatonin dapat tertidur lebih cepat.

Selain itu suplemen melatonin juga kerap digunakan untuk mengatasi masalah jet lag saat perjalanan internasional. Dosis melatonin untuk obat tidur alami adalah  0,1 hingga 0,3 miligram sebelum tidur.

Jika masalah tidur kamu tetap ada setelah dua minggu penggunaan obat tidur dengan suplemen melatonin, kamu harus berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga : Susah Tidur di Malam Hari, Apakah Saya Stres?

2. Chamomile untuk obat tidur alami

Chamomile adalah tanaman bunga yang kerap dijadikan ramuan herbal. Ramuan herbal chamomile memiliki efek menenangkan dan relaksasi yang membuat kamu mengantuk.

Sebuah penelitian menyebut bahwa teh chamomile bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tidur pada wanita pasca kelahiran dan juga mengurangi gejala depresi.

Meskipun tidak ada dosis umum untuk chamomile, kamu dapat menggunakannya sebagai obat tidur alami dengan beberapa cara:

  • Gunakan bunga chamomile kering untuk membuat teh
  • Beli kantong teh siap saji yang dijual di toko bahan makanan lokal
  • Hirup atau oleskan minyak esensial chamomile encer ke kulit 
  • Konsumsi dalam bentuk tablet atau kapsul

Namun jika kamu punya alergi terhadap tanaman ini, sebaiknya cari alternatif obat tidur alami lainnya saja ya.

Baca Juga : Gemar Ngopi? Ini Lho, Batas Amannya Supaya Tidak Susah Tidur

3. Valerian 

Sama seperti chamomile, valerian juga merupakan sebuah tanaman bunga yang kerap digunakan sebagai ramuan herbal alami. Tapi pada tanaman valerian, yang digunakan adalah bagian akarnya.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2011, valerian dapat membantu mengobati insomnia dan meningkatkan kualitas tidur pada wanita pasca menopause.

Tetapi menurut Natural Medicines Comprehensive Database, tidak ada cukup bukti bahwa valerian efektif dalam mengobati insomnia. Beberapa temuan terbatas menunjukkan bahwa valerian dapat mengurangi waktu untuk tidur dan dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Kamu dapat mengonsumsi valerian sebagai obat tidur alami dalam beberapa cara: 

  • Jika kamu mengonsumsinya dalam bentuk teh, kamu dapat meminum 1/4 sampai 1 sendok teh, maksimal tiga kali sehari.
  • Apabila kamu lebih suka meminumnya dalam bentuk kapsul, kamu harus mengikuti dosis yang dianjurkan pada label kemasan.

Setelah tidur membaik, kamu harus terus menggunakan valerian selama dua hingga enam minggu. Ketika kamu ingin menghentikan penggunaan, kamu harus mengurangi dosis secara perlahan.

Baca Juga : Kamu Susah Tidur? Coba 10 Cara Ini

4. Lavender untuk obat tidur alami

Lavender adalah tanaman harum yang digunakan untuk membuat obat, parfum, dan minyak. Efek harum yang menenangkan dari bunga lavender dapat membantu mendorong rasa ingin tidur.

Sebuah penelitian pada 2015 menemukan lavender efektif dalam meningkatkan kualitas tidur pada wanita pasca melahirkan. Peserta penelitian diminta menghirup aroma lavender sebelum tidur selama delapan minggu.

Saat ini minyak aroma atau essential oil sangat mudah ditemukan bahkan di toko online. Saat ingin menggunakannya sebagai obat tidur alami, selalu encerkan minyak esensial lavender dengan air atau minyak zaitun.

Kamu dapat menggunakan lavender sebagai obat tidur alami dengan cara berikut:

  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender ke diffuser di dekat tempat tidur
  • Gosokkan minyak esensial yang telah diencerkan ke dahi dan sekitar hidung (sebelumnya kamu harus melakukan uji tempel sebelum mengoleskan minyak esensial encer ke kulit)
  • Taruh beberapa tetes minyak esensial di bantal 
  • Gunakan lavender kering untuk membuat teh atau kantong beraroma

Baca Juga : 8 Cara Mudah Mengatasi Kekurangan Tidur, Simak Tips Berikut Ini!

5. Suplemen 5-hydroxytryptophan (5-HTP)

Selain melatonin, ada juga suplemen lain yang bisa kamu gunakan sebagai obat tidur alami yakni 5-hydroxytryptophan atau 5-HTP. 5-HTP adalah turunan dari triptofan, yang merupakan asam amino. Kandungan ini digunakan untuk meningkatkan kadar serotonin.

5-hydroxytryptophan juga merupakan prekursor melatonin yang mengatur siklus tidur. Beberapa temuan menunjukkan bahwa 5-HTP dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan, tetapi tidak ada cukup bukti yang mendukung penggunaannya untuk insomnia. 

Namun studi pada 2016 menyebut  5-HTP dapat meningkatkan tidur bila dikonsumsi dengan suplemen lain yang disebut asam gamma-aminobutyric. Kombinasi tersebut diduga dapat meningkatkan durasi tidur.

5-HTP tersedia dalam bentuk kapsul. Dosis yang dianjurkan adalah 150 hingga 400 miligram per hari, meskipun label produk biasanya tertulis dosis berbeda. Jangan minum 5-HTP selama lebih dari enam minggu ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

John Hopkins Medicine. Diakses pada 21 Oktober 2020. Natural Sleep Aids: Home Remedies to Help You Sleep

Healthline. Diakses pada 21 Oktober 2020. 8 Natural Sleep Aids: What Works?

WebMD. Diakses pada 21 Oktober 2020. Natural Sleep Aids and Remedies

    register-docotr