Info Sehat

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan: dari Tingkatkan Imunitas Tubuh hingga Detoks Wajah

June 3, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Bumbu masakan yang satu ini ternyata memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kamu. Bahkan ketumbar bisa mencegah kanker lho, yuk kita pahami manfaat ketumbar bagi kesehatan, simak ulasannya ya!

Manfaat ketumbar bagi kesehatan

Berikut beberapa manfaat ketumbar bagi kesehatan, antara lain:

Mengatasi diabetes

Manfaat ketumbar bagi kesehatan yaitu dapat berguna bagi penderita diabetes. Mengonsumsi biji ketumbar baik dalam bentuk ekstrak maupun minyak ketumbar dapat membantu menurunkan gula darah.

Selain itu, bumbu rempah yang satu ini dianggap baik bagi penderita diabetes karena mengandung serat tinggi.

Baca juga: 8 Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes yang Wajib Kamu Ketahui

Baik untuk kesehatan jantung

Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL.

Tidak hanya itu saja, ketumbar dapat yang berfungsi sebagai diuretik yang membantu tubuh kamu membersihkan kelebihan natrium dan air. Hal inilah yang dapat menurunkan tekanan darah kamu.

Memperkuat imunitas tubuh

Ketumbar juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan juga dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Menjaga kesehatan otak

Sifat anti-inflamasi yang ada pada biji ketumbar dapat mencegah berbagai penyakit otak. Tidak hanya itu saja, ketumbar juga dapat meningkatkan daya ingat.

Mengobati nyeri sendi

Kandungan zat analgesik dan asam linoleat pada ketumbar berfungsi untuk meredakan rasa sakit. Tidak hanya untuk nyeri sendi saja, ketumbar juga dapat meringankan rasa sakit akibat penyakit hernia.

Menurunkan kadar kolesterol

Dengan meminum air rebusan ketumbar, kamu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Rebusan air ketumbar mampu meluruhkan gumpalan kolesterol jahat yang akan menghambat aliran darah dalam tubuh.

Mengobati batuk dan pilek

Jika kamu mengonsumsi ketumbar secara rutin, kamu dapat menjaga tubuh kamu tetap bugar dan terbebas dari batuk pilek. Kandungan vitamn C yang ada di dalam ketumbar dapat berfungsi sebagai antioksidan alami yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Melindungi kulit agar tetap sehat

Daun dan biji ketumbar merupakan bahan yang dapat menutrisi kulit secara alami. Selain itu, ketumbar dan ekstraknya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultra violet (UV) B.

Menurunkan risiko kanker

Sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition tahun 1999 membuktikan ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat mencegah terbentuknya sel heterocyclic amine (HCA). HCA merupakan zat kimia yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Baca juga: Jangan Sampai Tertukar, Yuk Pahami Perbedaan Tumor dan Kanker!

Manfaat ketumbar untuk kesehatan kulit

Tidak hanya untuk mengatasi berbagai penyakit, ternyata ketumbar juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit kamu lho. Berikut berberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan kulit, yaitu:

Mengatasi jerawat 

Kandungan vitamin yang ada pada ketumbar akan menyeimbangkan konsentrasi air dalam kulit dan mampu menghilangkan kotoran yang dapat membuat jerawat semakin parah. 

Mencerahkan kulit

Kamu bisa menjadikan bahan ketumbar ini menjadi masker yang berguna untuk mencerahkan wajah kamu. 

Caranya: campurkan bubuk ketumbar dan air, lalu diaduk hingga rata. Setelah menjadi pasta, oleskan ke wajah. Lakukan pijat secara perlahan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian diamkan hingga mengering dan bilas dengan menggunakan air hangat.

Mengecilkan pori-pori

Masalah wajah yang sering dialami ini bisa diatasi dengan ketumbar. Kamu hanya perlu menyiapkan bubuk ketumbar.

Caranya: campurkan bubuk ketumbar dan air, kemudian oleskan pasta ketumbar pada wajah. Kemudian diamkan sampai kering, lalu bilas wajah dengan menggunakan air hangat. Setelah itu keringkan wajah dengan handuk bersih.

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada ketumbar juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Selain itu, ketumbar juga membantu merawat beberapa masalah kulit seperti keriput, pigmentasi, dan kulit kendur.

Detoks wajah

Ketumbar juga dapat berfungsi sebagai detoks pada wajah. Kamu dapat menggunakan bubuk ketumbar untuk membuatnya. Melakukan detoks dengan ketumbar ini akan membuat wajah terasa lebih segar.

Caranya: Siapkan dua hingga tiga sendok ketumbar bubuk kemudian campurkan dengan garam ke dalam air hangat hingga larut. Lalu basuhlah air tersebut ke wajah. Diamkan selama 10 menit.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 2 Juni 2020. 8 Surprising Health Benefits of Coriander. 2 Juni 2020 pukul 16.30.
  2. academic. oup.com (1999) diakses 2 Juni 2020. Health-promoting properties of common herbs. 2 Juni 2020 pukul 17.15.
  3. allthatgrows.in diakses 2 Juni 2020. Health Benefits of Coriander. 2 Juni 2020 pukul 17.20.
    register-docotr