Info Sehat

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan, Bersihkan Sinus hingga Redakan Nyeri!

October 27, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Manfaat minyak kayu putih sudah tidak diragukan lagi, termasuk untuk kesehatan. Perlu diketahui, pohon minyak kayu putih berasal dari Australia yang sekarang sudah bisa ditemukan di seluruh dunia dan biasanya digunakan untuk pengobatan.

Umumnya, minyak kayu putih dapat membantu membersihkan sinus, meredakan nyeri otot, dan melawan stres. Nah, untuk mengetahui manfaat minyak kayu putih lebih lanjut yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Benarkah Senam Otak Bisa Tingkatkan Fokus dan Kreativitas Anak?

Apa saja manfaat minyak kayu putih?

Dilansir dari Healthline, cara pembuatannya diawali dengan mengeringkan daun, dihancurkan, lalu disuling untuk mengeluarkan minyak esensial.

Setelah diekstraksi, minyak harus diencerkan sebelum dapat digunakan sebagai obat. Beberapa manfaat minyak kayu putih yang perlu diketahui, antara lain:

Meredakan batuk

Selama bertahun-tahun, minyak kayu putih telah digunakan untuk meredakan gejala batuk. Perlu diketahui, beberapa obat batuk yang dijual bebas saat ini sudah mengandung minyak kayu putih sebagai salah satu bahan aktifnya.

Minyak kayu putih bisa dioleskan pada dada dan tenggorokan untuk meredakan gejala batuk. Selain itu, kamu juga bisa menghirup uap yang terbuat dari minyak esensial ini untuk membantu mengencerkan lendir sehingga batuk keluar dengan mudah.

Membersihkan sinus

Cara paling efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dengan menghirup minyak esensial satu ini. Manfaat minyak kayu putih bisa mengurangi lendir dan melonggarkan penyumbatan.

Penting untuk diperhatikan bahwa minyak kayu putih memiliki efek cukup kuat sehingga hanya perlu satu atau dua tetes saja. Untuk membuat uap terhirup, tempatkan satu hingga dua tetes dalam mangkuk kecil berisi air panas yang mengepul.

Letakkan handuk di atas kepala untuk memfokuskan uap dan hadapkan wajah setidaknya sejauh satu lengan dari mangkuk. Tutup mata dan tarik napas dalam-dalam, hirup uap selama lima hingga 10 menit.

Menjauhkan dari gigitan nyamuk adalah manfaat minyak kayu putih

Nyamuk dan serangga penggigit lainnya dapat membawa penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Cara terbaik untuk menjauhkan gigitan nyamuk atau serangga ini adalah dengan menggunakan minyak kayu putih.

Meredakan sakit kepala

Minyak kayu putih tidak hanya bisa mengurangi tekanan sinus, namun juga meningkatkan relaksasi otot-otot wajah yang tegang.

Untuk meredakan sakit kepala, kamu cukup menggulung kain basah yang bersih dan tetesi dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Olesi juga pada dahi, pelipis, dan bagian belakang leher.

Mengurangi stres

Aroma segar seperti mentol akan membantu membangunkan dan menyegarkan indra pada tubuh. Hal ini juga bisa memberikan kelegaan yang menyenangkan sebelum memulai hari.

Caranya, cukup isi botol semprot dengan air dingin dan tambahkan 5 hingga 10 tetes minyak kayu putih.

Semprot dinding pancuran dan menyalakan air panas, biarkan menguap sebelum masuk ke kamar mandi. Pastikan untuk menyesuaikan suhu sebelum memasuki kamar mandi sehingga rasa depresi atau stres bisa teratasi dengan cepat. 

Baca juga: Tips Mengasah Kemampuan Empati Anak, Yuk Ajarkan Sejak Dini!

Meredakan otot dan sendi 

Manfaat minyak kayu putih bisa meredakan nyeri otot dan sendi berkat kandungan antiinflamasinya. Minyak ini dapat bekerja secara ajaib pada otot yang sakit setelah berolahraga atau menderita nyeri kronis karena kondisi tertentu.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mencampurkan satu atau dua tetes dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa, argan, atau jojoba. Gosokan pada area yang sakit dengan gerakan memutar untuk meredakan rasa nyeri pada otot dan sendi.

Manfaat minyak kayu putih yakni mengurangi sengatan matahari

Sifat antiinflamasi, pereda nyeri, dan ditambah dengan sensasi pendingin alami membuat minyak kayu putih ideal untuk meredakan sengatan matahari yang menyakitkan. Selain itu, sifat antibakteri juga dapat melindungi kulit dari infeksi yang terjadi.

Caranya, isi botol semprot berukuran dua ons dengan air murni dan tambahkan dua hingga empat tetes minyak kayu putih, serta satu sendok teh gel lidah buaya sebagai pengemulsi alami.

Selanjutnya, kocok dengan baik dan semprotkan pada kulit untuk menyegarkan area yang terkena sengatan matahari.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2017), diakses 19 Oktober 2020. 9 Unexpected Benefits of Eucalyptus Oil
  2. Womenshealthmag.com (2019), diakses 19 Oktober 2020. The 12 Best Eucalyptus Oil Benefits For Your Hair, Skin, and More
    register-docotr