Info Sehat

Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

July 23, 2020 | Putri Prima Soraya
feature image

Bagi kamu penikmat kopi, apakah pernah mencoba kopi hijau? Diberi nama seperti itu karena memang warna biji kopinya yang hijau. Kopi satu ini sangat banyak kandungan manfaatnya untuk kesehatan. Manfaat kopi hijau telah banyak diteliti dan semakin menjadi pilihan kopi sehat.

Manfaat kopi hijau dapat mengatasi permasalahan penyakit kronis hingga kesehatan kulit. Penasaran untuk tahu lebih lengkapnya? Simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu kopi hijau?

Kopi hijau adalah biji kopi jenis arabika yang belum dipanggang. Karena tidak dipanggang, rasa dari kopi hijau jauh berbeda dari kopi pada umumnya, bahkan beberapa orang merasa rasanya mirip seperti teh herbal daripada kopi. 

Kopi hijau menurut penelitian kaya akan kandungan asam klorogenat, dibanding biji kopi yang dipanggang. Senyawa dengan antioksidan kuat dan efek anti-inflamasi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Manfaat kopi hijau

Salah satu manfaat dari kopi hijau yang populer adalah dapat membakar lemak dengan cepat. Selain itu, ada juga manfaat kopi hijau lainnya, komponen yang banyak memberi manfaat adalah asam klorogenat dan senyawa lainnya.

1. Mengurangi efek radikal bebas

Salah satu kandungan yang kaya dari kopi hijau adalah asam klorogenat. Asam klorogenat ini adalah sumber polifenol.

Polifenol adalah bahan kimia nabati dengan sifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan kerusakan sel.

Kopi hijau bahkan lebih efektif dalam mengurangi radikal bebas 10 kali lipat dibandingkan dengan teh hijau.

2. Mengurangi kadar gula 

Salah satu permasalahan penderita diabetes adalah sulit mengatur kadar gula darah. Nah, manfaat kopi hijau yang lainnya yang baik untuk penderita diabetes adalah dapat membantu untuk mengatur glukosa.

Sebuah studi pada 2010 melaporkan bahwa asam klorogenat yang diberikan dengan dosis 5 miligram per kilogram berat badan mampu menormalkan kadar glukosa pada tikus diabetes.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Berdasarkan hasil sebuah penelitian pada 2009, konsumsi harian tiga hingga empat cangkir kopi tanpa kafein yang mengandung asam klorogenat konsentrasi tinggi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

4. Tekanan darah tinggi

Manfaat kopi hijau untuk tekanan darah tinggi, sudah lama diteliti dan hasilnya pun sangat baik.

Menurut sebuah penelitian tahun 2006 dari Jepang, ekstrak kopi hijau yang diresepkan pada 140 mg per hari selama 12 minggu mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 5 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 3 mmHg pada orang dewasa yang hipertensi ringan.

5. Mencegah alzheimer

Kopi hijau dapat mencegah atau mengurangi beberapa gejala kognitif dan neuropsikiatri penyakit Alzheimer. Hal ini berdasarkan penelitian di Nutritional Neuroscience.

Sifat antioksidan ekstrak kopi hijau membantu mempertahankan metabolisme otak normal pada tikus dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi ekstrak. Penurunan metabolisme otak adalah indikator kunci risiko Alzheimer.

6. Meningkatkan metabolisme

Asam klorogenat dalam biji kopi hijau juga dikenal dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Tingkat  Basal Metabolic Rate (BMR) dalam tubuh mengalami peningkatan, yang meminimalkan pelepasan berlebihan glukosa dari hati ke dalam darah. 

Karena kekurangan glukosa, tubuh kita mulai membakar sel-sel lemak yang disimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosa. Dengan demikian, biji kopi hijau murni meningkatkan kemampuan pembakaran lemak kita.

7. Manfaat kopi hijau sebagai anti penuaan

Biji kopi hijau juga dikenal dapat mempertahankan bahan volatil tingkat tinggi karena tidak perlu menjalani proses pemanggangan.

Gamma-Aminobutyric Acid (GABA), Theophylline, Epigallocatechin Gallate adalah beberapa bahan yang dapat membantu kita menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya keriput.

8. Membantu melembapkan kulit

Selain kaya akan kandungan asam klorogenat, kopi hijau juga kaya akan asam lemak dan ester termasuk asam arachidat, asam linoleat dan asam oleat. Bahan-bahan tersebut diketahui baik untuk memelihara dan melembapkan kulit kita. 

9. Membantu meningkatkan sirkulasi darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal kronis.

Kandungan aspirin aktif dalam kopi hijau dapat mencegah trombosit agar tidak menjadi satu. Sehingga arteri kita tidak mengeras dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh kita meningkat. 

Apakah kopi hijau aman?

Kopi hijau aman dikonsumsi, bila diminum dalam dosis yang tepat. Sebuah studi mencatat, ekstrak kopi hijau 400mg yang diminum dua hari berturut-turut tidak menimbulkan efek negatif. 

Namun, penting untuk kamu ketahui bahwa kopi hijau juga punya kandungan kafein seperti kopi biasa. Jadi kopi hijau dapat menyebabkan efek samping yang berhubungan dengan kafein mirip dengan kopi biasa.

Jika kamu berencana untuk mencoba kopi hijau, tidak ada salahnya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk dapat menentukan takaran dosis yang tepat dan aman.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 16/07/20. What Is Green Coffee? All You Need to Know

Very Well Fit (2020). Diakses pada 16/07/20. Health Benefits of Green Coffee

Emedicine Health (2019). Diakses pada 16/07/20. Green Coffee

Daily Hunt (2019). Diakses pada 16/07/20. 15 Amazing Health Benefits Of Green Coffee Beans For Skin And Hair

    register-docotr