Info Sehat

7 Manfaat Nangka untuk Kesehatan: Lancarkan BAB hingga Turunkan Kolesterol

October 9, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Nangka adalah buah tropis yang mudah tumbuh di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Selain punya tekstur berserat dan rasa yang manis, ada banyak manfaat nangka untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

Tak hanya dagingnya, biji dari nangka juga tak kalah berkhasiat. Apa saja manfaat nangka untuk kesehatan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Beragam manfaat nangka untuk kesehatan

Nangka adalah buah yang kaya akan nutrisi, seperti potasium, protein, serat, magnesium, vitamin C, dan masih banyak lagi. Beragam kandungan tersebut bisa memberik efek menyehatkan bagi tubuh, di antaranya:

1. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat nangka untuk kesehatan yang pertama adalah membantu menstabilkan tekanan darah. Ini tak lepas dari kandungan potasium yang dimiliki. American Heart Association menjelaskan bahwa makanan yang kaya akan potasium sangat baik untuk sirkulasi darah.

Potasium atau yang juga disebut dengan kalium bisa menurunkan tekanan darah, serta menangkal efek natrium pada tubuh. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga dapat mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

Asupan harian potasium yang disarankan untuk orang dewasa adalah 4.700 mg. Sedangkan pada nangka mentah berukuran sedang memiliki kandungan kalium sebesar 739 mg.

2. Menstabilkan kadar gula darah

Nangka adalah salah satu buah dengan indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan glukosa di dalam darah. Lonjakan kadar gula darah sendiri erat kaitannya dengan penyakit diabetes.

Untuk pengidap diabetes, nangka justru bisa membantu menurunkan kadar gula. Dengan begitu, beberapa gejala yang muncul dapat diredakan.

Menurut sebuah penelitian, kandungan flavonoid pada nangka bisa membantu mencegah kematian sel di pankreas, yang merupakan organ penghasil insulin. Jika sensitivitas insulin berkurang, hal ini tentu berpengaruh pada proses penyerapan glukosa ke dalam darah.

Baca juga: 6 Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes, Bisa Bantu Kontrol Gula Darah!

3. Membantu turunkan kolesterol

Sebuah riset pada 2015 memaparkan bahwa biji nangka dapat membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol lipopretein densitas rendah (LDL), atau yang dikenal dengan kolesterol jahat.

Kadar kolesterol jahat tak boleh dibiarkan terlalu tinggi, karena bisa menempel ke dinding pembuluh darah dan menciptakan plak. Ketika plak sudah terbentuk dan menumpuk, ini dapat mengganggu sirkulasi darah. Secara tidak langsung, jantung akan dipacu untuk bekerja lebih keras.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin kondisi tersebut menyebabkan berbagai gangguan pada organ kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Membantu menurunkan risiko kanker

Salah satu manfaat nangka untuk kesehatan yang jarang diketahui adalah sebagai pencegahan kanker. Nangka adalah buah yang mengandung fitokimia, senyawa aktif yang umum dijumpai pada produk nabati.

Menurut American Institute for Cancer Research, banyaknya kandungan fitokimia pada nangka seperti flavonoid, saponin, dan tanin bisa berfungsi sebagai antioksidan, membantu mencegah dan melawan efek radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif ketika masuk ke dalam tubuh dan dapat merusak sel sehat. Kerusakan ini, yang kemudian disebut dengan stres oksidatif, memudahkan sel-sel jahat seperti kanker untuk berkembang.

Selain itu, fitokimia juga bisa mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru di sekitar sel kanker. Kurangnya pasokan darah dapat menghambat perkembangan sel jahat itu sendiri.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Nangka adalah salah satu sumber terbaik dari vitamin C. Seperti diketahui, vitamin C merupakan antioksidan penting yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan.

Sebuah riset pada 2014 menyatakan bahwa kandungan vitamin C pada nangka memiliki sifat antijamur, antibakteri dan anti-inflamasi. Artinya, kandungan tersebut bisa mempercepat pemulihan aktivitas peradangan atau infeksi.

6. Melancarkan pencernaan

Tak hanya dagingnya, biji nangka juga bisa memberi manfaat untuk tubuh. Kandungan serat larut dan tidak larut pada biji nangka dapat mengoptimalkan kinerja berbagai organ pada sistem pencernaan.

Belum lagi, ada kandungan probiotik atau bakteri baik yang bisa mengatasi beragam masalah pada usus, seperti sulit buang air besar dan diare.

Baca juga: Penting! Kenali Faktor-Faktor Umum Penyebab Susah BAB dan Apa Obatnya

7. Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat nangka untuk kesehatan yang terakhir adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Ini tak lepas dari kandungan vitamin C yang ada padanya. Vitamin C bisa merangsang produksi protein bernama kolagen.

Kolagen adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Elastisitas yang berkurang bisa memengaruhi tekstur dan kecerahan kulit, hingga mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus di sekitar mata.

Nah, itulah berbagai manfaat nangka untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, kamu bisa mulai biasakan diri untuk mengonsumsi buah ini. Tetap jaga kesehatan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr