Info Sehat

9 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Ditemukan di Dapur, Nomor 7 Paling Mudah!

July 9, 2020 | Putri Prima Soraya
feature image

Mengalami asam urat bisa sangat menyiksa, dan mengganggu mobilitas kita. Ketika asam urat mendera, selain mengatasinya dengan obat dokter, ada beberapa obat asam urat alami yang bisa kamu gunakan loh.

Obat alami ini berasal dari tumbuhan, buah-buahan, dan juga bahan masakan yang umum kamu gunakan. Untuk lebih jelasnya, apa saja obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi asam urat, mari simak artikel ini hingga akhir, ya!

Baca Juga: Tahi Lalat Berbentuk Tidak Normal? Waspadai Pertanda Kanker

Apa itu asam urat

Asam urat terjadi ketika ada tumpukan limbah akibat gagalnya proses penguraian zat purin. Pada akhirnya membentuk kristal asam urat berukuran mikro yang menumpuk di ginjal dan peradangan pada persendian yang menimbulkan nyeri.

Ini umum terjadi pada bagian jempol kaki, tetapi juga dapat memengaruhi pergelangan kaki, lutut, tangan, dan pergelangan tangan. Sendi yang terkena akan menjadi bengkak, merah, lunak saat disentuh dan hangat. Biasanya asam urat ini akan berlangsung sampai sepuluh hari.

Ketika kamu terkena atau memiliki asam urat, ada beberapa makanan yang harus kamu hindari, seperti:

  • Kerang
  • Daging merah
  • Jeroan
  • Minuman manis
  • Alkohol
  • Makanan yang tinggi kandungan ragi (marmite, bovril dan vegemite).

Makanan-makanan tersebut mengandung kadar purin yang tinggi.

Obat asam urat alami

Asam urat bisa disembuhkan dengan obat-obatan dari dokter, tapi tidak ada salahnya kamu mencoba beberapa obat asam urat alami yang lebih aman dari efek samping bahan kimia. Obat alami ini juga mudah kamu buat sendiri di rumah, seperti: 

1. Buah ceri

Menurut sebuah survei yang dilakukan pada 2016, ceri baik itu asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah adalah obat asam urat rumahan yang efektif pada banyak orang.

Sebuah penelitian lainnya pada 2012 juga menemukan bahwa ceri dapat bekerja untuk mencegah serangan asam urat

Penelitian ini juga merekomendasikan kamu untuk mengonsumsi tiga porsi ceri selama dua hari untuk hasil yang efektif. 

2. Jahe merupakan obat asam urat alami

Jahe sangat efektif untuk mengobati berbagai jenis peradangan. Satu studi menemukan jahe topikal mengurangi rasa sakit yang terkait dengan asam urat.

Untuk menggunakan jahe dalam mengobati asam urat, caranya dengan membuat kompres air jahe. Pertama kamu harus memarut jahe yang segar, lalu campurkan dengan air panas. Setelah itu, rendam handuk ke dalam air jahe tadi, tunggu hingga air berubah menjadi dingin. 

Saat sudah tidak terlalu panas, kompres bagian yang sakit selama kurang lebih 15 sampai 30 menit. Lakukanlah sehari sekali. Atau cara lainnya adalah dengan membuat teh jahe dengan mencampurkan air hangat dan 2 sendok teh jahe, yang bisa kamu nikmati 3 gelas sehari.

3. Minyak esensial

Beberapa minyak esensial memiliki sifat antiinflamasi dan dapat menghilangkan rasa sakit dari peradangan. Ada beberapa minyak esensial yang bisa kamu gunakan untuk mengobati asam urat, seperti serai, kayu putih, kemenyan dan jahe dianggap membantu.

Tapi, jangan menggunakan minyak esensial ini secara langsung pada bagian yang sakit, kamu harus mencampurkannya dengan air.

4. Air hangat dengan cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit

Ramuan satu ini telah dipercaya selama bertahun-tahun bisa mengurangi sakit asam urat. Biasanya, orang-orang membuatnya menjadi jus. Caranya, campurkan perasan lemon ke dalam air hangat, tambahkan dengan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel.

Kamu bisa menyesuaikannya sesuai selera. Minumlah dua hingga tiga kali sehari. 

5. Teh jelatang

Teh jelatang (Urtica dioica) adalah obat herbal untuk asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Untuk mencoba teh ini, sebagai obat asam urat alami, kamu cukup merebus 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering dengan air dan minumlah 3 gelas per hari.  

6. Bunga dandelion

Dandelion baik dalam bentuk teh, ekstrak, dan suplemen bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan hati dan ginjal.

Sebuah penelitian pada 2013 menunjukkan, dandelion menurunkan kadar asam urat pada mereka yang berisiko mengalami cedera ginjal. Tapi penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. 

7. Air mineral merupakan obat asam urat alami

Ketika badan kamu kekurangan air, kadar asam urat dalam tubuh akan otomatis naik lebih tinggi lagi. Untuk itu, penting menjaga tubuh tetap terhidrasi agar menjaga asam urat tetap normal.

Baca Juga: Moms,Yuk Intip Perkembangan Janin 8 Bulan Dalam Kandungan

8. Kembang sepatu

Kembang sepatu adalah salah satu tanaman yang telah lama dijadikan obat tradisional untuk mengobati asam urat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat.

Baca Juga: Wajib Dicatat! Ini Makanan Sumber Vitamin C Baik untuk Puasa

9. Obat asam urat alami yakni buah berry

Buah berry terutama yang kulitnya berwarna gelap kaya anthocyanin, senyawa antioksidan kuat.

Anthocyanin dapat membenahi kerusakan yang diakibatkan radikal bebas dalam sel, termasuk sel-sel ginjal yang rusak. Pada saat yang sama, anthocyanin juga bertindak sebagai antiinflamasi yang kuat yang mampu meredakan rasa sakit dan pembengkakan sendi.

Selain dengan beberapa obat alami di atas, untuk mengobati dan mengurangi risiko asam urat, cobalah untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Rutin berolahraga dan istirahat yang cukup untuk menghindari gejala yang memburuk.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 20/06/20. Natural Home Remedies for Gout

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 20/06/20. Gout

Holland & Barrett (2020). Diakses pada 20/06/20. Natural treatments for gout

Web MD (2019). Diakses pada 20/06/20. How to Treat Gout Attacks at Home

The Gout Killer (n.d). Diakses pada 20/06/20. Berries and Gout

 

    register-docotr