Info Sehat

Muncul Benjolan di Ketiak Tiba-tiba? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

September 13, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Benjolan yang muncul di ketiak umumnya terjadi ketika salah satu kelenjar getah bening di bawah ketiak membesar. Dalam beberapa kasus, kamu harus mencari pertolongan medis supaya kondisi ini tidak bertambah parah.

Kelenjar getah bening merupakan struktur yang berbentuk oval dan berukuran kecil dan tersebar di seluruh sistem limfatik tubuh. Kelenjar ini memegang peranan penting dalam sistem imun kamu.

Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak ini bervariasi, ada yang berukuran kecil, namun ada juga yang terasa sangat mengganggu. Yuk, simak penyebab dan fakta lainnya seputar benjolan di ketiak ini.

Faktor-faktor penyebab munculnya benjolan di ketiak

Benjolan yang muncul ini tidak berbahaya dan biasanya terjadi karena pertumbuhan jaringan yang tidak normal. Meskipun demikian, benjolan di ketiak ini bisa juga terjadi karena adanya masalah kesehatan yang serius.

Kamu harus mencari pertolongan medis jika benjolan tersebut perlahan membesar, menimbulkan rasa sakit atau tidak kunjung hilang.

Beberapa penyebab benjolan di ketiak ini adalah:

  • Infeksi bakteri atau virus
  • Lipoma atau pertumbuhan jaringan lemak yang tidak berbahaya (tumor jinak)
  • Fibroadenoma atau pertumbuhan jaringan non kanker
  • Hidradenitis suppurativa
  • Reaksi alergi
  • Reaksi tidak cocok terhadap suatu vaksin
  • Infeksi jamur
  • Kanker payudara
  • Limfoma atau kanker di sistem limfatik
  • Leukemia atau kanker darah
  • Penyakit lupus yang merupakan penyakit autoimun yang mengincar sendi dan organ tertentu di tubuh

Gejala dan tanda benjolan di ketiak

Gejala yang paling terlihat adalah kemunculan benjolan itu sendiri. Tekstur dari benjolan ini bervariasi, tergantung dari apa penyebabnya, jika disebabkan kista, infeksi atau pertumbuhan lemak, maka dia akan terasa empuk saat disentuh.

Jika disebabkan fibroadenoma dan tumor kanker, dia akan terasa keras dan kokoh. Beberapa orang bisa merasakan sakit karena benjolan ini, dan rasa sakit biasanya dikaitkan dengan infeksi dan reaksi alergi.

Jika karena infeksi, maka gejala benjolan di ketiak ini adalah:

  • Pembengkakan di sepanjang kelenjar getah bening di tubuh
  • Demam
  • Berkeringat di malam hari

Tanda benjolan di ketiak sebagai penyakit serius

Ketika benjolan malah makin bertambah besar atau tidak kunjung hilang, bisa jadi ini adalah gejala dari suatu penyakit serius, di antaranya seperti:

Kanker payudara

Benjol di ketiak bisa jadi merupakan tanda dari kanker payudara. Karena bisa jadi sel kanker sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening di wilayah ini.

Timbulnya benjolan di ketiak ini bahkan bisa terjadi sebelum kamu merasakan benjolan di payudara. Jadi ketika kamu merasakan gejala ini, lebih baik segera periksakan ke dokter, ya!

Limfoma 

Dilansir lymphoma-action.org.uk, limfoma ini merupakan tipe kanker kelima yang paling sering terjadi di UK. Kanker ini dapat terjadi pada semua umur, bahkan anak-anak.

Salah satu gejala dari penyakit ini adalah pembengkakan di kelenjar getah bening di ketiak, leher bahkan selangkangan.

Leukemia

Leukemia merupakan kanker yang terbentuk di jaringan pembentuk darah. Karakteristik dari penyakit ini adalah pertumbuhan yang tidak terkontrol dari sel darah, biasanya menyerang sel darah putih di sumsum tulang.

Salah satu gejala dari leukemia adalah pembengkakan kelenjar getah bening yang terlihat di ketiak, leher atau selangkangan. Hal ini terjadi ketika leukemia sudah menyebar ke kelenjar getah bening di area tersebut.

Benarkah wanita harus lebih lebih waspada terhadap benjolan di ketiak?

Meskipun benjol di ketiak ini bisa terjadi pada semua orang baik wanita maupun pria, tapi kaum wanita disebut-sebut harus lebih waspada karena bisa saja benjolan yang timbul merupakan indikasi adanya kanker payudara.

Oleh karena itu, wanita harus lebih sering melakukan pemeriksaan payudara mereka secara mandiri dan pergi ke dokter untuk pemeriksaan rutin. Kalau kamu merasakan ada benjolan yang timbul, segera pergi ke dokter dan periksakan diri.

Cara mengatasi benjolan di ketiak

Banyak benjolan yang terjadi di ketiak tidak membutuhkan penanganan khusus. Kalau kamu pergi ke dokter, biasanya benjol ini akan dipantau dan kamu diminta untuk melaporkan setiap perkembangan yang terjadi.

Jika kamu dianggap tidak membutuhkan perawatan formal, dokter biasanya akan merekomendasikan perawatan di rumah. Di antaranya dengan menggunakan:

  • Kompres hangat atau heat pack
  • Krim yang bisa dibeli di apotek
  • Obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen

Jika bengkak ini disebabkan oleh alergi, maka ini akan hilang saat kamu tidak terpapar oleh alergen. Namun apabila benjolan ini disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dokter akan meresepkan antibiotik. 

Prosedur sederhana bisa saja dibutuhkan untuk mengangkat benjolan yang disebabkan oleh lemak atau kista. Prosedur pengangkatan ini biasanya singkat dan memiliki risiko yang minim.

Ketika benjolan muncul akibat kanker, maka dokter akan mengatasi benjolan ini dengan perawatan yang sesuai. Perawatan ini sama seperti perawatan kanker pada umumnya, yaitu dengan radiasi, operasi dan kemoterapi.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu di aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan membantu dengan layanan 24/7.

Reference
  1. Healthline.com (2015) diakses 11 September 2020. Armpit lump
  2. Medicalnewstoday (2020) diakses 11 September 2020. Armpit lumps: What you need to know
  3. Cancercenter.com, diakses 11 September 2020. About leukemia
  4. Cancer.org (2019) diakses 11 September 2020. Breast Cancer Symptoms: What You Need to Know
  5. Lymphoma-action.org.uk, diakses 11 September 2020. What is Lymphoma?
    register-docotr