Info Sehat

Menderita Panas Dalam? Ini Berbagai Pilihan Obat Alami dan Medis untuk Meredakannya

June 26, 2020 | Husni Efendi
feature image

Panas dalam sering dialami dan dikeluhkan banyak orang, dengan penandanya seperti sakit tenggorokan yang disertai bibir pecah-pecah dan sariawan. Apa saja ya obat panas dalam yang ampuh meredakannya?

Sebelum membahas lebih jauh tentang obat panas dalam, ada baiknya kamu mengenali dulu apa sesungguhnya panas dalam sehingga tahu bagaimana meredakannya. Yuk, simak pembahasan berikut!

Baca juga: Kanker Pankreas: Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mencegahnya!

Kondisi panas dalam dan penyebabnya

Faktanya, istilah ‘panas dalam’ sesungguhnya salah kaprah, karena dalam dunia medis tidak dikenal istilah panas dalam. Apa yang dikenal orang sebagai panas dalam sesungguhnya bukan penyakit, melainkan bisa jadi gejala atas penyakit lain yang perlu diketahui lebih lanjut.

Orang yang mengeluh panas dalam juga biasanya tidak demam, dan suhu tubuhnya normal ketika diukur dengan termometer. Sebab ‘panas’ di sini mengacu pada kondisi tubuh yang kurang sehat.

Pengalaman panas dalam setiap orang bisa berbeda, karena penyebabnya bisa berbeda satu orang dengan lainnya. Yang kerap dialami adalah sakit tenggorokan, diiringi sariawan dan bibir pecah-pecah, sehingga nyeri ketika menelan, ada juga yang mengalami sembelit, dan berbagai kondisi lain.

Ada sejumlah penyebab panas dalam, seperti:

  • Kondisi kelelahan
  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan tenggorokan
  • Ketidakseimbangan hormon bisa memicu rasa panas dalam tubuh
  • Dehidrasi dan terlalu banyak mengonsumsi gorengan serta makanan terlalu pedas juga dipercaya memunculkan gejala panas dalam.

Untuk tahu lebih detail penyebabnya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

Obat panas dalam alami bisa diterapkan di rumah

Sesungguhnya untuk mengobati panas dalam lebih menyeluruh, kamu perlu mengetahui apa penyebab gejala-gejala yang kamu alami. Tujuannya, agar kamu jadi jadi tahu pengobatan apa yang tepat.

Namun ada beberapa bahan dan cara alami yang bisa diterapkan sebagai obat panas dalam, sebagai berikut:

Berkumur air garam

Obat panas dalam. Sumber foto: www.womenshealthmag.com

Berkumur air garam adalah salah satu solusi mudah untuk meredakan sakit tenggorokan dan sariawan, karena sifat antibakterinya.

Kamu bisa mencampur 1/4 sendok teh garam dalam secangkir air hangat, dan kumur setidaknya 2-3 kali sehari, untuk membilas bakteri dan menetralkan asam yang mungkin menyebabkan sensasi terbakar.

Untuk meredakan sakit tenggorokan, kamu bisa berkumur sambil mendongak, sedangkan untuk meredakan sariawan, kamu bisa berkumur di daerah yang sakit.

Ramuan madu dengan jahe

Madu juga dikenal kemampuannya sebagai antibakteri dan anti-inflamasi, yang mana bisa melembapkan tenggorokan dan meredakan sariawan.

Kamu dapat membuat ramuan madu dengan jahe dan perasan jeruk nipis dicampur dengan air hangat, atau mengonsumsi madu saja tanpa campuran.

Soda kue

Soda kue dianggap bisa mengembalikan keseimbangan pH dan mengurangi peradangan, yang dapat menyembuhkan sariawan.

Kamu bisa melarutkan 1 sendok teh soda kue ke dalam 1/2 gelas air, kumur larutan ini di mulut 15 hingga 30 detik, lalu keluarkan, dan ulangi setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

Obat panas dalam alami seperti minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa sangat menenangkan panas di tenggorokan dan bisa jadi mengandung anti-inflamasi.

Ambil sekitar 2 sdm (30 ml) per hari, dan berikut adalah beberapa ide penerapan minyak kelapa untuk dicoba, misalnya, tambahkan sesendok minyak kelapa pada teh panas atau cokelat panas.

Kamu juga bisa menambahkan sesendok minyak kelapa pada sup, atau memasukkan sesendok minyak kelapa langsung ke dalam mulut, dan biarkan meleleh dan melapisi tenggorokan.

Teh herbal

Obat panas dalam alami selanjutnya adalah teh herbal. Membuat teh herbal membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan tenggorokan. Sebut saja seperti teh peppermint, teh akar jahe, hingga teh chamomile.

