Info Sehat

Wajib Tahu! Ini 8 Cara Mengatasi Luka Bakar Knalpot yang Bisa Kamu Lakukan

June 19, 2020 | Muhammad Hanif S.
feature image

Luka bakar bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah terkena knalpot kendaraan. Rasa sakit dan perih hampir pasti muncul sesaat kemudian. Kamu perlu mengatasi luka bakar knalpot sesegera mungkin, jika tidak kondisinya akan semakin memburuk.

Penanganan medis mungkin akan sangat membantu. Tapi, kamu juga perlu mengetahui pertolongan pertama yang dapat dilakukan. Sehingga, risiko bertambah parahnya luka bisa diminimalkan.

Cara mengatasi luka bakar knalpot

Gejala paling umum dari luka bakar knalpot adalah munculnya ruam kemerahan pada kulit. Pada tingkatan yang lebih parah, tak jarang kulit juga melepuh. Kamu bisa melakukan hal-hal berikut sesaat setelah muncul luka tersebut.

1. Berikan air mengalir

Hal pertama yang harus dilakukan sesaat setelah muncul luka bakar knalpot adalah mengalirkan air pada area kulit terdampak. Gunakan air bersuhu normal, bukan panas maupun dingin.

Jika memungkinkan, letakkan kulit di bawah selang atau pemancar air. Biarkan air mengalir di atas luka selama 20 menit. Ini akan mengurangi efek rasa sakit yang muncul. Setelah itu, bersihkan area luka menggunakan sabun atau antiseptik, lalu bilas.

2. Kompres luka bakar

mengatasi luka bakar knalpot dengan kompres
Kompres luka bakar. Sumber foto: www.medicalnewstoday.com

Jika tak ada air mengalir, kamu bisa mengompresnya dengan kain basah. Gunakan air bersuhu normal, bukan panas maupun dingin. Lakukan langkah ini selama 15 menit, atau hingga rasa sakit mereda.

Kamu juga bisa melakukan cara ini meski sebelumnya telah mengalirkan air pada kulit yang terdapat luka. Kompresan bisa mencegah terjadinya pembengkakan. Yang perlu diperhatikan, jangan memberi tekanan pada luka saat meletakkan kain pada permukaan kulit.

Baca juga: Jenis-jenis Luka Bakar dan Cara Perawatannya yang Tepat

3. Hindarkan luka bakar dari paparan matahari

Hal yang tak kalah penting untuk mengatasi luka bakar knalpot adalah menghindarkan kulit dari paparan sinar matahari. Kulit yang terdapat luka menjadi sangat sensitif terhadap panas, karena ada peradangan yang sedang terjadi.

Jika luka tersebut terkena paparan sinar matahari secara langsung, bukan tidak mungkin rasa perih justru bertambah menyakitkan. Jika terpaksa berada di luar ruangan, gunakan pakaian panjang atau kain untuk menutupinya.

4. Mengatasi luka bakar knalpot dengan salep

Salah satu cara mengatasi masalah pada kulit adalah menggunakan obat topikal atau obat luar. Mengutip Healthline, salep atau krim yang bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar di antaranya adalah basitrasin, neosporin, dan sulfadizain.

Obat-obatan topikal tersebut bekerja dengan menghambat pertumbuhan bakteri yang bisa memicu infeksi lanjutan pada luka. Oleskan tipis pada kulit, dan ulangi beberapa kali sampai kondisi membaik.

Penggunaan krim juga dapat menghilangkan lepuhan dan menutup kembali kulit yang terbuka.

5. Mengatasi luka bakar knalpot dengan madu

Selain rasanya yang manis, madu juga efektif untuk penyembuhan luka bakar knalpot. Ini tak lepas dari sifat anti-inflamasi yang ada padanya. Saat kulit mengalami luka bakar, itu artinya sedang terjadi peradangan.

Selain bisa meredakan peradangan, madu juga berfungsi sebagai anti-bakteri. Artinya, kandungan di dalamnya bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat memperburuk keadaan.

Ketika ada peradangan, bakteri dan kuman sangat rentan untuk berkembang di area tersebut. Tak heran, pengobatan yang keliru justru akan membuat luka semakin membesar, disebabkan oleh infeksi.

6. Gunakan aloe vera

Selain bermanfaat untuk kecantikan, lidah buaya ternyata juga bisa meredakan luka bakar, lho. Ada kandungan anti-inflamasi pada aloe vera yang dapat meringankan peradangan, termasuk pada luka bakar knalpot.

Caranya pun sangat mudah. Cukup oleskan lapisan gel dari tanaman lidah buaya ke area luka bakar. Tapi jika kamu lebih tertarik untuk membeli krim di apotek, pilih salep yang mengandung aloe vera, agar efek penyembuhan semakin lebih efektif.

7. Mengatasi luka bakar knalpot dengan lemon

Selain langkah-langkah di atas, kamu juga bisa menggunakan perasan lemon untuk mengatasi luka bakar knalpot. Lemon mengandung senyawa asam yang dapat meredakan luka dan menghilangkan bekasnya.

Tapi, perhatikan saat memberikan perasan tersebut pada kulit. Sebab, sifat asam dari lemon bisa memicu rasa perih.

Baca juga: 5 Mitos Penanganan Luka Bakar yang Harus Dihindari

8. Jangan gunakan es dan pasta gigi

Banyak orang menganggap es batu dapat meredakan rasa sakit yang ada pada luka bakar. Padahal, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Es batu justru bisa menyebabkan iritasi. Selain itu, penggunaan pasta gigi juga sangat tidak disarankan. Tidak ada yang bisa menjamin kebersihannya.

Nah, itulah delapan cara mengatasi luka bakar knalpot yang bisa kamu lakukan. Jika luka tak kunjung membaik, tak perlu pikir lama untuk hubungi dokter, ya!

 Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 15 Juni 2020, Home Remedies for Burns.
  2. WebMD, diakses 15 Juni 2020, Thermal Burns Treatment.
  3. The Health Site, diakses 15 Juni 2020, How to get rid of burn scars and marks at home.

    register-docotr