Info Sehat

Catat! Begini 5 Cara Alami untuk Mengobati Endometriosis

April 27, 2020 | Ajeng Annastasia
feature image

Selain berobat ke dokter, ada beberapa cara alami lain yang bisa kamu lakukan untuk mengobati endometriosis.

Ingin tahu apa saja cara-cara alami yang bisa kamu lakukan? Yuk simak informasi lengkapnya di artikel berikut:

Bagaimana cara mengobati endometriosis?

Yuk mengenal endometriosis lebih jauh untuk mengobatinya secara cepat. Foto: Shutterstock.com

Endometriosis adalah penyakit yang memengaruhi organ reproduksi wanita. Kondisi ini ditandai oleh pertumbuhan jaringan endometrium di luar rahim.

Adanya pertumbuhan jaringan ini memicu terjadinya peradangan, timbul kista, dan berbagai gangguan lain di sekitar jaringan di mana endometrium tersebut bertumbuh.

Wanita dengan endometriosis dapat mengalami beberapa gejala seperti nyeri punggung, kram menstruasi yang parah, dan perdarahan berat selama menstruasi.

Baca juga: Agar Optimal, Ini Nutrisi untuk Anak 12 Bulan yang Penting Diberikan

Cara alami untuk mengobati endometriosis

Ya, selain menggunakan pengobatan rutin dari dokter, kamu juga bisa mengobati endometriosis secara alami dengan bahan-bahan rumahan. Berikut daftarnya:

1. Gunakan minyak jarak

Minyak jarak bisa mengobati endometriosis. Foto: Pexels.com

Castor oil atau minyak jarak merupakan bahan alami yang telah lama digunakan untuk mengobati endometriosis. Minyak jarak dikenal sangat ampuh untuk meredakan gejala kram perut dan membantu tubuh menyingkirkan jaringan berlebih.

Ambil beberapa tetes minyak jarak, lalu oleskan ke perut kamu secara merata. Lakukan pijatan ringan di perut hingga sakit kram yang kamu rasakan mereda.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender untuk membantu mengendurkan otot-otot panggul.

Penting diingat bahwa teknik ini hanya boleh dilakukan sebelum menstruasi, bukan saat kamu sedang menstruasi karena justru dapat memperburuk gejalanya.

2. Minum teh jahe

Selain enak, teh jahe juga baik untuk mengobati endometriosis. Foto: Pexels.com

Meski tidak umum, beberapa wanita dengan endometriosis mengaku juga sering mengalami mual akibat dari kondisi tersebut. Nah, jika kamu merasakan gejala yang sama, minum teh jahe bisa jadi solusi terbaik untuk mengobati mual.

Penelitian telah secara konsisten menunjukkan bahwa jahe adalah bahan alami yang aman dan efektif untuk mengobati mual.

Untuk membuatnya, siapkan 5-10 jahe segar yang tua umbinya. Iris dan cuci bersih jahe, lalu rebus ke dalam 500 ml air hingga mendidih. Tunggu beberapa menit, kemudian angkat dan tuang air jahe ke dalam cangkir yang berisikan teh.

Bila tidak ingin repot, kamu juga bisa menyeduh teh jahe sachet yang dijual di berbagai toko kelontong dan supermarket.   

3. Kunyit

Kunyit bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat alami. Foto: Pexels.com

Kunyit merupakan bahan alami dengan sifat antiinflamasi yang kuat sehingga cocok dikonsumsi untuk mengobati endometriosis. Beberapa penelitian bahkan telah menemukan bahwa kunyit memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan jaringan endometrium.

Supaya bisa mendapatkan manfaat kunyit, kamu bisa mengonsumsi makanan yang telah dicampur dengan kunyit, minum kapsul kunyit, atau teh kunyit untuk membantu mengobati endometriosis.  

Baca juga: Mengenal Diet Mediterania untuk Diabetes, Stop Konsumsi Daging Merah!

4. Perhatikan asupan makanan sehari-hari

Diet sehari-hari juga bantu pengaruhi pengobatan endometriosis. Foto: Shutterstock.com

Pengidap endometriosis wajib memerhatikan asupan makanan mereka. Hal ini karena beberapa makanan dan minuman diketahui dapat memperburuk gejala endometriosis, terutama akibat efek peradangan yagn ditimbulkan.

Beberapa bahan makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari misalnya seperti susu, minuman yang mengandung kafein, makanan tinggi gula rafinasi, dan alkohol. 

Walau efeknya tidak cepat, namun menjauhi makanan dan minuman di atas dipercaya dapat mengurangi gejala endometriosis dalam jangka panjang.

Jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal, disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan dengan sifat anti-inflamasi tinggi seperti sayuran hijau, buah-buahan, brokoli, blueberry, ikan salmon, dan jahe.

5. Membiasakan pola hidup sehat

Terakhir, gejala endometriosis juga dapat dikurangi dengan membiasakan pola hidup sehat. Misalnya, dengan melakukan olahraga secara teratur, mengelola stres, tidur cukup, tidak merokok, dan berhenti konsumsi alkohol.

Reference

1. Healthline (2017) diakses 10 Maret 2020. Home remedies for endometriosis symptoms
2. WebMD (2019) diakses 10 Maret 2020. Unexpected ways to ease endometriosis pain
3. WebMD (2018) diakses 10 Maret 2020. Tips for living with endometriosis
4. NCBI (2016) diakses 10 Maret 2020. The effectiveness of ginger in the prevention of nauses and vomiting during pregnancy and chemotheraphy

    register-docotr