Info Sehat

Berbagai Obat Cacar Air, Mulai yang Tersedia di Apotek Maupun Alami

November 11, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Obat cacar air bisa didapatkan dengan mudah di apotek di mana penggunaannya tetap harus sesuai petunjuk. Cacar air sendiri merupakan infeksi yang menyebabkan timbulnya ruam gatal dan melepuh serta sangat menular.

Penyakit cacar air biasanya sembuh dalam 5 hingga 10 hari, namun bisa lebih lama tergantung penyebabnya. Nah, untuk mengetahui obat cacar air yang tepat yuk simak penjelasannya lebih lanjut berikut.

Baca juga: Kenapa Konsumsi Makanan Pedas Tidak Diperbolehkan Saat Perut dalam Keadaan Kosong?

Penyebab cacar air secara umum

Dilansir dari Drugs.com, cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster atau VZV yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan hidung setelah kontak dengan penderitanya.

Seseorang dengan cacar air dapat menularkan penyakit pada orang lain dari satu hari sebelum ruam muncul sampai semua lepuh telah menjadi krusta.

Cacar air sangat menular dan mudah menyebar akibat kontak langsung dengan orang yang tidak kebal. Ketika seseorang mengalami infeksi cacar air, maka berarti sudah mempunyai kekebalan seumur hidup sehingga biasanya tidak akan terkena cacar untuk kedua kalinya. 

Virus penyebab cacar air mudah memengaruhi anak-anak, namun tidak jarang juga diderita oleh orang dewasa. Gejalanya muncul dalam 10 hingga 21 hari setelah berhubungan dengan orang yang terkena virus.

Obat cacar air umumnya digunakan untuk gejala ringan, namun bisa juga untuk kasus yang parah seperti menyebar ke hidung, mulut, mata, dan bahkan alat kelamin. Kebanyakan orang sembuh dalam waktu sekitar 2 minggu.

Apa saja obat cacar air yang bisa digunakan?

Pemberian obat harus tepat dan sesuai aturan yang dianjurkan karena infeksi bisa menyebabkan ketidaknyaman meskipun bisa hilang dengan sendirinya.

Sekitar satu dari setiap 100 anak yang terinfeksi cacar air akan mengalami infeksi paru-paru yang parah atau pneumonia, infeksi otak atau ensefalitis, atau masalah pada hati.

Remaja dan orang dewasa yang terkena cacar air juga berisiko tinggi mengalami komplikasi serius. Beberapa obat cacar air yang bisa digunakan untuk meredakan gejala, antara lain sebagai berikut:

Obat cacar air di apotek

Untuk mengatasi gejala penyakit, berikan obat yang telah disetujui dokter. Obat cacar air ini bisa digunakan jika lepuh cacar air pada anak sangat menyakitkan atau memiliki demam cukup tinggi.

Beberapa obat apotek yang bisa digunakan untuk mengobati cacar air, berupa:

Obat antivirus

Cacar air diakibatkan oleh infeksi virus sehingga obat antivirus sangat cocok diberikan. Biasanya, dokter akan meresepkan obat antivirus pada penderita cacar, seperti acylovir. Antivirus ini bekerja dengan cara masuk ke dalam DNA sel virus dan menghambat perkembangannya.

Acetaminophen

Rasa nyeri akibat cacar air pada kulit bisa diredakan dengan menggunakan acetaminophen. Obat ini bahkan bisa membantu meredakan nyeri akibat luka yang berkembang di kulit atau mulut. 

Hindari obat penghilang rasa sakit antiradang, seperti ibuprofen. Jangan pernah memberikan aspirin kepada anak-anak yang berada di bawah usia 16 tahun. Hal ini dikarenakan dapat mengakibatkan komplikasi serius yang disebut dengan sindrom Reye.

Obat cacar air dari bahan alami

Selain menggunakan obat cacar air dari apotek, gejala juga bisa diredakan dengan menggunakan bahan alami. Beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala cacar air, dapat berupa:

Oleskan lotion calamine

Lotion calamine dapat membantu mengurangi rasa gatal karena mengandung seng oksida dengan sifat menenangkan kulit. Oleskan lotion ini dengan menggunakan jari bersih atau kapas pada area kulit yang gatal.

Mandi dengan oatmeal

Cara alami untuk mengatasi gejala cacar air adalah mandi dengan oatmeal karena bisa menghilangkan rasa gatal. Perlu diketahui, mandi tidak akan menyebarkan cacar air dari satu area kulit ke area lainnya.

Meskipun produk rendaman oatmeal dapat dibeli di sebagian besar toko obat, kamu juga bisa membuatnya sendiri. Gunakan satu cangkir oatmeal untuk anak yang lebih besar jika ingin mandi atau ⅓ cangkir untuk bayi dan anak kecil.

Oatmeal yang digunakan bisa berupa oat instan tanpa rasa, slow-cooked oats, atau quick oats. Oatmeal juga bisa dijadikan sebagai lotion karena memberikan efek menenangkan dan melembabkan pada lebih cacar air yang terasa gatal.

Baca juga: Penyebab Alis Rontok, Bisa Akibat Proses Penuaan hingga Kondisi Genetik Tertentu!

Informasi kesehatan lainnya bisa ditanyakan pada dokter di Good Doctor. Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 3 November 2020. 7 Home Remedies for Chickenpox
  2. Drugs.com (2020), diakses 3 November 2020. Chickenpox (Varicella)
  3. Webmd (2019), diakses 3 November 2020. What’s the Treatment for Chickenpox?
  4. CDC (2018), diakses 3 November 2020. Chickenpox (Varicella)
  5. Medscape (2020), diakses 3 November 2020. Chickenpox Treatment & Management
    register-docotr