Info Sehat

Mengenal Pijat Injak Punggung: Bahaya dan Teknik Tepat Melakukannya

December 9, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Pijat injak punggung menjadi salah satu cara populer yang biasanya dilakukan untuk menghilangkan rasa pegal. Namun, pijat dengan teknik ini tidak boleh sembarangan karena banyak efek samping dan bahaya yang mungkin terjadi.

Metode pijat satu ini perlu dilakukan oleh ahlinya untuk memberikan efek relaksasi yang diinginkan dan mencegah cedera.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pijat injak punggung yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Scrub dengan Gula atau Garam: Mana yang Lebih Efektif Membersihkan Wajah?

Asal usul pijat injak punggung

Dilansir Very Well Health, pijat injak punggung atau dikenal juga dengan shiatsu merupakan jenis terapi  yang kali pertama dikembangkan di Jepang. Seperti namanya yang berarti tekanan jari, pijat jenis ini melibatkan penerapan tekanan pada titik-titik tertentu pada tubuh.

Pijat injak punggung atau shiatsu bergerak dari satu titik ke titik lainnya dalam urutan ritmis. Meski pijat shiatsu berakar pada pengobatan tradisional Tiongkok, namun sekarang sudah semakin umum dipraktikkan di seluruh dunia.

Penelitian tentang efek kesehatan dari pijat injak punggung cukup terbatas, namun terdapat beberapa bukti bahwa hal tersebut mungkin menawarkan manfaat tertentu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa shiatsu menjanjikan dalam pengobatan kondisi penyebab rasa sakit tertentu.

Manfaat populer pijat injak punggung

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh jurnal Manual Therapy pada tahun 2015, shiatsu diketahui dapat meningkatkan intensitas nyeri dan kualitas hidup penderita fibromyalgia.

Fibromyalgia merupakan penyakit yang ditandai oleh rasa nyeri di sekujur tubuh. Kegunaan shiatsu sendiri bisa membantu mengurangi stres dan melindungi diri dari masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres.

Selain itu, pijat ini juga dikatakan dapat mempercepat penyembuhan dalam kondisi, seperti kegelisahan, radang sendi, sakit punggung, sembelit, sakit kepala, insomnia, serta nyeri leher dan bahu. 

Pijat shiatsu dapat meningkatkan energi, mempercepat pemulihan cedera, dan menstimulasi sistem pencernaan.

Namun, jika ingin menggunakan jenis terapi pijat satu ini maka pastikan untuk berbicara terlebih dahulu untuk mendiskusikan apakah terdapat efek samping yang mungkin didapatkan.

Adakah bahaya akibat pijat injak punggung?

Meski pijat shiatsu umumnya dianggap aman jika dilakukan oleh profesional yang berkualifikasi. Seorang individu yang ingin melakukan pijat injak punggung ini harus berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter sebelum menerima terapi ini.

Beberapa di antara orang-orang mengkhawatirkan adanya efek samping yang cukup berbahaya akibat melakukan pijat injak punggung. Karena itu, orang yang tidak dianjurkan untuk melakukan pijat jenis, yakni:

  • Wanita hamil
  • Pasien yang baru saja menjalani kemoterapi atau radiasi
  • Orang dengan osteoporosis, penyakit jantung, dan pembekuan darah

Selain itu, pijat injak punggung atau shiatsu juga tidak boleh dilakukan langsung di atas memar, kulit yang meradang, luka belum sembuh, tumor, hernia perut, atau area yang baru saja patah.

Shiatsu perlu dihindari segera setelah operasi dan orang dengan penyakit kulit yang menular, ruam, atau luka terbuka.

Teknik shiatsu yang tepat dilakukan

Saat melakukan shiatsu, terapi akan memberikan tekanan dalam dengan menggunakan jari, ibu jari, atau bahkan telapak tangan secara berurutan. Bantalan harus digunakan untuk memberikan tekanan dan setiap titik biasanya ditahan selama 2-8 detik.

Dalam beberapa kasus, titik-titik tekanan yang dirangsang selama shiatsu mungkin terasa lembut namun tidak menyakitkan. Orang sering menggambarkan kelembutan ini sebagai rasa sakit yang baik.

Pijat jenis ini biasanya dilakukan bersama profesional di atas meja pijat rendah atau di atas tikar di lantai. Meskipun urutannya sering serupa dengan terapi pijat lainnya, akan tetapi minyak pijat tidak digunakan.

Baca juga: Cara Membuat Surat Keterangan Sehat di Masa Pandemi COVID-19

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Very Well Health (2020), diakses 7 Desember 2020. What You Can Expect From a Shiatsu Massage
  2. Centrepointmn.com (2012), diakses 7 Desember 2020. The Benefits of Shiatsu Massage
    register-docotr