Info Sehat

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Jamu Beras Kencur bagi Kesehatan

October 8, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sudah sejak dahulu, masyarakat percaya manfaat jamu beras kencur bisa menangkal berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh. Benarkah begitu?

Perlu diketahui, kencur sendiri merupakan salah satu tanaman yang hidup di daerah tropis dan subtropis. Manfaat kencur juga sudah populer di masyarakat. Seperti namanya, bahan utama dari jamu satu ini adalah beras dengan nama latin Oryza sativa dan kencur atau Kaempferia galanga L

Nah, jenis jamu gendong ini sangat mudah ditemukan dan memiliki khasiat yang cukup banyak untuk tubuh. Manfaat jamu beras kencur bisa diketahui dengan menyimak pembahasan di bawah ini.

Manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan

Rimpang kencur digunakan untuk stimulan aromatik, karminatif, dan sifat bumbu seperti jahe. Tak hanya itu, kencur juga seringkali dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, termasuk:

  • Rematik
  • Bisul
  • Inkontinensia
  • Demam
  • Infeksi mikroba
  • Bau mulut
  • Batuk rejan
  • Infeksi tenggorokan.

Dilansir dari drugs.com, kencur memiliki rasa berbeda dan khas dengan aftertaste yang menyengat. Hal ini dikarenakan di dalam rimpang ini terkandung berbagai sumber nutrisi, seperti seng, paraeumarin, dan asam cinnamic.

Nah, beberapa manfaat kesehatan yang akan kamu dapatkan dari mengonsumsi beras kencur, seperti:

1. Manfaat jamu beras kencur untuk meningkatkan energi pada tubuh

Jamu beras kencur diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan atau energi tubuh. Beras kencur perlu dikonsumsi rutin setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal. Selain meningkatkan energi, jamu beras kencur juga bisa mengatasi kelelahan. 

Antioksidan yang ada di dalam kencur dapat menghilangkan radikal bebas dan virus pada manusia. Karena itu, rutin mengonsumsi jamu satu ini mampu membantu peningkatan sistem kekebalan pada tubuh.

2. Manfaat beras kencur untuk ibu hamil dan melahirkan

Penelitian dari Universitas Gajah Mada berhasil membuktikan manfaat beras kencur untuk ibu hamil dan melahirkan. Pasca persalinan luka perineum akibat robekan dapat dipercepat proses penyembuhannya dengan mengonsumsi beras kencur.

Jamu beras kencur dengan komposisi utama beras dan rimpang kencur memiliki kandungan senyawa fenolik yang diketahui berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan dan komponen senyawa polifenol memiliki kemampuan dalam mengurangi keadaan sel yang rusak. Kunyit yang terdapat pada beras kencur juga dapat mempercepat pengeringan pada luka dan memiliki aktivitas antimikroba dan antivirus. 

Di samping itu, beras kencur untuk ibu hamil juga bisa digunakan sebagai pereda nyeri. Misalnya nyeri pada kaki, pinggang, punggung dan lain-lain. Pasalnya manfaat kencur telah terbukti bekerja sebagai anti-inflamasi. 

Penelitian lain juga menyebutkan khasiat beras kencur adalah untuk mengurangi stress. Inilah mengapa konsumsi beras kencur untuk ibu hamil dan melahirkan sudah menjadi tradisi di berbagai daerah.  

3. Mampu atasi gejala batuk dan kembung

Berasal dari rempah aromatik, kencur yang dicampur dengan beras bisa menjadi obat untuk atasi gejala batuk. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, jamu beras kencur bisa dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari hingga gejala batuk benar-benar sudah menghilang.

Tak hanya batuk, masalah kesehatan lainnya yang bisa disembuhkan dengan rutin mengonsumsi beras kencur adalah perut kembung. Minum jamu sebanyak dua kali dalam sehari menjadi salah satu solusi mengatasi kembung dengan mudah dan aman. 

4. Manfaat jamu beras kencur untuk menghambat pertumbuhan sel kanker

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kencur atau Kaempferia galanga L bereaksi terhadap berbagai garis sel kanker. Hal ini dikarenakan terdapat konstituen kimia aktif yang diidentifikasi, yakni meliputi galangin, 4-hydroxycinnamaldehyde, curcuminiods, dan diarylheptanoids.

Reaksi inilah yang menyebabkan terjadinya hambatan pada pertumbuhan tumor atau sel kanker pada tubuh. Karena itu, jamu beras kencur bisa segera kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya, termasuk kanker.

Baca juga: Padat Gizi, Ini 11 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan  

5. Manfaat beras kencur untuk patah tulang

Manfaat beras kencur untuk patah tulang juga cukup populer di masyarakat Indonesia. Ketika mengalami patah tulang, secara umum tubuh juga akan mengalami pembengkakan serta rasa nyeri.

Sifat anti inflamasi dari beras kencur dapat membantu meredakan rasa nyeri maupun pembengkakan. Inilah mengapa manfaat beras kencur untuk patah tulang banyak dipercaya orang sejak dahulu. Selain dengan diminum, manfaat kencur juga bisa didapatkan melalui minyak esensial atau minyak gosok. 

Manfaat beras kencur untuk anak

Di Indonesia, jamu beras kencur umum dikonsumsi oleh anak. Bukan tanpa alasan, hal ini menjadi tradisi karena manfaat beras kencur untuk anak diketahui cukup banyak. 

Beras kencur memiliki kandungan karminatif sehingga mampu meningkatkan nafsu makan anak. Khasiat beras kencur ini tentu penting dalam membantu tumbuh kembang anak. Terutama bagi anak yang susah makan.

Manfaat beras kencur untuk anak yang lainnya yakni meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat beras kencur mampu mencegah dan menghilangkan masuk angin hal ini dikarenakan di dalam kencur terdapat beberapa senyawa seperti minyak atsiri, saponin, flavonoid, polifenol. 

Masker beras kencur

Selain untuk kesehatan, manfaat kencur lainnya adalah untuk merawat kulit dan kecantikan. Kamu bisa mendapatkan manfaat kencur untuk kulit lewat masker beras kencur.

Masker beras kencur dapat mengatasi sebagian masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, dan penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh kencur yang bersifat anti-bakteri serta anti-inflamasi. Namun penggunaan masker beras kencur tidak bisa sembarangan, bila kamu memiliki kulit sensitif berkonsultasilah dulu pada dokter. 

Baca juga: Ragam Manfaat Cuka Apel: Bantu Dietmu dan Rawat Kulit Wajah

Cara membuat beras kencur

Jaman dulu, jamu beras kencur biasanya dijual oleh ibu-ibu yang menggendong jualannya dengan berkeliling rumah. Namun, sekarang ini jamu sudah mudah sekali ditemukan di toko offline maupun online.

Nah, beberapa orang masih kurang paham apa saja bahan yang digunakan untuk membuat jamu beras kencur. Selain beras dan kencur, jamu satu ini juga membutuhkan bahan lain berupa jahe, gula merah, dan daun pandan.

Lalu, bagaimana cara membuat beras kencur? Agar lebih paham, berikut resep dan cara membuat beras kencur dari cookpad.com yang kamu bisa ikuti.

  • Rendam beras semalaman. Cuci bersih beras dan buang airnya kemudian sangrai hingga kuning kecoklatan.
  • Rebus gula dengan air 1 liter dan tambahkan pandan. Biarkan mendidih hingga gula benar-benar larut, matikan api, dan tunggu hingga sedikit dingin.
  • Kupas kencur dan jahe. Setelah dikupas lanjutkan dengan mencuci beras kedua bahan utama ini.
  • Masukkan ke dalam blender. Blender hingga halus kemudian saring dengan menggunakan kain dan peras.
  • Masukkan ke dalam botol. Campurkan semua bahan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol dan siap dikonsumsi. 

Itu dia berbagai manfaat jamu beras kencur serta cara membuat beras kencur di rumah. Yuk mulai kebiasaan baik untuk minum jamu yang menunjang kesehatan tubuh.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Drugs.com (2020), diakses 3 Juni 2020. Galangal
  2. Healthbenefitstimes.com, diakses 3 Juni 2020. Health Benefits of Aromatic Ginger
  3. Publikasi Ilmiah UMS (2019), diakses 3 Juni 2020. Beras Kencur
  4. Cookpad.com (2019), diakses 3 Juni 2020. Jamu Beras Kencur
  5. Indoindians. (2020). Diakses pada 7 Oktober 2020. Kencur: The Wonderful Herb with Many Benefits
  6. Latifah, Nur J. “Uji Aktivitas Jamu Gendong Beras Kencur (Oryza Sativa L.; Kaempferia Galanga L.) sebagai Antidiabetes pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang Diinduksi Streptozotocin.” Jurnal Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran UNTAN, vol. 1, no. 1, 2014.
  7. SOLEH, S. S., & Megantara, S. (2019). KARAKTERISTIK MORFOLOGI TANAMAN KENCUR dan AKTIVITAS FARMAKOLOGI (Kaempferia galanga L.) Review. Farmaka, 17(2), 256-262.
    register-docotr