Info Sehat

Cara Alami dan Aman untuk Mengatasi Batuk Membandel, Yuk Dicoba!

April 30, 2020 | Ajeng Annastasia | dr Iqbal Adi Anugra
feature image

Mengatasi batuk membandel penting dilakukan dengan tepat supaya tidak berlanjut dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Apa yang bisa kamu lakukan, ya?

Pada dasarnya, batuk merupakan adalah hal yang normal karena merupakan refleks tubuh yang bertujuan mengeluarkan benda asing seperti lendir, bakteri jahat, iritan lainnya.

Namun apabila batuk yang terjadi terus-menerus juga dapat menganggu aktivitas fisik, kualitas tidur, atau hingga membuat rasa sakit pada tenggorokan.

Jika sudah demikian, bisa jadi batuk yang kamu alami terjadi karena adanya virus atau bakteri.

Baca juga: 6 Cara Mudah Mencegah Batuk Pilek yang Efektif dan Praktis

Trik mengatasi batuk membandel yang bisa dicoba

mengatasi batuk membandel
Berbagai hal bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi batuk membandel. Foto: Shutterstock.com

Cara terbaik dalam melawan batuk adalah menyingkirkan penyebab dari batuk muncul, seperti menghindari zat-zat iritan seperti polusi udara, zat kimia yang terhirup, asap rokok, atau bakteri dan virus.

Namun apabila penyebab tidak diketahui, kamu dapat mengatasinya dengan cara mudah berikut ini:

Jaga cairan tubuh

Menjaga agar tubuh selalu cukup cairan merupakan hal yang penting bagi seseorang yang flu atau batuk. Ini karena saat sedang batuk, tubuh menghasilkan lendir yang lebih banyak agar dapat dikeluarkan.

Banyak minum air putih pun dapat membantu paru-paru untuk mengeluarkan penyebab batuk, serta merangsang imun untuk menghasilkan lebih banyak histamin dalam proses penyembuhan.

Teh madu

mengatasi batuk membandel
Selain enak, teh madu juga bermanfaat untuk mengatasi batuk membandel. Foto: Shutterstock.com

Mengonsumsi teh madu dapat membantu untuk menangani batuk malam hari, membantu melegakan rasa gatal pada tenggorokan, dan meredakan batuk terutama pada anak.

Madu yang digunakan sebaiknya madu murni, ya. Campur 2 sendok madu ke dalam segelas air hangat atau teh untuk mengatasi batuk.

Mengatasi batuk membandel dengan jahe

Jahe dapat mengatasi batuk kering dan batuk sesak, karena mengandung bahan antiradang yang dapat membantu mencegah radang pada tenggorokan juga.

Untuk memanfaatkan jahe sebagai cara mengatasi batuk membandel, potong jahe secukupnya tipis-tipis kemudian masukkan ke dalam teh jahe atau air hangat. Dapat juga ditambahkan lemon atau madu untuk menambah cita rasa.

Berkumur dengan air garam

Salah satu cara yang paling efektif dalam mengatasi batuk adalah dengan berkumur air garam. Ini dapat mengurangi jumlah dahak dari tenggorokan dan menekan batuk.

Campur setengah sendok makan garam dalam air panas, kemudian digunakan untuk berkumur hingga belakang tenggorokan. Lakukan beberapa kali dalam sehari sampai batuk membaik.

Minum minuman panas

mengatasi batuk membandel
Minuman panas seperti teh herbal juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi batuk membandel. Foto: Shutterstock.com

Minum minuman yang panas dapat meredakan gejala dari flu termasuk batuk, sebab panas dari minuman akan membantu menghindari hidung tersumbat, melegakan dahak, dan melegakan jalan napas.

Baca juga: Hidung Tersumbat Ganggu Aktivitas, Enyahkan dengan 6 Langkah Ini

Teknik uap

Batuk berdahak dapat ditangani dengan teknik uap, misalnya dengan mandi air hangat atau panas. Bisa juga kamu gunakan air humidifier ditambahkan dengan essential oil yang mengandung eucalyptus atau rosemary yang dibiarkan selama 5 menit.

Hindari zat iritan di rumah

Jangan lupa selalu membersihkan rumah agar bebas debu dan mengatasi batuk membandel. Foto: Shutterstock.com

Beberapa orang sensitif terhadap parfum atau pengharum ruangan, karena zat iritan dapat semakin mengiritasi jalan napas dan meningkatkan produksi dari lendir saat batuk dan pilek. Membersihkan alergen seperti debu, termasuk dengan cara membersihkan perabotan rumah bisa kamu lakukan.

Manfaatkan enzim bromelain untuk mengatasi batuk membandel

Enzim bromelain adalah enzim yang memiliki banyak efek baik untuk tubuh karena bromelain memiliki kandungan antiradang yang membantu meredakan sakit tenggorokan. Bromelain merupakan enzim yang banyak ditemukan pada buah nanas.

Reference

Fisher, James Keith. “13 Home Remedies for a Dry Cough.” September 2019. https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies-for-dry-cough. October 2019.
Jayne Leonard, Debra Rose Wilson,. “What can I do to make my cough go away?” July 2018. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322394.php. October 2019.
Jennifer Robinson. “Cough Hacks: How to Find Relief.” November 2018. https://www.webmd.com/cold-and-flu/cough-get-rid-home-hacks#1. October 2019.
John P. Cunha. “19 Tips on How to Stop Coughing.” July 2019. https://www.medicinenet.com/how_to_stop_coughing/article.htm. October 2019.
Service, National Health. “Cough.” December 2017. https://www.nhs.uk/conditions/cough/. October 2019.

    register-docotr