Info Sehat

Yuk, Cari Tahu Cara Mengobati Mata Ikan di Kaki yang Benar

June 1, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Penyakit mata ikan bisa muncul di beberapa bagian anggota tubuh, termasuk di kaki. Mata ikan sebenarnya tak berbahaya, tetapi bisa mengganggu kenyamanan kamu saat berjalan. Lalu bagaimana mengobati mata ikan di kaki?

Penyakit mata ikan ini adalah gangguan pada kulit berupa penebalan kulit pada area tubuh yang banyak mendapat tekanan, salah satunya kaki. Mata ikan terlihat seperti kapalan. Namun, seringkali terasa sakit dan bentuknya biasanya lebih kecil dari kapalan. 

Meski tak membahayakan, tetapi beberapa orang memilih cara cepat untuk mengobati mata ikan di kaki. Caranya dengan memotong atau menghilangkan sendiri bagian kulit yang tebal secara berlebihan.

Hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan sendiri, karena berisiko infeksi dan justru akan membuatnya terasa lebih sakit. Lalu sebaiknya bagaimana cara mengobati mata ikan di kaki? Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara mengobati mata ikan di kaki

Mengobati mata ikan tanpa ke dokter

Karena bukan gangguan kesehatan yang membahayakan, kamu bisa mengobati mata ikan di kaki dengan beberapa cara sederhana. Beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk mengobati mata ikan di kaki antara lain:

  • Membeli obat mata ikan di apotek

Beberapa obat mata ikan bisa didapatkan di apotek tanpa menggunakan resep. Obat mata ikan umumnya mengandung asam salisilat. Asam salisilat digunakan untuk membantu melembutkan kulit mati, sehingga mudah dihilangkan. 

Namun, sebagai catatan, kamu harus hati-hati saat menggunakan obat yang mengandung asam salisilat. Karena asam salisilat dapat mengiritasi bagian kulit yang sehat. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk penderita diabetes.

  • Menggunakan krim pelembap

Menggunakan krim pelembap kulit juga dapat membantu melembutkan kulit dan membuat mata ikan mudah dihilangkan. 

Atau menggunakan krim yang mengandung urea. Biasanya akan lebih ampuh. Namun, sebaiknya gunakan krim yang mengandung urea di bawah pengawasan dokter. 

  • Gunakan batu apung

Batu apung adalah batu vulkanik berpori yang bisa digunakan untuk menghilangkan kulit mati di sekitar mata ikan. Berkurangnya bagian kulit mati akan berpengaruh pada berkurangnya rasa sakit pada mata ikan. 

Cara menggunakan batu apung untuk mengobati mata ikan di kaki cukup mudah. Sebelumnya kamu perlu merendam kaki dalam air hangat sekitar 5 menit. Kemudian gosokkan batu pada bagian kulit yang mengalami mata ikan. 

Jangan terlalu keras menggosok kulit karena dapat melukai kulit dan mengakibatkan infeksi. 

Pengobatan mata ikan dengan tindakan medis

Jika kondisi mata ikan semakin lama semakin menyakitkan, bengkak atau bernanah, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan perawatan medis. Biasanya dokter akan melakukan beberapa jenis perawatan seperti:

  • Tindakan penipisan kulit

Dokter mungkin akan membuang bagian kulit mati di sekeliling mata ikan. Setelahnya dokter akan menutup mata ikan dengan plester yang mengandung asam salisilat. Pasien perlu mengganti plester tersebut secara berkala.

Jika terjadi infeksi atau ada risiko infeksi, dokter akan meresepkan antibiotik pada pasien. Bengkak dan juga merah di bagian mata ikan adalah gejala terjadinya infeksi.

  • Menggunakan bantalan kaki

Dokter akan memeriksa bagian kaki untuk mengetahui penyebab mata ikan. Jika salah satu penyebabnya adalah kelainan bentuk kaki, selain melakukan tindakan penipisan kulit, dokter juga akan menganjurkan penggunaan orthotik.

Orthotik adalah bantalan khusus yang digunakan untuk memperbaiki kondisi dan postur kaki. Dalam hal ini, orthotik digunakan untuk mengurangi tekanan di bagian tertentu, agar kaki terbebas dari mata ikan. 

  • Operasi

Mengobati mata ikan di kaki dengan operasi terbilang jarang dilakukan. Tapi dokter akan menyarankannya jika dokter menemukan adanya gesekan atau tekanan tulang yang menyebabkan timbulnya mata ikan. 

Jika dibiarkan, tekanan tulang tersebut akan terus-terusan menimbulkan mata ikan. Karena itu, dokter akan melakukan operasi untuk memperbaiki posisi tulang.

Hal yang perlu diperhatikan

Meski telah diobati, dalam beberapa kasus mata ikan bisa saja muncul kembali. Itu sebabnya, kamu perlu melakukan berbagai pencegahan agar tidak mengalaminya lagi. Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan:

  • Gunakan sepatu serta kaus yang sesuai dengan ukuran dan juga nyaman.
  • Jaga kebersihan kaki dan rajin menggosok bagian kaki untuk menghilangkan kulit mati. Bisa menggunakan batu apung atau sabun dengan scrub.
  • Gunakan krim pelembap di bagian kaki.
  • Gunting kuku secara teratur. Membiarkan kuku kaki panjang, bisa menimbulkan tekanan saat memakai sepatu. Jika dibiarkan dalam waktu lama dapat menyebabkan terjadinya mata ikan.
  • Dengan melakukan pencegahan tersebut, maka akan mengurangi kemungkinan terjadinya mata ikan pada kaki. 

Sebagai catatan tambahan, jika kamu penderita diabetes atau memiliki gangguan kulit lain, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter sebelum mengobati mata ikan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi masalah lain saat pengobatan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 29 Mei 2020 How to Get Rid of Corns at Home
  2. Mayoclinic.org diakses 29 Mei 2020 Corns and calluses 
  3. Webmd.com diakses 29 Mei 2020 Salicylic Acid In Collodion Liquid 
    register-docotr