Info Sehat

Ampuh dan Mudah, Ternyata Begini Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

August 23, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala dan banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Namun perlu kamu tahu bahwa ternyata ada cara untuk mengatasi sakit kepala tanpa obat lho.

Cara mengatasi sakit kepala tanpa obat

Sakit kepala adalah bentuk nyeri yang sangat umum dan bisa menjadi gangguan jika seseorang mengalaminya.

Daripada menggunakan obat penghilang rasa sakit, ada banyak metode alami yang dapat dicoba orang untuk membantu menghilangkan sakit kepala.

Berikut ini beberapa cara mengatasi sakit kepala tanpa obat, seperti dilansir dari Medical News Today:

1. Minum air putih 

Banyak minum air dapat membantu kamu mencegah sakit kepala atau mengurangi rasa sakitnya. 

Perlu kamu ketahui bahwa ketika seseorang mengalami dehidrasi, hal itu bisa menjadi penyebab timbulnya sakit kepala. Tak hanya itu, dehidrasi juga dapat mengubah perasaan, tindakan, atau pemikiran seseorang.

2. Matikan lampu

Beberapa orang yang mengalami sakit kepala bisa jadi disebabkan karena sensitif terhadap cahaya. Lampu kantor yang terang atau bahkan cahaya terang dari smartphone dapat memperburuk gejala sakit kepala tersebut.

Sangat membantu jika kamu beristirahat di ruangan gelap atau remang-remang sambil memulihkan diri dari sakit kepala.

3. Minum teh herbal

Teh herbal bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi sakit kepala. Misalnya, teh jahe dapat membantu meredakan migrain. Bubuk jahe memiliki efek seperti obat umum untuk mengurangi migrain.

Teh air hangat dan bubuk jahe sederhana dapat membantu meredakan gejala sakit kepala tersebut.

Sementara, teh lain yang bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala yakni peppermint, kamomil, dan lavender.

4. Berolahraga

Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mengurangi munculnya sakit kepala.

Penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam Jurnal Children mencatat bahwa terlalu sedikit olahraga sebenarnya dapat mempengaruhi sakit kepala di kalangan remaja. 

Olahraga teratur dapat membantu mengurangi sakit kepala, seperti jalan cepat atau bersepeda selama 30 menit sehari.

5. Kontrol makanan yang dikonsumsi

Sebagian orang yang memiliki alergi terhadap makanan, juga bisa menjadi penyebab gejala sakit kepala.

Jika sakit kepala seringkali muncul setelah kamu mengonsumsi sesuatu, sebaiknya perlu mencatat apa saja yang dikonsumsi setiap harinya. 

Cara seperti ini memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi dan menghindari makanan apa pun yang dapat memicu sakit kepala.

6. Cukup tidur 

Pada umumnya sakit kepala juga bisa disebabkan karena kurangnya jam istirahat atau tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur atau bahkan tidak tidur dengan nyenyak dapat mempengaruhi sakit kepala pada beberapa orang. Hal itu dikarenakan tubuh belum beristirahat secara baik. 

Melansir penjelasan dari laman Medical News Today, orang dewasa membutuhkan waktu untuk tidur antara 7 dan 9 jam setiap malam.

Baca juga: Ampuh Redakan Sakit Kepala, Lakukan Pijat di 5 Titik Bagian Tubuh Ini

7. Melakukan pijatan 

Memijat di titik-titik tertentu pada bagian kepala yang sakit juga dapat membantu meredakan ketegangan di kepala dan mengurangi sakit kepala. 

Banyak orang melakukan ini secara naluriah, seperti mengusap bagian belakang leher atau mencubit bagian atas hidung saat merasa stres.

Memijat pelipis, rahang, atau leher dapat membantu meredakan ketegangan dan mengurangi sakit kepala tegang akibat terlalu stres.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd.com (2020) diakses 17 Agustus 2020. 10 Ways to Get Rid of a Headache
  2. Medicalnewstoday.com (2018) diakses 17 Agustus 2020. 19 natural remedies for a headache
  3. Ncbi.nlm.nih.gov (2018) diakses 17 Agustus 2020. Pediatric Headache Clinic Model: Implementation of Integrative Therapies in Practice
  4. Scientificamerican.com (2015) diakses 17 Agustus 2020. How to Treat a Headache without Drugs 
    register-docotr