Info Sehat

Manfaat Jinten untuk Kesehatan, Cegah Peradangan Hingga Turunkan Berat Badan

July 3, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Manfaat jinten tak hanya berguna sebagai bumbu makanan, namun juga untuk kesehatan tubuh lho! Nah, jinten sendiri merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang terbuat dari biji tanaman cyminum Cuminum. 

Jinten atau cumin adalah bumbu pokok dalam beberapa jenis makanan, termasuk dari Meksiko, India, Afrika, hingga Asia. Rempah satu ini akan memberikan rasa khas pada makanan, seperti pedas dan hangat.

Baca juga: Kamu Punya Masalah Pencernaan? Yuk Ketahui Jenis dan Cara Pencegahannya

Apa saja manfaat jinten untuk kesehatan tubuh?

Jinten telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena diketahui bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dan mengurangi infeksi yang ditularkan melalui makanan.

Tak hanya itu, manfaat terbaru dari jinten adalah dapat membantu mengontrol gula darah serta kolesterol dalam tubuh.

Biji jinten secara alami kaya akan zat besi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari Healthline, dalam satu sendok teh jinten mengandung 1,4 mg zat besi. Nah, beberapa manfaat jinten lainnya yang perlu diketahui antara lain:

Menurunkan berat badan

Jinten kemungkinan memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh, salah satunya membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi tahun 2015 yang melibatkan orang dewasa dengan kelebihan berat badan membandingkan efek penurunan massa tubuh menggunakan jinten dan obat lain.

Setelah 8 minggu, para peneliti menemukan bahwa kelompok orang yang mengonsumsi jinten mengalami penurunan berat badan serta kadar insulin. Tak hanya itu, jinten yang dikonsumsi dengan yoghurt juga bisa membantu mengurangi ukuran pinggang dan lemak tubuh secara signifikan.

Jinten menyembuhkan penyakit diabetes

Sebuah studi tahun 2017 pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2 melihat adanya efek dari minyak esensial jinten. Setelah 8 minggu, minyak jinten secara signifikan dapat mengurangi kadar gula darah, insulin, serta hemoglobin A1c.

Jinten mengandung beberapa komponen yang bertujuan mengontrol gula darah sehingga mengobati penyakit diabetes. Karena itu, mengonsumsi jinten dapat memberikan manfaat untuk tubuh, termasuk menghindari penyakit diabetes.

Mencegah penyakit akibat makanan

Salah satu peran tradisional jinten sebagai bumbu masakan adalah mencegah penyakit yang diakibatkan oleh infeksi dari makanan. Jinten sendiri memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi yang ditularkan melalui makanan.

Beberapa komponen dalam jinten juga diketahui dapat mengurangi pertumbuhan bakteri bawaan makanan, termasuk jenis jamur infeksius. Ketika dicerna, jinten akan melepaskan komponen yang disebut dengan megalomicin karena memiliki sifat antibiotik.

Membantu mengurangi ketergantungan obat

Narkotika opioid menciptakan kecanduan yang akan memengaruhi otak sehingga terkadang membuat seseorang menggunakannya secara berkelanjutan (kecanduan). Sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa jinten dapat mengurangi perilaku adiktif akibat penggunaan obat.

Memerangi peradangan

Selain mengatasi masalah pencernaan, ekstrak jintan juga bisa membantu menghambat peradangan pada tubuh. Ada beberapa komponen jinten yang mungkin memiliki efek antiinflamasi sehingga dapat mengatasi masalah peradangan.

Pada sebuah penelitian, senyawa dalam jintan telah terbukti mengurangi kadar penanda inflamasi. Namun, butuh studi lebih lanjut untuk mengetahui apakah jinten dalam makanan maupun suplemen dapat membantu mengobati penyakit radang. 

Baca juga: 6 Penyebab Gusi Berdarah, Radang Gusi hingga Leukimia

Hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi jinten

Memasak dan mengonsumsi makanan dengan bahan dasar jinten cenderung aman bagi kebanyakan orang. Namun, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap jinten sehingga perlu menghindarinya.

Karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum dokter dapat merekomendasikan dosis tambahan dalam mengonsumsi jinten. Ketika ingin mengonsumsi suplemen jinten, beri tahu penyedia layanan kesehatan mengenai cara kerja obat dan resep yang dibutuhkan.

Orang dengan diabetes terutama jika sudah mengonsumsi obat untuk penyakit tersebut perlu berhati-hati ketika ingin menggunakan suplemen jinten. Hal ini dikarenakan jinten bisa mengubah kadar gula darah di dalam tubuh.

Manfaat jinten bisa didapatkan hanya dengan mengonsumsinya dalam jumlah sedikit. Untuk itu, berhati-hatilah saat mengonsumsi suplemen yang mengandung lebih banyak jinten.

Perhatikan asupan suplemen yang masuk ke dalam tubuh agar tidak salah dosis sehingga menyebabkan masalah kesehatan serius.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2017), diakses 29 Juni 2020. 9 Powerful Health Benefits of Cumin
  2. Medical News Today (2019), diakses 29 Juni 2020. 6 health benefits of cumin
    register-docotr