Info Sehat

Manfaat VCO yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

June 8, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Mungkin kamu masih asing dengan nama VCO. Kepanjangan dari virgin coconut oil, tetapi lebih familiar disebut minyak kelapa murni. Ternyata minyak kelapa ini memiliki segudang manfaat baik lho. Yuk, kita simak berbagai manfaat VCO untuk kesehatan.

Manfaat VCO

Virgin coconut oil (VCO) terbuat dari daging kelapa segar yang diekstraksi. Hasil atau ekstrak itulah menghasilkan minyak alami yang disebut minyak kelapa murni atau virgin coconut oil. 

Berikut berbagai manfaat VCO untuk kesehatan, antara lain:

Mencegah penyakit jantung

Kandungan lemak jenuh alami yang ada di dalam VCO dapat berfungsi meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, manfaat VCO lainnya juga mengolah kolesterol jahat (LDL) menjadi kolesterol baik.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan asam laurat atau monolaurin yang terdapat pada virgin coconut oil berguna untuk melawan bakteri, mengurangi jamur, dan virus. Kamu bisa mengonsumsi minyak ini sebanyak 3 kali sehari saat sakit untuk meningkatkan imunitas tubuh kamu.

Antioksidan yang baik

Polifenol yang terkandung dalam VCO berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah terjadinya aterosklerosis. 

Aterosklerosis adalah pengerasan dinding pembuluh darah akibat menumpuknya plak lemak pada dinding pembuluh darah. Penumpukan ini menyebabkan risiko penyakit jantung.

Menurunkan berat badan

Buat kamu yang sedang menjalankan diet, sebaiknya kamu coba mengonsumsi virgin coconut oil ini. VCO memiliki manfaat untuk menahan nafsu makan karena membuat kita merasakan kenyang yang lebih lama. 

Selain itu, VCO dapat meningkatkan pembentukan energi dengan cara membakar kalori lebih banyak.

Mencegah kerusakan gigi

Virgin coconut oil juga ampuh dalam membasmi bakteri di dalam mulut. Kamu bisa menggunakannya dengan cara berkumur atau mengoleskan minyak ini di sekitar gigi dan mulut. 

Melancarkan sistem pencernaan

Minyak kelapa murni ini dipercaya dapat menangani berbagai masalah pencernaan seperti konstipasi. Minyak ini mampu melawan bakteri tidak sehat pada sistem pencernaan serta membantu penyerapan nutrisi pada tubuh.

Mengatasi penyakit diabetes

Jika kamu mengonsumsi VCO ini dapat mengontrol kadar gula darah karena meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh. Ketika sel-sel resisten insulin, pankreas terus memompa lebih banyak insulin dan menciptakan kelebihan dalam tubuh.

Meningkatkan fungsi otak

Kandungan asam lemak yang ada pada virgin coconut oil mampu meningkatkan memori pada lansia. Peningkatan kemampuan mengingat juga dialami oleh semua pasien yang mengonsumsi asam lemak pada virgin coconut oil. 

Manfaat VCO untuk kesehatan kulit

Tidak hanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, ternyata VCO juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit lho, antara lain:

Melembapkan kulit

Manfaat VCO lainnya adalah untuk melembapkan kulit. VCO juga memiliki efek antibakteri yang dapat digunakan pada penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. Efek antibakteri ini juga dapat melawan penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit ini.

Mengatasi jerawat

Sifat antibakteri dari asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa murni juga dapat membantu mengurangi jerawat. Tidak hanya itu saja, minyak kelapa murni dan komponennya dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

Membantu penyembuhan luka

Virgin coconut oil juga dapat mempercepat penyembuhan, meningkatkan status antioksidan dan meningkatkan kadar kolagen. 

Minyak kelapa murni menghambat produksi senyawa proinflamasi dan membantu menyembuhkan luka dan bekas luka. Selain meningkatkan penyembuhan luka, sifat antimikroba juga dapat mencegah infeksi.

Menghilangkan noda hitam

Vitamin E yang ada di dalam minyak kelapa murni dipercaya mampu untuk menyamarkan noda bekas jerawat, noda hitam, dan penuaan dini.

Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa di area yang diinginkan. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengangkat sel kulit mati

Virgin coconut oil ini juga dapat digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya dengan menampurkan setengah gelas minyak kelapa dengan setengah gelas garam. Kemudian gunakan campuran ini untuk scrub saat mandi. 

Mencegah stretch mark

Minyak kelapa biasanya digunakan untuk mencegah stretch mark ketika hamil. Bukan hanya mencegah, jika kamu memang sudah memiliki stretch mark, oleskanlah virgin coconut oil pada area tersebut, minyak kelapa ini akan membantu menghilangkannya.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr