Info Sehat

Lakukan Secara Rutin, Ini Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh

May 28, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Minum air putih secara rutin memang sangat disarankan untuk menghindari tubuh dehidrasi. Namun, banyak orang lebih suka minum air putih dingin karena segar. Tapi tahukah kamu bahwa ada sederet manfaat minum air hangat?

Baca juga : Alternatif Air Putih untuk Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh, Apa Saja?

Manfaat minum air hangat

Air membantu sel-sel tubuh menyerap nutrisi dan melawan infeksi. Perlu kamu ketahui bahwa minum beberapa gelas air hangat atau panas setiap hari akan menawarkan lebih banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

manfaat minum air hangat
Perbanyak minum air putih. Sumber gambar : https://www.gaia.com

Salah satu manfaat meminum air hangat yaitu dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, dan bahkan membuat tubuh kamu akan merasa lebih rileks.

Kebanyakan orang yang minum air panas di pagi hari sebagai pengobatan kesehatan holistik atau tepat sebelum tidur untuk manfaat kesehatan yang optimal.

Air hangat yang baik untuk dikonsumsi yaitu dengan suhu antara 120 ° F dan 140 ° F. Ada baiknya jika kamu menambahkan sedikit lemon untuk meningkatkan vitamin C dalam tubuh.

Baca juga: Tetap Bekerja saat COVID-19? Jangan Khawatir, Ini Tips Jaga Kesehatan di Kantor

1. Mengatasi hidung tersumbat

Segelas air hangat yang kamu ambil untuk diminum akan mengeluarkan uap yang bisa kamu hirup untuk membantu melonggarkan sinus yang tersumbat. Tak hanya itu, minum air hangat atau panas bisa meringankan sakit kepala yang diakibatkan karena sinus.

Hidung tersumbat. Sumber gambar : https://nextcare.com

Setiap orang pasti memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas. Namun, dengan minum air hangat atau panas dapat membantu menghangatkan daerah tersebut dan mengatasi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

2. Melancarkan saluran pencernaan

Jika dibandingkan dengan air dingin, minum air hangat jauh akan lebih baik untuk pencernaan kamu, lho. Sebab, efek vasodilator yang dapat memperlebar pembuluh darah dan menstimulasi aliran darah menuju usus setelah minum air hangat. Ini baik untuk membantu proses kerja pencernaan.

3. Sistem saraf pusat

Minum air panas dapat membuat sistem saraf pusat lebih tenang. Sistem saraf akan dipersiapkan untuk reaksi yang sehat dan terkontrol. Seseorang yang menderita radang sendi mungkin mendapatkan manfaat tambahan ketika mengonsumsi air panas untuk membuat sistem saraf pusat lebih rileks.

4. Membantu atasi sembelit

Minum air panas membantu usus kamu berkontraksi. Ketika hal itu terjadi, kotoran yang terperangkap di usus bisa keluar dari tubuh dengan lancar.

5. Menjaga tetap terhidrasi

Air panas tidak berbeda dengan suhu kamar atau air dingin untuk menjaga kamu tetap terhidrasi.

Dilansir dari healthline.com, sangat disarankan bahwa orang dewasa harus minum delapan gelas 8 ons (sekitar 2 liter atau setengah galon) air sehari. Itu adalah target yang sulit untuk dipukul rata ke banyak orang.

Mulailah hari dan sebelum tidur dengan meminum satu gelas air hangat atau panas. Tubuh kamu pada dasarnya membutuhkan air untuk melakukan setiap fungsi penting, dan juga agar kamu bebas beraktivitas saat melakukan banyak kegiatan.

6. Menurunkan berat badan

Minum air panas membangunkan sistem kontrol suhu tubuh. Saat tubuh kamu mengkompensasi suhu hangat air, hal itu tentu saja akan menurunkan suhu internal tubuh, dan langsung mengaktifkan metabolisme.

Air panas juga membantu usus berkontraksi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menumpuk di tubuh kamu.

7. Menurunkan tingkat stres

Kamu yang seringkali merasakan tertekan atau mudah stres ketika melakukan sebuah pekerjaan ada baiknya untuk rutin meminum air hangat atau panas.

sehat-selama-puasa
Hindari stres demi tubuh sehat. Sumber gambar : https://www.rimma.co/

Ketika kamu meminum air panas, hal tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk mengonsumsi susu hangat yang mungkin membuat tubuh lebih tenang.

8. Mengurangi racun di tubuh

Hal terakhir yang penting untuk kamu ketahui jika rutin minum air hangat atau panas yaitu membantu membersihkan racun dalam tubuh.

Suhu panas dapat meningkatkan suhu tubuh dan memicu tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak. Ini merupakan proses untuk membersihkan racun dari dalam tubuh.

Cara mengonsumsinya cukup mudah, kamu bisa minum air hangat yang dicampur dengan teh hijau atau cairan lemon segar untuk membantu detoksifikasi tubuh ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. healthline.com (2017) diakses 26 Mei 2020. Benefits of Drinking Hot Water 
  2. medicalnewstoday.com (2017) diakses 26 Mei 2020. What are the benefits of drinking hot water? 
  3. food.ndtv.com  (2019) diakses 26 Mei 2020. Why You Should Start Your Day With a Glass of Warm Water 
    register-docotr