Info Sehat

Daftar Obat Herbal Asam Lambung yang Murah dan Mudah Ditemui

October 16, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Asam lambung naik terjadi ketika adanya sekresi asam berlebih di kelenjar lambung perut sehingga menghasilkan gas, bau mulut, sakit perut dan gejala lainnya. Demi menghilangkan gejala-gejala tersebut banyak orang mengonsumsi obat medis dan obat herbal asam lambung.

Obat herbal asam lambung

Namun, perlu kamu ketahui ternyata ada beberapa obat herbal asam lambung yang bisa dengan mudah kamu dapatkan.

Berikut 12 bahan alami atau herbal yang tersedia di dapur atau lemari es yang dapat digunakan untuk menghilangkan gejala asam lambung seperti dilansir dari Food NDTV

1. Daun kemangi

Sifat menenangkan dan karminatif dari daun kemangi dapat memberi bantuan secara instan jika asam lambung naik. Saat muncul gas pertama, makanlah beberapa daun kemangi atau rebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit.

Sering-seringlah menghirupnya. Cara ini adalah salah satu pengobatan herbal terbaik untuk menangani gejala asam lambung naik.

Baca juga: Perbedaan Maag dengan GERD: Ketahui Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

2. Mentega susu

Tahukah kamu bahwa buttermilk dikategorikan sebagai makanan sattvic? Jadi, ketika kamu mengalami asam lambung naik setelah mengonsumsi makanan yang berat atau pedas, sangat disarankan untuk meminum segelas buttermilk

Perlu kamu ketahui bahwa buttermilk mengandung asam laktat yang menetralkan keasaman di lambung. Taburkan sejumput lada hitam atau 1 sendok teh daun ketumbar untuk hasil terbaik.

3. Cengkeh

Selama bertahun-tahun, cengkeh telah menempati posisi penting dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati gangguan pencernaan. Cengkeh bersifat karminatif, sehingga mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan. 

Tambahkan cengkeh saat kamu memasak makanan seperti kacang merah atau garam hitam yang cenderung menyebabkan perut kembung.

Kamu bahkan bisa makan cengkeh dan kapulaga yang dihancurkan (dicampur dalam jumlah yang sama) untuk mengobati asam lambung, dan menghilangkan bau mulut (gejala yang paling sering timbul ketika asam lambung naik).

4. Biji jintan

Biji jintan bekerja sebagai penetral asam yang hebat, membantu pencernaan dan meredakan sakit perut. Hancurkan sedikit biji jintan panggang, aduk ke dalam segelas air atau rendam satu sendok teh biji jintan dalam secangkir air matang dan minum setelah makan.

5. Jahe

Perlu kamu ketahui bahwa jahe ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik.

Demi membantu menetralkan asam lambung, kamu dapat mengunyah seiris jahe segar, atau meminum satu sendok jus jahe dua hingga tiga kali sehari. 

Tak hanya itu saja, cara lain yang cukup mudah dilakukan yaitu jahe segar yang direndam dalam secangkir air mendidih dan diminum.

6. Susu dingin

Bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa, susu dapat membantu menstabilkan naiknya asam lambung lho. Susu dingin kaya akan kalsium, yang mencegah penumpukan asam di lambung.

Kamu hanya perlu melakukan minum segelas susu dingin saat menderita asam lambung.

7. Air kelapa

Saat kamu minum air kelapa, tingkat asam pH tubuh akan berubah menjadi basa. Ini juga membantu menghasilkan lendir di perut, yang melindungi dari efek berbahaya yaitu produksi asam yang berlebihan.

Karena kaya serat, air kelapa membantu pencernaan dan mencegah kambuhnya asam lambung naik.

8. Pisang

Ketika berbicara tentang khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan, pisang sangat penting. Pisang mengandung antasida alami yang dapat bertindak sebagai penyangga terhadap refluks asam.

Ini adalah pengobatan rumahan paling sederhana untuk menghilangkan keasaman. Makan satu pisang setiap hari untuk mencegah deretan gejala saat asam lambung naik.

9. Kayu manis

Bumbu sederhana ini berfungsi sebagai antasid alami untuk keasaman lambung dan dapat menenangkan perut, dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

Minumlah teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi pada saluran cerna. Kayu manis adalah pembangkit nutrisi dan sarat dengan khasiat bermanfaat bagi kesehatan.

Namun, jika gejala asam lambung semakin parah tak ada salahnya untuk periksa ke dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Food.ndtv.com (2020) diakses 11 Oktober 2020. 12 Amazing Home Remedies For Acidity: Easy Tips To Reduce The Pain
  2. Health.harvard.edu (2020) diakses pada 11 Oktober 2020. Herbal remedies for heartburn
  3. Healthline.com (2017) diakses pada 11 Oktober 2020. 14 Ways to Prevent Heartburn and Acid Reflux 
    register-docotr