Info Sehat

Tinggalkan Cara Kerja Lama, Ini Manfat Standing Desk untuk Kesehatan Kamu

June 24, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Manfaat standing desk bukan hanya sekadar alternatif untuk kamu yang bosan bekerja sambil duduk. Tapi ada beberapa keuntungan terhadap kesehatan kamu, di antaranya adalah menghindari obesitas.

Menggunakan meja kerja konvensional yang membuat kamu bekerja sambil duduk meningkatkan risiko obesitas. Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan di Central Queensland University.

Penelitian tersebut menyoroti lama waktu duduk di kalangan pekerja sehingga membuat tubuh tidak membakar kalori dan akhirnya berujung obesitas. Tidak hanya itu, berikut ini adalah manfaat standing desk lainnya yang mesti kamu ketahui:

Menurunkan level gula darah

Salah satu manfaat standing desk adalah menurunkan level gula darah. Hal itu dikonfirmari dalam penelitian yang dilakukan di The University of Chester, Inggris.

Dalam penelitian yang melibatkan 10 pekerja kantoran tersebut, disebutkan jika berdiri selama 180 menit setelah makan ternyata dapat menurunkan 43 persen letupan gula darah dibandingkan jika hanya duduk dalam durasi waktu yang sama.

Ini akan sangat menguntungkan bagi kamu penderita diabetes tipe 2, karena kebanyakan kenaikan level gula darah mayoritas terjadi setelah makan siang. 

Sementara itu, sebuah meta analisis yang dilakukan di Leicester General Hospital mencatat terlalu lama duduk akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga 112 persen. Ini menunjukan jika kerja dengan menggunakan standing desk sangat menguntungkan bagi kamu.

Kerja dengan standing desk turunkan risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menyebut jika kondektur bus yang bekerja dengan cara berdiri memiliki setengah angka kematian dibandingkan dengan rekan sopirnya yang hanya duduk saja.

Penelitian yang dilakukan pada 1958 itu menjadi cikal bakal dari didorongnya kebiasaan untuk bekerja sambil berdiri. 

Karena nyatanya, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Belanda, menunjukan jika olahraga berat selama satu jam tidak akan mengimbangi efek negatif dari duduk seharian.

Hal ini menunjukan banyak manfaat kesehatan dari pekerjaan yang dilakukan sambil berdiri, dan menggunakan standing desk jadi salah satu caranya.

Kerja dengan standing desk kurangi sakit punggung

Sakit punggung adalah masalah utama yang dialami oleh para pekerja kantoran yang seharian hanya duduk saja. Standing desk memberikan manfaat dalam mengurangi sakit punggung ini.

Hal itu dikonfirmasi oleh penelitian yang dilakukan di Australia yang menemukan adanya pengurangan 32% sakit punggung bagian bawah selama beberapa minggu menggunakan standing desk.

Penelitian lain yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan jika pengurangan jam duduk saat kerja hingga 66 menit per hari turut mengurangi sakit punggung bagian atas dan sakit leher hingga 54 persen.

Meningkatkan mood

Salah satu manfaat standing desk ternyata dapat meningkatkan mood juga, lho. Hal ini dikonfirmasi dalam penelitian yang dilakukan dalam penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat.

Penelitian yang dilakukan selama 7 hari itu menunjukan adanya pengurangan tingkat stres dan kelelahan pada partisipan yang menggunakan standing desk. 

Dalam penelitian tersebut, 87 persen responden yang menggunakan standing desk bahkan merasakan peningkatan semangat dan energi sepanjang hari. Dan ketika mereka dikembalikan ke meja mereka yang semula, mood mereka pun kembali ke level semula.

Tidak mengganggu produktivitas kerja

Jangan khawatir, jika kamu ingin mencoba standing desk, meja ini tidak akan mengganggu pekerjaanmu, kok. Hal ini dibuktikan dalam penelitian di Jerman.

Penelitian yang melibatkan 60 pekerja berusia muda itu berkesimpulan jika penggunaan standing desk selama 4 jam setiap hari tidak menurunkan karakteristik cara kamu bekerja.

Ini termasuk produktivitas kamu yang tidak menurun dan juga tidak ada salah ketik. Dengan salah satu manfaat bekerja berdiri yang dapat meningkatkan mood kamu, maka sepertinya penggunaan standing desk juga justru dapat meningkatkan produktivitas.

Meningkatkan peluang hidup

Dengan melihat banyaknya manfaat kesehatan dari penggunaan standing desk, maka tidak heran kalau cara bekerja dengan berdiri ini mampu meningkatkan peluang hidup kamu. 

Jika mengacu pada data dari penelitian yang dilakukan Leicester Green Hospital, 49 persen kematian dini dialami oleh orang yang terlalu banyak duduk. Oleh karena itu, ini saatnya untuk berdiri dan tinggalkan cara kerja yang lama.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2005) diakses 21 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16005804/
  2. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2014) diakses 21 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24297826/
  3. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2012) diakses 21 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22890825/
  4. Ncbi.nlm.nih.gov (1958) diakses 21 Juni 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2027542/
  5. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2013) diakses 21 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23418444/
  6. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2014) diakses 21 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25168375/
  7. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2012) diakses 21 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23057991/
  8. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2009) diakses 21 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19750794/
  9. Helathline.com (2017) diakses 21 Juni 2020. https://www.healthline.com/nutrition/7-benefits-of-a-standing-desk
  10. Webmd.com (2019) diakses 21 Juni 2020. https://www.webmd.com/fitness-exercise/standing-desks-help-beat-inactivity#1
    register-docotr