Info Sehat

Daftar Obat Kolesterol di Apotik yang Bisa Kamu Dapatkan

October 24, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Obat kolesterol tidak boleh dibeli dan diminum sembarangan. Namun, ada sejumlah obat kolesterol di apotik yang bisa kamu dapatkan selama kamu memiliki resep dari dokter.

Selama kamu sudah melakukan konsultasi dengan dokter dan mendapatkan resep, kamu bisa mendapatkan obat kolesterol di apotik sesuai dengan rekomendasi dokter. Apa saja obat kolesterol yang tersedia di apotik? Berikut jenis-jenis obat kolesterol di apotik yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: Pantangan Kolesterol yang Wajib Diketahui, Mulai dari Makanan hingga Gaya Hidup!

Daftar obat kolesterol di apotik, yang bisa didapatkan dengan resep dokter

Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda dan mendapatkan resep yang telah ditentukan berdasar kondisi tersebut. Karena itu tetaplah membeli obat kolesterol di bawah ini sesuai dengan resep dokter yang kamu miliki.

Statin

Statin adalah jenis obat yang memblokir zat yang dibutuhkan hati untuk membuat kolesterol. Selain itu statin juga dapat membantu tubuh menyerap kembali kolesterol dari timbunan yang menumpuk di dinding arteri.

Obat ini tentunya bekerja menurunkan low-density lipoprotein ( LDL) dalam tubuh dan membantu untuk menaikkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Dilansir dari Mayoclinic, statin juga dapat digunakan untuk mengurangi risiko penggumpalan darah tertentu dan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kamu bisa mendapatkan statin sebagai obat kolesterol di apotik dalam beberapa jenis. Jenis yang bisa didapatkan di Indonesia antara lain:

  • Atorvastatin
  • Fluvastatin
  • Rosuvastatin
  • Simvastatin

Niacin

Niacin biasanya akan direkomendasikan untuk pasien yang tidak bisa menggunakan statin. Obat jenis ini berfungsi untuk membatasi kemampuan hati memproduksi kolesterol.

Niacin adalah salah satu obat kolesterol yang bisa kamu dapatkan dengan resep dokter.

Fibrate termasuk obat kolesterol di apotik

Obat jenis ini biasanya akan diberikan jika pasien memiliki kadar trigliserida yang tinggi. Ada dua obat jenis fibrate yang biasa direkomendasikan oleh dokter, yaitu:

  • Fenofibrat
  • Gemfibrozil

Resin

Resin termasuk obat yang bisa kamu dapatkan di apotik dengan resep dokter. Obat ini bekerja dengan cara mendorong hati untuk menggunakan kolesterol membuat lebih banyak asam empedu.

Sehingga mengurangi kelebihan kadar kolesterol dalam darah. Kemudian asam empedu yang dihasilkan akan digunakan dalam proses pencernaan.

Beberapa obat yang termasuk ke dalam jenis resin adalah:

  • Kolestipol
  • Kolestiramin

Ezetimibe

Obat jenis ini bekerja dengan menghambat penyerapan kolesterol. Karena usus kecil menyerap kolesterol dari makanan dan melepaskannya ke aliran darah. Obat ini membantu mengurangi kolesterol darah dengan membatasi penyerapan kolesterol dari makanan.

Obat ini dapat dikonsumsi bersamaan dengan jenis obat statin.

Baca Juga: Benarkah Air Rebusan Daun Salam Manjur Turunkan Kolesterol? Cek Faktanya!

Menurunkan dan mencegah kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi juga dapat dipicu oleh gaya hidup, seperti merokok, berat badan berlebih dan pola makan yang tidak sehat. Karena itu, jika ingin memiliki kadar kolesterol normal atau mencegah tingginya kolesterol, kamu bisa memulai hidup sehat.

Dilansir dari Kemkes.go.id, cara-cara hidup sehat sebagai pencegahan kolesterol tinggi yang bisa kamu lakukan antara lain, berhenti merokok, menerapkan pola makan sehat dan berolahraga agar berat badan seimbang.

Demikian penjelasan obat kolesterol di apotik yang bisa kamu dapatkan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Mayoclinic, diakses 15 Oktober 2020
High cholesterol
Healthline, diakses 15 Oktober 2020
Everything You Need to Know About High Cholesterol
CDC, diakses 15 Oktober 2020
Cholesterol
Kemkes.go.id, diakses 15 Oktober 2020
Pencegahan Kolesterol Tinggi

    register-docotr