Info Sehat

Tak Sekadar Bumbu Dapur, Ini Manfaat Sereh untuk Kesehatan

June 6, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selama ini sereh atau citronella dikenal sebagai salah satu tanaman rempah-rempahan. Namun ternyata, tak cuma itu, karena terdapat berbagai manfaat sereh untuk kesehatan tubuh.

Tanaman yang berasal dari Sri Lanka dan India Selatan ini dipercaya memiliki kandungan yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Sereh juga dipercaya mengandung zat yang dapat meredakan sakit dan bengkak.

Karena itu, selain digunakan sebagai bumbu dapur, sereh juga seringkali diolah menjadi teh herbal atau minyak untuk pengobatan. Berikut beberapa penjelasan mengenai manfaat sereh untuk kesehatan:

10 manfaat sereh untuk kesehatan

Sebagai antioksidan

Menurut penelitian yang dipublikasikan Journal of Agriculture and Food Chemistry, sereh mengandung beberapa jenis antioksidan. Antioksidan berperan melawan radikal bebas.

Di mana radikal bebas dalam jumlah berlebih di dalam tubuh dapat mengakibatkan kerusakan sel. Kemudian akan menimbulkan beberapa penyakit kronis, salah satunya kanker.

Mencegah infeksi

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center sereh mungkin memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi. Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Namun sereh nampaknya mampu mengurangi timbulnya sariawan, infeksi jamur yang biasanya menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti orang dengan HIV.

Meningkatkan produksi darah

Sebuah penelitian pada 2015 lalu menunjukkan orang yang mengonsumsi teh sereh setiap hari selama 30 hari, dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Namun dari penelitian tersebut belum ditemukan alasan pasti mengapa sereh bisa membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah. Para peneliti percaya bahwa sifat antioksidan pada teh sereh memengaruhi hasil tersebut.

Meredakan kecemasan

Banyak orang berpendapat bahwa meminum teh hangat dapat membuat rileks. Tapi jika teh yang diminum berbahan dasar sereh, maka efek rileks terasa lebih mendalam dan mampu meredakan kecemasan.

Hal tersebut ditunjang dengan pernyataan dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center, bahwa wangi sereh memang dapat membantu meredakan kecemasan. Namun anggapan ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaatnya bagi tubuh.

Menurunkan berat badan

Teh sereh seringkali digunakan sebagai minuman detoksifikasi, yang dipercaya mampu membantu proses metabolisme. Hal ini dapat berujung pada penurunan berat badan.

Namun peneliti lebih percaya bahwa sereh mampu membantu proses penurunan berat badan karena ia berperan sebagai diuretik alami. Meminumnya akan membuatmu lebih banyak mengeluarkan urine, dan hal tersebutlah yang berpengaruh pada terjadinya penurunan berat badan.

Dipercaya dapat menurunkan kolesterol

Sejauh ini penelitian tentang kolesterol dan sereh baru diterapkan pada hewan. Seperti pada sebuah penelitian yang membuktikan mengonsumsi minyak sereh hingga 100 mg dapat menurunkan kolesterol pada tikus.

Masih diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan sereh bisa menurunkan kolesterol pada tubuh manusia.

Meredakan sakit

Salah satu manfaat sereh yang diyakini sejak lama, yaitu dapat meredakan sakit. Termasuk sakit yang disebabkan oleh premenstrual syndrome (PMS). Mengonsumsi teh sereh saat PMS dapat membantu mengatasi sakit kram menstruasi, kembung dan mengatasi rasa tidak nyaman lainnya.

Meski belum ada penelitian lebih lanjut, namun banyak yang percaya bahwa efek menyembuhkan ini terjadi karena adanya kandungan anti inflamasi dalam sereh.

Menyehatkan mulut

Di negara tempat sereh tumbuh subur, ia dipercaya dapat membantu menjaga kebersihan mulut. Karenanya, banyak orang yang biasa mengunyah batang sereh mentah.

Selain dapat membantu menjaga kebersihan mulut, sereh juga dipercaya dapat menjaga kesehatan gigi. Pendapat ini kemudian dibenarkan setelah The Food Chemistry menerbitkan sebuah jurnal mengenai hal ini.

Baik untuk kesehatan pencernaan

Sereh dipercaya mengandung zat anti-inflamasi yang juga berpengaruh pada sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi secangkir teh sereh dipercaya dapat mengatasi sakit perut, kram perut dan masalah pencernaan lainnya.

Penelitian secara ilmiah ini baru dilakukan pada tikus. Pada 2012 lalu penelitian tersebut membuktikan bahwa sereh mampu membantu melindungi lapisan perut dan baik untuk tukak lambung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan dalam sereh juga dipercaya berdampak pada sistem kekebalan tubuh.

Sereh dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih kuat melawan berbagai risiko penyakit dengan sendirinya, termasuk salah satunya kanker.

Teh sereh juga kadang digunakan sebagai obat herbal tambahan selama kemoterapi dan radiasi. Namun penggunaannya tidak boleh sembarangan, melainkan harus di bawah pengawasan ahli onkologi.

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, sereh juga digunakan dalam berbagai produk sehari-hari. Seperti digunakan sebagai pewangi pada deodoran, sabun, dan kosmetik.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Medicalnewstoday diakses 4 Juni 2020 What are the health benefits of lemongrass tea? 
  2. Webmd diakses 4 Juni 2020 Lemongrass 
  3. Healthline diakses 4 Juni l2020 10 Reasons to Drink Lemongrass Tea 
    register-docotr