Info Sehat

5 Manfaat Semut Jepang untuk Kesehatan, Bisa Cegah Sakit Jantung!

December 24, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Sebagian masyarakat Indonesia menggunakan serangga sebagai pengobatan atau hanya sekadar suplemen penambah kebugaran. Salah satunya adalah semut Jepang. Ada banyak manfaat semut Jepang yang bisa kamu dapatkan, baik untuk kesehatan maupun pencegahan penyakit.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari semut Jepang untuk kesehatan? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Apa itu semut Jepang?

Semut Jepang adalah serangga berbentuk seperti kumbang, juga dikenal sebagai Tenebrio molito atau mealworms. Serangga ini berasal dari spesies Tenebrionidae. Semut Jepang dewasa biasanya berukuran sekitar 1,25 hingga 1,8 sentimeter.

Menurut sebuah penelitian pada 2017, hewan kecil tersebut mengandung banyak nutrisi, seperti 53 persen protein, 28 persen asam lemak, dan 6 persen serat.

Oleh karena itu, tak jarang sebagian masyarakat mengonsumsinya sebagai makanan bahkan obat untuk menyembuhkan suatu penyakit dan gangguan kesehatan serius.

Semut Jepang memiliki ciri-ciri seperti:

  • Badan yang keras
  • Punya sayap tapi tak bisa terbang
  • Sepasang antena
  • Hidup berkelompok
  • Empat fase perubahan hidup (telur, ulat, semua remaja, dan dewasa)
  • Tidak agresif

Semut Jepang paling sering ditemukan di fasilitas penyimpanan biji-bijian, lumbung, dan area persiapan makanan. Serangga tersebut juga menyukai area yang sangat gelap, kering, dan hangat.

Beragam manfaat semut Jepang

Ada beberapa manfaat semua Jepang bagi manusia. Tak hanya untuk kesehatan, tapi juga sebagai pencegahan penyakit serius seperti gangguan jantung dan diabetes. Berikut manfaat semut Jepang yang perlu kamu tahu:

1. Menjaga tekanan darah

Manfaat semut Jepang yang pertama adalah bisa membantu menjaga tekanan darah. Sebuah riset yang terbit baru-baru ini menjelaskan, Tenebrio molito memiliki zat yang bisa menjalankan aktivitas penghambatan enzim pengubah angiotensin (ACE).

Secara tidak langsung, hal itu dapat mengurangi potensi stres oksidatif dan menurunkan tekanan darah dalam sirkulasinya. Penelitian yang sama juga menyebutkan, kinerja tersebut sangat baik untuk mengontrol tekanan darah ketika seseorang masih dalam tahap pra-hipertensi.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat semut Jepang berikutnya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol. Menurut sebuah publikasi pada 2016, Tenebrio molito kaya akan beberapa mikronutrien penting seperti mineral dan vitamin.

Vitamin E (α-tokoferol) bersama asam palmitat, oleat, dan linoleat bisa membantu menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah. Tentu, ini akan membantu menjaga organ penting lainnya seperti jantung.

3. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah gangguan kesehatan yang dapat muncul karena tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol tinggi. Dengan memiliki kadar kolesterol dan tekanan darah normal, maka risiko terjadinya penyakit jantung bisa diminimalkan.

Jantung adalah organ penting yang memiliki tugas memompa darah. Jika tekanan darah menjadi naik, maka jantung akan dipaksa untuk bekerja lebih keras. Lama-kelamaan, hal tersebut dapat menurunkan fungsi terbaiknya.

Begitu juga dengan kadar kolesterol yang tinggi, bisa memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Jika plak terbentuk, maka sirkulasi darah menjadi terganggu. Bahkan, plak itu bisa menyebabkan penyumbatan dan memicu penyakit berbahaya lainnya seperti stroke.

Baca juga: Yuk, Kenali Perbedaan Penyakit Jantung pada Perempuan dan Laki-laki

4. Pengobatan diabetes

Manfaat semut Jepang yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah kemampuannya dalam mengobati diabetes. Orang-orang yang memiliki kadar glukosa tinggi bisa mengonsumsi ekstrak Tenebrio molito untuk mengoptimalkan penyerapan glukosa dalam darah.

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh sejumlah peneliti di Universitas Sebelas Maret Surakarta, ada beberapa zat dan senyawa bioaktif yang bisa membawa khasiat tersebut. Mulai dari alkaloid, tanin, saponin, polifenol, dan flavonoid.

5. Pengobatan alzheimer

Manfaat semut Jepang yang terakhir adalah mampu mengobati dan meredakan gejala alzheimer. Menurut sebuah publikasi, ada senyawa terapeutik pada Tenebrio molito yang bisa menjalankan aktivitas penghambatan enzim BACE1 di otak.

Aktivitas penghambatan itu berasal dari asam oleat yang dimiliki semut Jepang, mampu melemahkan pelepasan enzim BACE1 yang dikaitkan sebagai pemicu gejala alzheimer.

Alzheimer sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan di otak, ditandai dengan perubahan perilaku, penurunan daya ingat, hingga kesulitan berbicara dan berpikir. Penyakit tersebut masuk dalam daftar gangguan kesehatan degeneratif yang biasanya dialami  lansia.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang beberapa manfaat semut Jepang atau Tenebrio molito bagi kesehatan dan pencegahan penyakit.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr