Info Sehat

Kenali Manfaat Suntik Steroid, Tingkatkan Masa Otot dan Obati Penyakit Imun

August 16, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Suntik steroid dalam dunia binaragawan dan atlet mungkin sudah tidak asing lagi. Tidak jarang para biaragawan atau atlet menggunakan manfaat suntik steroid sebagai pembentuk otot. Tapi, suntik steroid punya manfaat yang lebih dari itu.

Ada beberapa manfaat suntik steroid yang bisa digunakan untuk pengobatan dan lainnya. Apa sajakah manfaat tersebut? Simak lebih lanjut penjelasan di bawah ini, ya!

Apa itu suntik steroid?

Suntik steroid adalah injeksi hormon sintetis atau buatan yang dimasukkan ke dalam tubuh. Ada dua jenis suntik steroid, yaitu kortikosteroid dan steroid anabolik.

Hormon yang dimasukkan dalam suntik kortikosteroid adalah kortisol sintetis. Dalam tubuh manusia, hormon ini dibuat secara alami oleh kelenjar adrenal yang berada di atas ginjal.

Sedangkan suntik steroid anabolik menggunakan hormon sintetis testosteron. Seperti kita ketahui, hormon ini bagi laki-laki berfungsi untuk membentuk otot. 

Manfaat suntik steroid

Manfaat suntik steroid telah lama dikenal oleh kalangan binaragawan dan atlet. Tidak jarang mereka menggunakan suntik steroid untuk meningkatkan performa mereka.

Tapi sebenarnya, manfaat suntik steroid lainnya juga bisa untuk menyembuhkan penyakit. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan:

1. Meredakan peradangan sendi dan otot

Suntik steroid dapat meredakan peradangan pada sendi sehingga bisa bekerja lebih baik. Dengan melakukan suntik steroid, kamu tidak perlu meminum obat steroid.

Pada umumnya, tubuh cepat beradaptasi dengan suntik steroid sehingga kemungkinan efek sampingnya sangat kecil.

Beberapa penyakit nyeri sendi dan otot yang bisa diredakan dengan suntik steroid, yaitu:

  • Osteoartritis
  • Gout
  • Tendinitis
  • Plantar fasciitis

2. Mengobati artritis reumatoid 

Artritis reumatoid adalah istilah medis yang lebih dikenal dengan sebutan rematik. Penyakit ini adalah gangguan autoimun yang menyebabkan kaku dan bengkak pada sendi.

Bagian tubuh yang paling rentan terkena artritis reumatoid adalah kaki, lutut, dan pergelangan tangan.

Artritis reumatoid dapat diobati dengan suntik steroid atau meminum langsung obat steroid. Namun, pengobatan dengan cara suntikan diyakini lebih berkhasiat.

3. Mengobati alergi

Salah satu manfaat suntik steroid adalah untuk mengobati alergi. Namun, cara ini biasanya baru dilakukan setelah cara lain tidak efektif untuk menyembuhkan.

Pada umumnya, elergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mengenali zat asing sebagai ancaman. Zat asing ini disebut alergen, dan tidak memicu reaksi pada beberapa orang lain.

Ketika bersentuhan dengan alergen, sistem kekebalan tubuh menjadi defensif. Akibatnya, timbul gejala seperti bersin, hidung tersumbat, dan mata gatal atau berair.

4. Membangun otot

Sebuah penelitian pada 2014 lalu menemukan bahwa manfaat suntik steroid terbukti dapat membangun dan meningkatkan massa otot.

Dalam suatu studi, peneliti membandingkan data 10 pengguna steroid dengan tujuh subjek kontrol. Hasil penelitian menunjukkan beberapa efek positif steroid, termasuk massa otot lebih besar dan area serat yang lebih besar.

5. Meningkatkan stamina

Selain membangun otot, suntik steroid juga dapat meningkatkan stamina. Hal ini bisa dimanfaatkan bagi seseorang yang ingin rutin berolahraga, tetapi mudah kelelahan.

Manfaat suntik steroid juga bisa dirasakan bagi pasien penyakit paru yang umumnya memiliki kondisi kebugaran yang menurun.

Kualitas hidup dan stamina untuk beraktivitas pasien akan meningkat setelah melakukan suntik steroid secara berkala.

6. Mengatasi penyakit kelainan imun

Manfaat suntik steroid lainnya adalah mengatasi penyakit kelainan imun. Biasanya dokter akan memberikan suntik steroid pada penyakit kelainan imun seperti:

  • Lupus.
  • Inflammatory bowel disease.
  • Multiple sclerosis.

Apakah suntik steroid memiliki efek samping?

Sama seperti pengobatan lainnya, suntik steroid juga dapat memberi risiko dan efek samping. Namun, perlu dicatat bahwa efek buruk ini akan muncul jika dilakukan dengan prosedur dan dosis yang salah.

Berikut beberapa efek samping suntik steroid:

  1. Infeksi
  2. Reaksi alergi
  3. Perdarahan
  4. Robeknya tendon
  5. Pegal
  6. Mood mudah berubah
  7. Perubahan warna kulit

Sebelum melakukan suntuk steroid, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya…

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Live Stronge (2019). Diakses pada 12 Agustus 2020. What Are the Benefits of Steroids for Athletes?

Healthline (2019). Diakses pada 12 Agustus 2020. Everything You Need to Know About Steroid Injections

Cleveland Clinic (2020). Diakses pada 12 Agustus 2020. Steroid Injections: Risks / Benefits

Web MD (2020). Diakses pada 12 Agustus 2020. Steroid Injections

Healthline (2018). Diakses pada 12 Agustus 2020. Do the Benefits of a Steroid Injection for Seasonal Allergies Outweigh the Risks?

    register-docotr