Info Sehat

Dijamin Ampuh! Ini Deretan Obat Panas Dalam Alami yang Mudah Dibuat

July 9, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Ketika panas dalam menyerang pastinya membuat tubuh menjadi tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas. Selain dengan obat kimia, sebenarnya ada banyak obat panas dalam alami yang juga bisa kamu coba.

Khasiat dan efektivitasnya juga tak kalah dibandingkan obat berbahan dasar kimia, lho. Berikut ulasan lengkapnya untuk kamu:

Pilihan obat panas dalam alami yang efektif

Berikut ini adalah beberapa obat panas dalam alami yang dipercaya mengatasi masalah di tenggorokan atau rongga mulut, antara lain:

Madu

Madu ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan. Jadi, kalau tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni. 

Kamu bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja. Madu juga bisa jadi solusi bibir kering sampai pecah-pecah. Nah, oleskan madu pada bibir kamu untuk menjaga kelembapan alaminya.

Berkumur air garam

Dengan berkumur air garam dapat membantu mengatasi keluhan panas dalam. Garam membantu mengikat cairan yang terkumpul di tenggorokan. Selain itu, air garam juga dapat membantu membasmi mikroba tak diharapkan di tenggorokan.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan mencampur segelas air hangat dengan 1 sendok teh garam. Berkumurlah selama kurang lebih 30 detik. Cara ini bisa diulang satu jam sekali.

Peppermint

Kamu bisa menggunakan semprotan minyak peppermint encer untuk meredakan sakit tenggorokan. Obat panas dalam alami ini mengandung mentol yang membantu mengencerkan lendir, meredakan sakit tenggorokan dan batuk. 

Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendorong penyembuhan.

Tetapi harus diingat jangan pernah menggunakan minyak peppermint tanpa mencampurkannya dengan minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa. 

Cara menggunakannya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan lima tetes minyak peppermint dengan minyak campuran. Hindari untuk mengonsumsi minyak esensial tanpa campuran minyak lain.

Cabai 

Cabai mengandung capsaicin, senyawa alami yang dikenal untuk memblokir reseptor rasa sakit.

Meskipun sampai saat ini bukti ilmiahnya masih sedikit, namun dipercaya bahwa konsumsi cabai dicampur dengan air hangat dan madu dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. 

Ingat ya, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi cabai jika sakit tenggorokan disertai dengan luka terbuka di mulut. Ini justru bisa menimbulkan sensasi panas di mulut.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu melawan infeksi, mengurangi peradangan, dan menghilangkan rasa sakit. Selain itu, minyak kelapa juga dapat menjadi obat panas dalam alami karena kemampuannya untuk melumasi selaput lendir di tenggorokan.

Tetapi batasi konsumsi minyak kelapa tidak lebih dari 30 ml atau 2 sendok makan per harinya karena dosis tinggi dapat memicu konstipasi. Kamu juga bisa menambahkan minyak kelapa pada teh, cokelat hangat, sup, atau langsung menelan 1 sendok minyak kelapa.

Bagaimana cara mencegah panas dalam?

Agar kamu tidak terserang panas dalam yang membuat tidak nyaman, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya, antara lain:

  • Mencuci tangan dengan rutin untuk mencegah paparan kuman yang menyebabkan sakit tenggorokan
  • Usahakan agar daya tahan tubuh dengan asupan gizi yang baik, tidur cukup, dan rutin berolahraga
  • Hindari makanan-makanan yang sulit ditelan, konsumsi sup atau makanan lunak sampai sakit di tenggorokan hilang
  • Sebaiknya hindari makananan bersantan, pedas, dan minuman berkafein
  • Mengonsumsi banyak cairan agar tubuh kamu tetap terdehidrasi dan membuat tenggorokan kamu tidak kering
  • Menghindari paparan asap kendaraan dan bermotor dengan menggunakan masker

Pada dasarnya panas dalam dapat dihindari jika kamu menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Jika kamu sudah merasakan gejala-gejala panas dalam, jangan terburu-buru untuk mengonsumsi obat-obatan.

Sebaiknya usahakan terlebih dahulu untuk mengonsumsi obat-obat alami yang telah dijelaskan di atas. Selain lebih sehat, kamu juga sangat mudah menemukan berbagai bahan tersebut di sekitar rumah kamu.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
register-docotr