Info Sehat

Selain Jaga Daya Tahan Tubuh, Inilah Ragam Manfaat Temulawak yang Perlu Kamu Ketahui

October 16, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan tanaman herbal satu ini. Temulawak ternyata bisa mencegah kanker dan memiliki banyak manfaat lainnya lho. Yuk, kita bahas mengenai segudang manfaat temulawak untuk kesehatan, simak ulasan berikut!

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh

Berikut beberapa manfaat temulawak yang harus kamu ketahui, antara lain:

Menambah nafsu makan

Salah satu manfaat temulawak yang paling terkenal adalah menambah nafsu makan. Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam temulawak sering digunakan bagi orang tua untuk meningkatkan nafsu makan anaknya.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Temulawak dipercaya ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu lho. Selain itu, tanaman herbal ini dapat menghindari tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kamu dapat mengonsumsinya dengan cara merebus temulawak untuk dijadikan minuman. 

Menurunkan kolesterol jahat

Temulawak juga dapat membantu untuk menurunkan kolesterol jahat yang biasa disebut dengan low density lipoprotein (LDL). Biasanya orang mengonsumsinya dengan cara meminum air rebusan dari tanaman ini.

Baca juga: Pahami Jenis-jenis Kolesterol, Manfaat serta Risikonya

Mencegah kanker

Manfaat lain dari tanaman herbal yang terkenal di Indonesia, ternyata dapat mencegah dan menangkal radikal bebas. Temulawak juga mampu membantu menyusutkan sel kanker bahkan pada jenis kanker stadium lanjut.

Manfaat temulawak untuk lambung  

Biasanya sebagian orang lebih memilih mengonsumsi tanaman herbal seperti temulawak dibandingkan mengonsumsi obat-obatan kimia. Hal yang sama juga berlaku saat kamu ingin mengatasi berbagai gangguan lambung, misalnya maag.

Kandungan kurkuma dan minyak atsiri yang ada pada temulawak dapat membantu mengatasi penyakit lambung seperti maag. Kamu bisa mengeringkan batang temulawak dan digiling menjadi bubuk. Selanjutnya kamu bisa menjadikannya minuman atau bumbu masak.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang relatif lebih praktis untuk dilakukan. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya tubuh kurang bisa menyerap kandungan temulawak secara optimal.

Oleh karena itu salah satu cara untuk meningkatkan daya serapnya adalah dengan mengonsumsinya dengan piperin. Kamu bisa mendapatkan piperin lewat lada hitam. Itulah mengapa temulawak dan lada hitam sering dijual bersamaan dalam bentuk suplemen.

Mengatasi masuk angin

Bagi kamu yang sering mengalami masuk angin, temulawak sangat ampuh untuk mengatasi masuk angina karena adanya kandungan piridoksin di dalamnya. Kamu bisa mengonsumsi tanaman herbal ini ketika masuk angin menyerang.

Melindungi kesehatan hati

Temulawak dapat berfungsi sebagai hepatoprotektor yang melindungi hati dari efek samping obat. Tidak hanya itu saja, temulawak juga bermanfaat untuk para pasien yang harus mengonsumsi obat kolesterol jangka panjang.

Khasiat temulawak untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh

Kandungan phelandren yang ada dalam temulawak dipercaya dapat membantu mengeluarkan toksin di dalam tubuh.

Mengatasi peradangan

Kandungan senyawa anti radang yang ada pada temulawak dipercaya dapat mengatasi peradangan. Senyawa itulah yang dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan akibat luka.

Khasiat temulawak untuk kesehatan kulit

Tidak hanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, ternyata temulawak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

Selama ratusan tahun, orang di seluruh dunia memang telah banyak mengaitkan rempah ini dengan khasiatnya untuk kecantikan. Terbukti tanaman berwarna jingga cerah ini banyak diolah menjadi berbagai produk perawatan kulit dan kecantikan.

Beberapa di antaranya misalnya dapat ditemukan dalam bentuk cream temulawak, bedak temulawak, sampai sabun temulawak. Lalu apa saja khasiat temulawak untuk kecantikan yang bisa kamu peroleh?

Mencerahkan warna kulit

Dilansir dari Healthline, temulawak memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membuat wajah terlihat lebih bercahaya secara alami. Untuk memperoleh manfaat yang satu ini, kamu bisa mengolah temulawak menjadi masker ataupun produk kecantikan lainnya.

