Info Sehat

Pilihan Obat Nyeri Sendi: Baik yang Tersedia di Apotek maupun Alami

November 22, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Nyeri sendi adalah kondisi yang bisa menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman, atau bahkan peradangan di persendian tubuh manapun. Ketika ini terjadi, tak jarang dapat mengganggu aktivitasmu. Tak perlu khawatir, karena ada berbagai obat nyeri sendi yang bisa kamu gunakan.

Tujuan pengobatan nyeri sendi adalah untuk mengurangi rasa sakit, peradangan, serta menjaga fungsi sendi. Nah, beberapa pilihan obat nyeri sendi baik yang diperoleh di apotek maupun alami di bawah ini dapat digunakan untuk membantu mengatasi kondisi tersebut.   

Baca juga: Nyeri Sendi Intens dan Muncul Benjolan di Kaki, Bisa Jadi Gejala Asam Urat!

Obat nyeri sendi di apotek

Nyeri sendi bisa bersifat ringan, yang hanya menyebabkan nyeri setelah melakukan aktivitas tertentu. Tetapi, nyeri sendi juga bisa berlangsung parah dan terasa sangat menyakitkan, yang dapat membuat gerakan menjadi terbatas, terutama ketika menahan beban.

Nyeri sendi dapat disebabkan oleh beragam faktor, biasanya akibat cedera atau arthritis. Namun, di samping itu semua, ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan nyeri sendi.

Oleh karenanya, jika kamu mengalami kondisi ini tetapi tidak mengetahui apa penyebabnya, sangat disarankan untuk berkonsultasi pada dokter.

Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan obat nyeri sendi yang bisa diperoleh di apotek:

Obat oral

Ada beberapa pilihan obat nyeri sendi yang dapat diminum untuk mengatasi kondisi ini, seperti:

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang diresepkan atau dijual bebas

Terdapat beberapa jenis obat yang termasuk ke dalam golongan NSAID, baik yang diresepkan atau yang dijual bebas yang biasanya digunakan untuk mengatasi nyeri sendi ini termasuk:

  • Ibuprofen
  • Naproxen
  • Aspirin
  • Diclofenac
  • Celecoxib

Perlu kamu ketahui bahwa NSAID memiliki efek samping, seperti dapat berpotensi meningkatkan pendarahan gastrointestinal. Bahkan, mengonsumsi ibuprofen dalam jangka waktu yang lama tidak disarankan akibat risiko sakit maag.

Aspirin dapat mengencerkan darah, sehingga penggunaan obat ini harus sangat berhati-hati, terutama jika kamu juga mengonsumsi obat pengencer darah lainnya.

Maka dari itu, untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan, sebaiknya konsumsilah obat-obatan ini dengan resep dokter, ya.

Acetaminophen

Jika kamu memiliki rasa sakit yang ringan tanpa disertai dengan pembengkakan, acetaminophen adalah obat yang efektif.

Namun, kamu harus berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini. Jika acetaminophen dikonsumsi dengan dosis tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan hati.

Obat opioid

Jika kamu mengalami rasa sakit yang parah, sehingga obat golongan NSAID dan Cox-2 (celecoxib) tidak cukup efektif, dokter mungkin saja akan meresepkan obat opioid yang lebih kuat.

Perlu kamu ketahui bahwa, obat opioid dapat menyebabkan penurunan kesadaran serta kecanduan. Oleh karenanya, obat ini harus digunakan dengan sangat berhati-hati di bawah pengawasan dokter.

Obat topikal

Beberapa obat topikal yang digunakan dengan cara dioleskan untuk pemakaian luar juga dapat membantu untuk megobati kondisi ini. Kamu dapat menggunakan obat oles yang mengandung bahan-bahan berikut:

  • Natrium diklofenak
  • Capsaicin
  • Salisilat
  • Lidocaine
  • Menthol

Baca juga: Mengenal Natrium Diklofenak, Apa Saja Manfaat, Dosis & Efek Samping Obat Pereda Nyeri Sendi Ini?

Obat nyeri sendi alami

Selain obat yang dapat diperoleh di apotek ataupun yang diresepkan oleh dokter, kamu juga dapat menggunakan obat nyeri sendi alami untuk mengatasi kondisi ini.

Beberapa bahan-bahan alami memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala rheumatoid arthritis atau osteoarthritis yang dapat menyebabkan nyeri sendi.

Meskipun demikian, ada baiknya sebelum menggunakan obat alami ini, konsultasilanlah terlebih dahulu pada dokter, ya.

Nah, untuk mengatasi rasa nyeri akibat dari radang sendi (arthritis), berikut adalah pilihan obat nyeri sendi alami seperti yang telah dirangkum dari Healthline.

1. Lidah buaya

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat. Dikenal karena khasiat penyembuhannya, lidah buaya banyak digunakan untuk penyembuhan luka. Namun, di sisi lain lidah buaya juga dapat membantu meredakan nyeri sendi.

Untuk menggunakannya, pun caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area yang terasa sakit.

2. Jahe

Tak hanya dapat ditambahkan ke dalam masakan untuk menambah rasa pada makanan saja, tetapi jahe juga memiliki manfaat pengobatan, lho.

Jahe biasanya digunakan untuk meredakan mual, tetapi jahe juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada persendian dan otot.

3. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan utama yakni kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Ini dapat membantu untuk meredakan gejala osteoarthritis, rheumatoid arthritis, serta kondisi arthritis lainnya.

Meskipun demikian, masih diperlukan banyak penelitian mengenai keamanan serta efektivitas dari kunyit.

4. Teh hijau

Obat nyeri sendi alami lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi gejala yang tidak nyaman adalah teh hijau. Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh hijau dapat membantu melawan peradangan yang terjadi akibat rheumatoid arthritis atau osteoarthritis.

Demikian informasi tentang pilihan obat nyeri sendi yang bisa kamu gunakan. Jika nyeri tak kunjung sembuh, sebaiknya jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 11 November 2020. Joint Pain Relief: What You Can Do to Feel Better Now 

Healthline (2020). Diakses pada 11 November 2020. 9 Herbs to Fight Arthritis Pain 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 11 November 2020. Joint pain 

NHS (2019). Diakses pada 11 November 2020. Joint pain 

Webmd (2019). Diakses pada 11 November 2020. Joint Pain 

    register-docotr