Info Sehat

Jangan Malas Minum Air Putih! Cek Manfaatnya bagi Tubuh di Sini

May 24, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Sadar atau tidak, 60 persen tubuh kamu adalah air. Oleh karena itu, rajin minum air putih akan memberikan banyak manfaat.

Kebutuhan tubuh akan air sangat tinggi. Kamu sangat disarankan untuk meminum 8 gelas air, masing-masing 8 ons, sehari. Atau jika menggunakan satuan liter, tubuh kamu membutuhkan setidaknya 2 liter air sehari.

Kebutuhan air yang banyak itu bertujuan untuk mengimbangi jumlah air dalam tubuh kamu yang keluar karena aktivitas yang kamu lakukan sepanjang hari.

Nah, untuk lebih mengetahui lagi manfaat minum air putih, simak fakta yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:

Baca Juga: Resep Kue Kering Cokelat Rendah Gula untuk Lebaran Istimewa

Manfaat minum air putih untuk keseimbangan cairan tubuh

Komposisi air dalam tubuh yang menyentuh angka 60 persen bukan tanpa alasan. Hampir seluruh aktivitas tubuh memerlukan air, seperti pencernaan, penyerapan, sirkulasi darah, pembentukan air liur, transportasi nutrisi dan menjaga suhu tubuh.

Saat kamu memiliki cadangan air yang rendah di tubuh, otak akan memicu rasa haus pada tubuh. Kecuali jika kamu sedang menjalani pengobatan yang mengharuskan kamu untuk tetap haus, kamu harus mendengarkan sinyal tubuh dan minum air putih atau cairan lainnya.

Perlu diingat, jangan atasi rasa haus dengn konsumsi alkohol. Karena alkohol akan mengintervensi komunikasi antara otak dengan ginjal untuk membuat kamu mengeluarkan lebih banyak cairan lewat urine yang berpotensi membuat kamu dehidrasi.

Air putih memaksimalkan kemampuan fisik

Jika kamu sudah berhasil menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan minum air putih. Maka salah satu manfaatnya adalah kamu tidak akan menderita karena melakukan pekerjaan fisik meski dalam kondisi dehidrasi.

Kondisi ini sangat penting, terutama karena Indonesia merupakan negara tropis dengan cuaca panas. Juga untuk kegiatan fisik lainnya seperti berolahraga.

Dikatakan Bob Murray dalam penelitiannya, kekurangan 2 persen saja cairan tubuh, maka efeknya akan sangat terasa. Salah satu efeknya adalah suhu tubuh yang berubah, motivasi yang berkurang, dan meningkatnya keletihan yang membuat aktivitas kamu terasa lebih berat.

Tingkat hidrasi yang maksimal dapat mencegah terjadinya hal-hal di atas. Kondisi ini juga bisa menurunkan stres oksidatif yang terjadi selama kegiatan yang memiliki intensitas tinggi.

Minum air putih memberikan manfaat pada kerja usus

Salah satu penyakit yang dapat kamu cegah dengan tetap menjaga kandungan air dalam tubuh adalah konstipasi. Tingkat hidrasi yang tepat dapat membuat segala sesuatu yang sedang dicerna dapat berjalan dengan lancar di dalam usus.

Saat kamu tidak memiliki cairan yang cukup, usus besar akan menarik air dari kotoran untuk menjaga kadar hidrasi. Hasilnya, kamu akan terkena konstipasi.

Kadar air dan serat adalah kombinasi yang sempurna untuk kinerja di dalam sistem pencernaan berjalan baik. Karena air akan memompa serat dan bekerja seperti sapu untuk membuat usus kamu berfungsi dengan benar.

Minum air putih memberikan manfaat untuk kulit

Kulit kamu mengandung banyak air dan berfungsi sebagai pelindung dan penghalang untuk mencegah kehilangan cairan secara berlebihan. Tapi minum banyak air putih juga tidak akan membuat kerut kamu hilang.

Dehidrasi akan membuat kulit kamu terlihat lebih kering dan berkerut, dan ini bisa diatasi dengan tingkat hidrasi yang tepat. Jika sudah mencapai titik hidrasi, sebanyak apapun kamu minum, efeknya hanya akan membuat ginjal mengeluarkan cairan berlebihan lewat urine.

Kamu juga bisa membantu melembapkan kulit dengan menggunakan pelembap yang prinsip kerjanya menciptakan penghalang fisik untuk memastikan kelembapan tetap di dalam kulit.

Air putih membantu ginjal bekerja dengan baik

Cairan tubuh mengangkut produk  limbah keluar masuk sel. Racun utama di dalam tubuh adalah urea nitrogen darah, limbah yang dapat larut dalam air dan dapat dikeluarkan oleh ginjal melalui urine.

Oleh karena itu, dengan meminum cukup air putih, kamu dapat membuat ginjal membersihkan dan membebaskan tubuh dari racun. Ketika kamu mengonsumsi cukup air, urine akan mengalir dengan lancar.

Dalam kondisi ini urine akan berwarna sedikit bening dan tidak berbau. Sementara saat tubuh kurang minum, konsentrasi urine, warna dan bau akan meningkat karena ginjal menahan ekstra cairan untuk kinerja tubuh.

Nah sudah tahu kan begitu banyak manfaat air putih untuk kinerja organ tubuh demi kesehatan tubuh kita sendiri. Karenanya jangan malas lagi minum air putih ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd.com (2008) diakses 20 Mei 2020. https://www.webmd.com/diet/features/6-reasons-to-drink-water#1
  2. Healthline.com (2017) diakses 20 Mei 2020. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-water#section3
  3. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2007) diakses 20 Mei 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17921463/
    register-docotr