Info Sehat

Jangan Panik Dulu, Ini Cara Menolong Orang Tenggelam yang Perlu Kamu Lakukan!

October 31, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Menolong orang tenggelam tidak boleh sembarangan, dibutuhkan pelatihan khusus akan hal ini. Jika kamu belum pernah menjalani pelatihan khusus, maka pertolongan baru bisa kamu berikan setelah korban dikeluarkan dari air.

Setelah korban tenggelam dikeluarkan dari air, maka kamu bisa melakukan pertolongan dasar seperti melepas pakaiannya yang basah lalu selimuti korban dengan handuk kering. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Bahaya dan Pertolongan Pertama Menangani Tersambar Petir

Cara menolong orang tenggelam

Cara untuk menolong orang yang baru saja diselamatkan setelah tenggelam adalah sebagai berikut:

Periksa napas korban

Langkah pertama dalam menolong orang yang diselamatkan setelah tenggelam adalah memeriksa napas korban. Dekatkan telinga kamu ke mulut atau hidung korban dan periksalah apakah masih ada napas yang dihembuskan oleh korban.

Selain hidung dan mulut, kamu juga bisa melihat bahwa korban masih benapas dari gerakan dada mereka. Apabila masih ada gerakan naik dan turun, bisa dipastikan kalau korban masih bernapas.

Cek denyut nadi

Selanjutnya, jika korban tidak menunjukkan napas lewat hidung, mulut atau gerakan dada, cobalah kamu periksa denyut nadi korban.

Caranya, letakkan jari telunjuk dan jari tengah di leher di samping batang tenggorokan. Atau kamu juga bisa memeriksa denyut nadi korban dengan meletakkan kedua jari tersebut di lingkar lengan.

Periksa denyut nadi selama 10 detik untuk memastikan bahwa korban masih hidup.

Lakukan CPR

Jika setelah kamu memeriksa denyut nadi tapi hasilnya nihil, langkah selanjutnya untuk menolong orang tenggelam adalah melakukan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation). Prosedur ini adalah langkah darurat yang dilakukan jika jantung seseorang berhenti berdetak.

CPR bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Jika korban adalah orang dewasa atau anak-anak, letakkan pangkal salah satu telapak tangan di dada, di antara kedua puting
  • Tekan tangan tersebut dengan tangan lainnya setidaknya hingga 5 cm. Pastikan kamu tidak menekan bagian rusuk
  • Untuk bayi, letakkan dua jari di tulang dada mereka, tekan hingga 3 atau 2 cm
  • Rasakan gerakan dada korban yang naik setelah ditekan
  • Periksa apakah korban sudah mulai bernapas.

Sementara untuk tenaga profesional, selain memberikan tekanan CPR, juga diberikan napas dari mulut dengan rasio 30:2 dari tekanan hingga pemberian napas. Cara memberikan napas buatan adalah sebagai berikut:

  • Miringkan bagian belakang kepala dan angkat dagu
  • Cubit hidung korban untuk menutup udara keluar dari sana. Ambil napas normal lalu tutup mulut korban dengan mulut kamu untuk memastikan udara langsung masuk ke saluran pernapasan korban tanpa ada celah dari mulut.
  • Berikan dua kali napas buatan sambil kamu melihat kalau dada korban terangkat yang menandakan bahwa udara masuk ke sana.
  • Berikan dua napas lalu berikan 3 tekanan di dada dengan tangan
  • Lakukan langkah tersebut hingga korban bernapas dan tenaga profesional datang menangani.

Langkah selanjutnya setelah pasien sadar

Jika pertolongan pertama yang kamu lakukan direspons oleh korban. Seperti misalnya dia batuk, membuka mata, berbicara atau mulai bernapas dengan normal, maka tempatkan korban dalam kondisi yang nyaman.

Kemungkinan kamu juga perlu memberikan penanganan tambahan jika korban mengalami hipotermia. Maka dari itu, pastikan korban masih diselimuti handuk atau menggunakan pakaian yang kering untuk mencegahnya terkena hipotermia.

Tetap awasi korban hingga pertolongan profesional datang. Waspadalah dan bersiap untuk melakukan CPR lagi jika memang diperlukan. 

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama saat Mendapati Orang Pingsan

Tips lain menolong orang tenggelam

Setiap orang yang nyaris tenggelam membutuhkan perawatan medis. Karena air yang masuk ke paru-paru walaupun sedikit jumlahnya dapat menyebabkan paru-paru penuh air nantinya, kondisi berbahaya ini disebut ‘dry drowning’, karena itu awasi mereka yang tersedak saat berenang.

Jika orang yang nyaris tenggelam itu berada di perairan yang tidak ada saksi atau orang lain, maka kamu harus mengasumsikan bahwa korban jua mengalami cedera di leher. Sehingga penanganannya pun harus lebih hati-hati.

Demikianlah berbagai cara menolong orang tenggelam yang perlu kamu ketahui. Pastikan kamu selalu berenang di tempat yang dijaga lifeguard, ya!

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. VeryWellHealth, diakses 22 Oktober 2020. How to Rescue a Drowning Person
  2. WebMD, diakses 22 Oktober 2020. Drowning Treatment
  3. MayoClinic, diakses 22 Oktober 2020. What’s a normal resting heart rate?
  4. American Heart Association, diakses 22 Oktober 2020. What is CPR?
  5. St John Ambulance, diakses 22 Oktober 2020. Drowning adult
    register-docotr