Untuk dijadikan masker, kamu hanya perlu mencampurkan yoghurt Yunani, madu, dan bubuk temulawak dalam jumlah kecil secara merata. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 menit, selanjutnya bilas dengan air dingin sampai bersih.

Adapun jika kamu lebih praktis, kamu bisa membeli cream temulawak yang banyak dijual di pasaran. Namun sebelum membeli, pastikan dahulu apakah produk tersebut sudah memiliki izin edar resmi dari BPOM atau lembaga sejenisnya.

Ini penting, karena komposisi bahan pembuatannya harus aman saat dipakai pada wajahmu. Hal yang sama juga berlaku untuk produk olahan temulawak lainnya, seperti bedak temulawak atau sabun temulawak.

Khasiat temulawak untuk mengatasi jerawat

Temulawak memiliki efek anti-inflamisi yang berguna untuk meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering.

Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengonsumsinya atau membuat masker untuk dioleskan ke wajah kamu.

Menghaluskan kulit wajah

Tanaman herbal ini juga dipercaya mampu untuk menghaluskan kulit wajah. Kamu dapat menggunakannya dengan membuat masker temulawak secara rutin agar kulit kamu halus dan bersih.

Mencegah penuaan dini

Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam temulawak mampu mencegah penuaan dini. Selain itu, temulawak juga mampu membantu meremajakan kulit.

Perawatan dengan temulawak dapat memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit pun menjadi lebih sehat. Kulit yang sehat akan terlihat lebih segar sehingga kamu akan terlihat lebih muda dan sehat.

Menghilangkan noda hitam

Minyak atsiri juga mampu membantu mengatasi flek atau noda hitam. Biasanya flek atau noda hitam muncul akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas, bekas jerawat, bahkan gejala penuaan dini.

Melembapkan wajah

Temulawak juga mampu untuk melembapkan kulit wajah yang cenderung kering, kamu dapat menggunakannya dengan cara membuat masker.

Caranya: campurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun dan kuning telur. Ketika ketiga bahan tersebut sudah tercampur, kemudian oleskan pada kulit wajah secara teratur.

Manfaat temulawak untuk pria

Tak hanya untuk wanita, manfaat temulawak untuk pria juga sangat banyak dan beragam. Dilansir dari Mefirstliving, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Menurunkan risiko gangguan fungsi paru-paru

Penyakit paru-paru adalah salah satu penyebab utama kematian bagi pria. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kebiasaan pria yang senang merokok.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurkumin, yang ditemukan dalam kunyit, atau temulawak, dapat melindungi paru-paru dari kerusakan yang terjadi akibat merokok.

Meski tidak bisa 100 persen memerangi efek negatif akibat merokok, tetapi mengonsumsi temulawak dinilai dapat cukup efektif membantu kaum pria mengurangi kerusakan pada paru-paru mereka.

Membantu mencegah penyakit prostat

Studi obat herbal yang mengandung kurkumin juga menunjukkan bahwa kandungan temulawak bisa mengurangi peradangan pada prostat di antara 90 persen pria yang memakainya.

Seperti yang sudah umum diketahui, gangguan ini sangat mengganggu kenyamanan pria saat ingin buang air kecil dan banyak terjadi pada pria yang lebih tua.

Meningkatkan stamina

Lebih baik kamu mengonsumsi temulawak untuk meningatkan stamina, dibandingkan harus mengonsumsi suplemen yang terbuat dari bahan kimia.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan mencampurkan kunyit dengan temulawak. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh kamu.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. healthline.com (2018) diakses 4 Juni 2020. 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin. 4 Juni 2020 pukul 14.00.
  2. healthline.com (2019) diakses 4 Juni 2020. Turmeric for Skin: Benefits and Risks. 4 Juni 2020 pukul 14.30.
  3. Turmeric for Skin: Benefits and Risks, https://www.healthline.com/health/turmeric-for-skin#glowing-skin diakses pada 16 Oktober 2020
  4. 7 Benefits Of Turmeric All Men Should Know About, https://mefirstliving.com/blogs/turmeric-benefits-and-health-news/7-benefits-of-turmeric-all-men-should-know-about diakses pada 16 Oktober 2020
  5. Therapeutic potential of curcumin in gastrointestinal diseases, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3097964/ diakses pada 16 Oktober 2020
    register-docotr