Meski teh panas terasa panas saat dikonsumsi, namun minum minuman panas juga bisa membantu kamu lebih berkeringat dan membantu mendinginkan tubuh.

Cuka sari apel

Cuka sari apel alias apple cider vinegar juga bersifat asam dan dapat membunuh bakteri di tenggorokan. Ini dapat membantu meredakan gejala pilek khususnya jika infeksi tenggorokan akibat dari pembentukan lendir.

Kamu dapat menambahkan 1 sendok teh cuka sari apel pada teh herbal, atau kamu bisa gunakan untuk berkumur.

Air lemon

Air lemon adalah minuman menyegarkan, dan mengandung vitamin C serta senyawa yang dapat meredakan sakit tenggorokan dan membantu penyembuhan. Lemon juga bisa meningkatkan jumlah air liur yang dihasilkan tubuh, yang membantu menjaga selaput lendir tetap lembap.

Kamu bisa menggabungkan lemon dengan air hangat dan sedikit madu atau air garam untuk memaksimalkan manfaatnya.

Kayu manis bisa menjadi obat panas dalam alami

Kayu manis dapat membantu melawan sakit tenggorokan dan infeksi karena pilek atau flu. Coba minum teh kayu manis, atau menambahkan kayu manis ke minuman hangat, untuk meredakan ketidaknyamanan tenggorokan.

Pilihan lain adalah membuat susu kayu manis almond, yang bisa menenangkan untuk sakit tenggorokan.

Makanan yang kaya air

Sebagai obat panas dalam, tentunya baik untuk kamu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air. Seperti buah-buahan, juga makan banyak sayur.

Tips lainnya untuk membantu meredakan panas dalam:

  • Perhatikan makanan: Hindari telat makan, perhatikan suhu makanan, sebab makanan yang terlalu panas atau dingin bisa mengganggu sistem pencernaan. Perhatikan juga menu makanan jangan terlalu banyak makanan panas dan digoreng serta pedas.
  • Beristirahat dengan cukup: Kamu perlu beristirahat dengan cukup agar daya tahan tubuh menjadi kuat dalam melawan kuman.
  • Minum air putih: Hindari dehidrasi dengan minum air putih cukup untuk membantu melembapkan tenggorokan.
  • Rutin berolahraga: Tingkatkan daya tahan tubuh dan stamina dengan berolahraga, sehingga tidak mudah terkena gejala panas dalam ketika kondisi tubuh terlalu lelah.

Baca Juga: Sedikit Repot, Tapi Segudang Manfaat Sehat dengan Memelihara Hewan di Rumah

Obat panas dalam dari dokter atau beli di apotek

Sejumlah obat-obatan medis juga dapat membantu meringankan sakit tenggorokan, di antaranya:

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (Nonsteroidal anti-inflammatory drugs alias NSAIDs): NSAID bisa meredakan peradangan dan nyeri tenggorokan, dan dua jenis umumnya adalah ibuprofen dan aspirin.
  • Obat panas dalam jenis semprotan: Semprotan lidokain (lidocaine) dan semprotan tenggorokan (throat-numbing spray) dapat mengurangi nyeri tenggorokan.
  • Obat pelega tenggorokan (lozenge): Obat pelega tenggorokan yang mengandung lidokain (lidocaine) atau jenis obat mati rasa lainnya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Kamu bisa menerapkan cara-cara di atas untuk meredakan keluhan panas dalam. Namun jika gejala tidak juga membaik, penting segera memeriksakan diri ke dokter, agar mendapat penanganan tepat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  • Healthline, 16 Ways to Get Rid of Canker Sores, https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/how-to-get-rid-of-canker-sores, diakses 23 Juni 2020
  • Healthline, 12 Natural Remedies for Sore Throat, https://www.healthline.com/health/cold-flu/sore-throat-natural-remedies, diakses 23 Juni 2020
  • Healthline, Help for Sore Throats, https://www.healthline.com/health/cold-flu/help-sore-throats, diakses 23 Juni 2020
  • Liputan 6, Hati-hati Dengan Panas Dalam, https://www.liputan6.com/health/read/274019/hati-hati-dengan-panas-dalam, diakses 23 Juni 2020
  • Medical News Today, 15 natural remedies for a sore throat, https://www.medicalnewstoday.com/articles/318631, diakses 23 Juni 2020
  • NDTV, Throat Infection: 6 Brilliant Home Remedies for Throat Infection, https://food.ndtv.com/health/6-brilliant-home-remedies-for-a-throat-infection-1678944, diakses 23 Juni 2020
    register-docotr